Dua Pelabuhan Siap Beroperasi di Tahun 2019

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 02 Desember 2018 - 09:50 WIB

 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kormen Barus/Industry/co.id)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kormen Barus/Industry/co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Pemerintah terus menggenjot program tol laut, dan ditahun 2019 mendatang setidaknya ada dua pelabuhan yang siap beroperasi yaitu, Pelabuhan Kuala Tanjung di Batubara Sumatera Utara dan Makassar New Port.

“Apabila program tol laut terus berjalan mulus bukan hanya mendorong konektivitas lebih lancar lagi dalam pendistribusian barang, namun juga dapat membantu menekan biaya logistik,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Ia juga menjelaskan, ada dua hal yang masih jadi kendala dalam pelaksanaan program tol laut sampai saat ini yakni masih kosongnya tingkat keterisian barang pada arah pulang.

Kedua, masih adanya monopoli yang menentukan harga sehingga tidak kompetitif. Untuk itu, pemerintah juga sedang melakukan pengawasan terhadap tindakan monopoli.

"Itu sedang kami perbaiki, harapannya ke depan program tol laut makin lebih baik termasuk beroperasinya kedua pelabuhan tersebut," kata Luhut

Ia menambahkan, saat ini harga bahan bakar sudah seragam di seluruh Indonesia sehingga bisa turut membantu menurunkan ongkos logistik.

"Nanti akan ada pabrik semen di Morowali dan Kupang. Sehingga distribusi semen tidak dari jawa saja dan bisa supply sendiri. Dengan begitu logistiknya bisa semakin ditekan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan untuk Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untuk  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…