Hero-BPOM Sepakat Jaga Keamanan Produk Pangan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 05:21 WIB

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)
BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Makassar - PT Hero Supermarket Tbk (Hero grup) bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berkomitmen menjaga keamanan produk dan patuh terhadap regulasi pemerintah terkait produk pangan.

"Penerapan Keamanan Pangan untuk Mencapai Good Retail Practices. Dalam rantai pangan, ritel merupakan simpul akhir yang berhubungan langsung dengan masyarakat selaku konsumen," kata Kepala BBPOM Makassar, Abdul Rahim dalam forum diskusi di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (13/11/20018)

Dalam pemaparannya di hadapan para Store Manager Giant dan Hero Supermarket wilayah Makassar dan Manado, untuk memastikan risiko kerusakan pangan sebelum diserahkan ke konsumen, kata dia, ada baiknya diperiksa keamanannya.

Sebab, hal ini dapat diminimalkan sebagai akibat kesalahan dalam penanganan, pemajangan dan penyimpanannya ketika barang pangan tersebut tidak layak konsumsi dan masa pakainya habis.

Untuk itu, BPOM RI telah menerbitkan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) nomor HK.03.1.23.11.10569 tahun 2011 tentang Pedoman Cara Ritel Pangan Yang Baik (CRPB).

CRPB merupakan kegiatan pada tempat penjualan, termasuk toko modern agar pangan yang diperdagangkan atau diperjualbelikan terjaga mutunya, aman dan layak dikonsumsi .Sebagai rantai pangan terakhir yang langsung berhubungan dengan konsumen, tambah Rahim, kegiatan ritel sangat penting dalam menyediakan pangan yang aman bagi masyarakat.

Sementara GM Corporate Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Tony Mampuk pada forum diskusi tersebut menyampaikan, pihaknya selalu berkomitmen menjaga higienis serta kualitas pangan agar aman dikonsumsi masyarakat.

"Kami ingin menghadirkan toko-toko yang dapat dipercaya oleh pelanggan, salah satu caranya adalah dengan menjaga kualitas dan keamanan produk karena pelanggan adalah fokus utama kami,"ujarnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada BBPOM Makassar yang telah mendukung untuk memperkuat pemahaman terkait regulasi yang berlaku, sehingga dapat lebih memahami dan mengaplikasikan dalam kegiatan operasional sesuai Good  Retail  Practices.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan Forum Diskusi HERO Group dengan BPOM yang sebelumnya diselenggarakan pada 18 Oktober 2018 di Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala BPOM, Dr Penny K Lukito.

Selain itu hadir pula Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM, Tetty Helfery Sihombing sebagai pembicara. Forum diskusi rencananya dilanjutkan pada lima wilayah lain seperti di Surabaya, Banjarmasin, Serang, Lampung, dan Semarang. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:51 WIB

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Dukungan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap aktivitas olahraga, membuat moncer sejumlah cabang olahraga di Indonesia.

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…

Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:10 WIB

Keren! Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Jakarta-Bantar Gebang, yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Setiap hari, Jakarta menghasilkan sekitar 15.000 ton sampah yang dibuang ke Tempat…