Perhotelan Papua Siapkan Menu Lokal Sambut PON 2020

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 15:00 WIB

Stadiun Papua-foto IST
Stadiun Papua-foto IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengaku mempersiapkan berbagai variasi menu lokal berbahan baku dari produksi pertanian setempat untuk menyambut penyelenggaran Pekan Olah raga Nasional (PON) 2020.

"Kami dari perhotelan sedang mempersiapkan diri untuk menyediakan kearifan lokal, khususnya kopi, sagu dan buah merah," ujar Ketua Umum PHRI Papua, Sahril HAsan, di Jayapura, Senin (12/11/218)

Penyelenggaraan PON 2020 di provinsi tersebut, lanjutnya, adalah kegiatan langka yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan potensi yang ada di Papua, termasuk juga dengan kulinernya.

Menurut dia PHRI telah berulang kali melakukan rapat untuk terus mendorong perhotelan menciptakan menu lokal dengan variasi yang lebih menarik.

Tetapi ia juga menitikberatkan mengenai ketersediaan bahan pangan lokal yang harus dipersiapkan dengan baik. Dengan akan datangnya sekitar 15.000 tamu, maka diperlukan manajemen pangan yang baik agar tidak terjadi kekurangan.

"Kami sudah rapat dengan Dinas Tanaman Pangan, khususnya yang menyangkut kesiapan bahan pokok saat pelaksanaan PON. Mengenai jumlah orang yang datang dengan jumlah makanan yang tersedia, saya yakin pemerintah sudah persiapkan diri," kata dia.

Sahril juga mengingatkan ada hal lain yang harus segera ditangani pemerintah, yaitu mengenai pembuatan cindera kata. Menurutnya dari belasan ribu orang yang akan datang, diyakini sebagian besar dari mereka baru pertama kali datang ke Papua dan ingin membawa kenang-kenangan ke tempat asalnya.

Dengan sisa waktu sekitar dua tahun lagi, ia memandang pemerintah harus segera memperhatikan hal tersebut karena bisa memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani sedang membasmi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)

Senin, 23 September 2019 - 19:43 WIB

Amankan Produksi, Kementan Buat Strategi Pengelolaan OPT

Karawang - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mengamankan produksi tanaman dari serangan organisme penganggu tanaman (OPT) yang terintegrasi secara menyeluruh sejak hulu sampai…

Intiland Gandeng Mediapura Hadirkan Layanan Apartemen Sewa di Aeropolis

Senin, 23 September 2019 - 15:17 WIB

Intiland Gandeng Mediapura Hadirkan Layanan Apartemen Sewa di Aeropolis

Kerjasama ini meliputi jasa dan layanan pengelolaan dan penyewaan unit-unit apartemen Aeropolis yang berlokasi di dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Alat mesin pertanian yang diberikan Kementan

Senin, 23 September 2019 - 15:12 WIB

Kementan Minta Petani Olah Lahan Dengan Mekanisasi dan Teknologi

Pekanbaru - Pakar Khusus Modernisasi Pertanian dari IPB yang juga Tenaga Ahli Menteri, Kementerian Pertanian, Dr. Sam Herodian mengunjungi kampung Desa Eko Wisata di Kecamatan Palas, Kota Pekanbaru,…

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyanto

Senin, 23 September 2019 - 14:20 WIB

Tingkatkan Layanan Digital, Pegadaian Siapkan Anggaran Capai Rp700 Miliar

PT Pegadaian (Persero) terus meningkatkan sinergi dengan berbagai perusahaan baik BUMN maupun non-BUMN serta komunitas dan asosiasi masyarakat.

ahli gigi (foto ilustrasi)

Senin, 23 September 2019 - 12:01 WIB

Tukang Gigi Se-Indonesia Tolak RUU KUHP

Jakarta - Penolakan terhadap draft RUU KUHP tidak hanya berasal dari kalangan akademisi dan kelompok masyarakat sipil, namun kalangan tukang gigi juga turut menolak draft perubahan peraturan…