Perhotelan Papua Siapkan Menu Lokal Sambut PON 2020

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 15:00 WIB

Stadiun Papua-foto IST
Stadiun Papua-foto IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengaku mempersiapkan berbagai variasi menu lokal berbahan baku dari produksi pertanian setempat untuk menyambut penyelenggaran Pekan Olah raga Nasional (PON) 2020.

"Kami dari perhotelan sedang mempersiapkan diri untuk menyediakan kearifan lokal, khususnya kopi, sagu dan buah merah," ujar Ketua Umum PHRI Papua, Sahril HAsan, di Jayapura, Senin (12/11/218)

Penyelenggaraan PON 2020 di provinsi tersebut, lanjutnya, adalah kegiatan langka yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan potensi yang ada di Papua, termasuk juga dengan kulinernya.

Menurut dia PHRI telah berulang kali melakukan rapat untuk terus mendorong perhotelan menciptakan menu lokal dengan variasi yang lebih menarik.

Tetapi ia juga menitikberatkan mengenai ketersediaan bahan pangan lokal yang harus dipersiapkan dengan baik. Dengan akan datangnya sekitar 15.000 tamu, maka diperlukan manajemen pangan yang baik agar tidak terjadi kekurangan.

"Kami sudah rapat dengan Dinas Tanaman Pangan, khususnya yang menyangkut kesiapan bahan pokok saat pelaksanaan PON. Mengenai jumlah orang yang datang dengan jumlah makanan yang tersedia, saya yakin pemerintah sudah persiapkan diri," kata dia.

Sahril juga mengingatkan ada hal lain yang harus segera ditangani pemerintah, yaitu mengenai pembuatan cindera kata. Menurutnya dari belasan ribu orang yang akan datang, diyakini sebagian besar dari mereka baru pertama kali datang ke Papua dan ingin membawa kenang-kenangan ke tempat asalnya.

Dengan sisa waktu sekitar dua tahun lagi, ia memandang pemerintah harus segera memperhatikan hal tersebut karena bisa memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Veolia

Senin, 24 Juni 2019 - 21:05 WIB

Veolia Water Technologies Establishes Asia Pacific Headquarters in Kuala Lumpur

Veolia Water Technologies, a leading solutions provider for both water and wastewater treatment, is pleased to announce the formation of its regional headquarters in Kuala Lumpur. The move from…

Suasana Konferensi Pers menyambut Harkopnas 2019 yang bakal diselenggarakan pada 12-14 Juli

Senin, 24 Juni 2019 - 20:59 WIB

Ini Alasan Harkopnas 2019 Diadakan di Purwokerto

Penetapan Purwokerto sebagai kota penyelenggara acara puncak Harkopnas 2019 adalah keputusan bernilai sejarah yang menarik.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 24 Juni 2019 - 20:00 WIB

IMF: Perang Dagang AS-Tiongkok Tak Ada Pihak yang Diuntungkan

Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok tidak akan menguntungkan pihak mana pun dalam jangka panjang, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Senin, 24 Juni 2019 - 19:45 WIB

Pemerinah Bakal 'Nendang' Ekspor Lewat Insentif Fiskal

Pemerintah terus melakukan terobosan kebijakan yang dapat menggairahkan iklim usaha di dalam negeri sehingga turut memacu pertumbuhan ekonomi. Salah satu langkah strategisnya, yang dalam waktu…

LinkedIn

Senin, 24 Juni 2019 - 18:10 WIB

LinkedIn: Tiga Rising Skills Ini Pengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan di Indonesia

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkan Laporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…