Perhotelan Papua Siapkan Menu Lokal Sambut PON 2020

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 15:00 WIB

Stadiun Papua-foto IST
Stadiun Papua-foto IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengaku mempersiapkan berbagai variasi menu lokal berbahan baku dari produksi pertanian setempat untuk menyambut penyelenggaran Pekan Olah raga Nasional (PON) 2020.

"Kami dari perhotelan sedang mempersiapkan diri untuk menyediakan kearifan lokal, khususnya kopi, sagu dan buah merah," ujar Ketua Umum PHRI Papua, Sahril HAsan, di Jayapura, Senin (12/11/218)

Penyelenggaraan PON 2020 di provinsi tersebut, lanjutnya, adalah kegiatan langka yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan potensi yang ada di Papua, termasuk juga dengan kulinernya.

Menurut dia PHRI telah berulang kali melakukan rapat untuk terus mendorong perhotelan menciptakan menu lokal dengan variasi yang lebih menarik.

Tetapi ia juga menitikberatkan mengenai ketersediaan bahan pangan lokal yang harus dipersiapkan dengan baik. Dengan akan datangnya sekitar 15.000 tamu, maka diperlukan manajemen pangan yang baik agar tidak terjadi kekurangan.

"Kami sudah rapat dengan Dinas Tanaman Pangan, khususnya yang menyangkut kesiapan bahan pokok saat pelaksanaan PON. Mengenai jumlah orang yang datang dengan jumlah makanan yang tersedia, saya yakin pemerintah sudah persiapkan diri," kata dia.

Sahril juga mengingatkan ada hal lain yang harus segera ditangani pemerintah, yaitu mengenai pembuatan cindera kata. Menurutnya dari belasan ribu orang yang akan datang, diyakini sebagian besar dari mereka baru pertama kali datang ke Papua dan ingin membawa kenang-kenangan ke tempat asalnya.

Dengan sisa waktu sekitar dua tahun lagi, ia memandang pemerintah harus segera memperhatikan hal tersebut karena bisa memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Sabtu, 07 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan rute baru yang dilayani langsung dari Timika menuju Jayapura. Penerbangan tersedia dalam frekuensi satu kali setiap…

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:48 WIB

Grabwheels Lebih Sekadar Mobilitas Pribadi

Jakarta - Tren dunia dalam transportasi adalah integrasi dan penyerapan oleh sistem yang massal dan cepat. Yang dipentingkan adalah mobilitas orang, bukan mobilitas kendaraan sehingga pergerakan…

Jenahara dan ibunya Ida Royani

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:45 WIB

Desainer Muda Indonesia, Jenahara Membuat Scarf Terinspirasi dari Ibu

Jakarta - Ibarat pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”, begitulah perumpamaan yang tepat bagi Jenahara yang merupakan seorang perancang busana muda Indonesia.

INACA Ign N Askhara Danadiputra (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:28 WIB

Viral Video Ari Askhara Tak Akan Mundur dari Jabatan Dirut Garuda

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau yang lebih dikenal Ari…

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:00 WIB

2,58 Wisman Malaysia Berlibur ke Indonesia

Sepanjang tahun 2019 turis kebangsaan Malaysia mendominasi jumlah kunjungan wisatawan asing yang melancong ke Indonesia dengan jumlah 2,58 juta atau 18,94 persen.