Perhotelan Papua Siapkan Menu Lokal Sambut PON 2020

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 15:00 WIB

Stadiun Papua-foto IST
Stadiun Papua-foto IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengaku mempersiapkan berbagai variasi menu lokal berbahan baku dari produksi pertanian setempat untuk menyambut penyelenggaran Pekan Olah raga Nasional (PON) 2020.

"Kami dari perhotelan sedang mempersiapkan diri untuk menyediakan kearifan lokal, khususnya kopi, sagu dan buah merah," ujar Ketua Umum PHRI Papua, Sahril HAsan, di Jayapura, Senin (12/11/218)

Penyelenggaraan PON 2020 di provinsi tersebut, lanjutnya, adalah kegiatan langka yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan potensi yang ada di Papua, termasuk juga dengan kulinernya.

Menurut dia PHRI telah berulang kali melakukan rapat untuk terus mendorong perhotelan menciptakan menu lokal dengan variasi yang lebih menarik.

Tetapi ia juga menitikberatkan mengenai ketersediaan bahan pangan lokal yang harus dipersiapkan dengan baik. Dengan akan datangnya sekitar 15.000 tamu, maka diperlukan manajemen pangan yang baik agar tidak terjadi kekurangan.

"Kami sudah rapat dengan Dinas Tanaman Pangan, khususnya yang menyangkut kesiapan bahan pokok saat pelaksanaan PON. Mengenai jumlah orang yang datang dengan jumlah makanan yang tersedia, saya yakin pemerintah sudah persiapkan diri," kata dia.

Sahril juga mengingatkan ada hal lain yang harus segera ditangani pemerintah, yaitu mengenai pembuatan cindera kata. Menurutnya dari belasan ribu orang yang akan datang, diyakini sebagian besar dari mereka baru pertama kali datang ke Papua dan ingin membawa kenang-kenangan ke tempat asalnya.

Dengan sisa waktu sekitar dua tahun lagi, ia memandang pemerintah harus segera memperhatikan hal tersebut karena bisa memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…