SPKS: Jalankan Moratorium Sawit

Oleh : Herry Barus | Rabu, 28 November 2018 - 18:00 WIB

Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) (Foto Dok Industry.co.id)
Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- SPKS mengajak seluruh pemangku kebijakan untuk serius merumuskan kebijakan-kebijakan yang memberikan keadilan dan kesejahteraan untuk para petani serta berkomitmen untuk tidak melakukan deforestasi. Karena deforestasi justru bertentangan dengan komitmen moratorium sawit yang disampaikan Presiden Jokowi.

“Merujuk pada kebijakan moratorium Presiden Jokowi itu, marilah semua pihak bekerjasama untuk berkomitmen melaksanakannya. Kami para petani juga meminta Presiden untuk bersikap tegas kepada pelaku deforestasi karena akan mengganggu arah bisnis sawit ke arah sawit yang berkelanjutan dan merugikan petani yang sudah berpraktek secara lestari,,” tegas Ketua Umum SPKS Mansuetus Darto dalam acara Rembug Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia: Bergotong-royong untuk Moratorium Sawit yang di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Selain itu ketua umum SPKS ini juga meminta kepada presiden untuk segera memutuskan nasib tiga juta petani yang menghidupi 17 juta penduduk Indonesia itu untuk segera bermitra dengan pabrik-pabrik sawit skala besar dan pabrik yang tidak memiliki kebun. Dengan cara itu, petani swadaya bisa lebih baik nasibnya.  

Darto melanjutkan, penurunan harga sawit yang terjadi saat ini, hingga mencapai Rp500 per kg, disebabkan oleh beberapa hal, termasuk adanya pungutan sebesar US$50 CPO untuk program B20, over produksi, demand berjalan di tempat, penurunan harga komoditas nabati lainnya, tata kelola pembelian TBS petani yang tanpa pengawasan bagi pembeli pihak ketiga, dan moratorium hutan dan perbaikan tata kelola lahan selama 10 tahun terakhir yang tidak dijalankan secara serius.

“Untuk itu, acara rembuk nasional petani kelapa sawit Indonesia ini meminta semua pihak untuk bergotong-royong merumuskan suatu kebijakan yang berpihak dan berkolaborasi untuk perbaikan tata kelola dan pemberdayaan petani sehingga bermanfaat besar bagi para petani sawit kita. Presiden harus hadir mengatasi problem-problem mendasar petani kelapa sawit Indonesia, karena sudah lama dibiarkan,” kata Darto.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:15 WIB

Erick Thohir Sebut Ekonomi Nasional Baru Akan Pulih 100% di 2022

Ekonomi nasional diperkirakan baru akan pulih 100 persen pada tahun 2022 mendatang. Pasalnya, sektor dunia usaha baru akan pulih pada kuartal I/2020. Namun, itu tergantung dengan jenis bisnisnya.

Salah Satu Nasabah Menerima Pencairan Dana Melalui LinkAja

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:15 WIB

Canggih...PNM Berkolaborasi dengan LinkAja Luncurkan Pilot Project PNM Mekaar Berbasis Digital

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan LinkAja meluncurkan pilot project PNM Mekaar berbasis digital di Pasar Minggu, Jakarta pada Rabu (8/7). Pilot project berupa…

Aston Inn Pandanaran Semarang Mengadakan Rapid Test Bagi Karyawan

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:00 WIB

Aston Inn Pandanaran Semarang Mengadakan Rapid Test Bagi Karyawan

Ditengah kondisi pandemik ini pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah asset utama dalam mempertahan kesehatan yang optimal selain di butuhkan kondisi yang fit, olah raga teratur…

Brawijaya Clinic Bandung

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:58 WIB

Lengkapi Pelayan Kesehatan Terintegrasi, Brawijaya Clinic Bandung Tambah Klinik Persalinan Baru

Klinik Persalinan/Maternity Clinic ini menjadi bagian dari pelayanan kesehatan yang terintegrasi di Brawijaya Clinic Bandung.

Fahira Idris

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:45 WIB

Fahira Idris DukungVonis Hukuman Seumur Hidup Bagi Pelaku Dugaan Pelecehan Sex

Anggota DPD RI yang juga pemerhati persoalan anak Fahira Idris geram mendengar terjadinya dugaan kejahatan seksual (perkosaan) yang dilakukan Pejabat UPT UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan…