Ekspor Kopi Arabika Lewat Aceh Masih Sangat Minim

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Oktober 2018 - 11:26 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Nilai ekspor komoditas kopi baik jenis Arabika maupun Robusta lewat pelabuhan di Aceh hingga Agustus 2018 masih sangat minim dengan angka 9.576 dolar AS.
 

"Untuk kopi melalui pelabuhan di Aceh baru 9.576 dolar AS dalam delapan bulan terahir di tahun ini," ucap Kepala Badan Pusat Statistik Aceh, Wahyudin di Banda Aceh, Kamis (18/10/218)

Komoditas yang menjadi andalan provinsi paling Barat di Indonesia ini, lanjutnya, baru menyumbang 0,01 persen dari nilai total nilai ekspor non Migas lewat Aceh sebesar 88,15 juta dolar AS.

Jika dibandingkan periode Januari hingga Agustus tahun 2017, maka komoditas kopi malahan belum diekspor melalui Aceh dengan nilai total ekspor non Migas waktu itu tercatat 43,74 juta dolar AS.

Namun, ia mengakui memang nilai komoditas yang memiliki rasa pahit ini dengan asal dari daerah dataran tinggi di wilayah Tengah itu dominan diekspor melalui pelabuhan luar Aceh.

BPS Aceh dari Januari sampai Agustus 2018 mencatat, kopi, teh, dan rempah-rempah senilai 48,74 juta dolar AS yang telah memberi 71,88 persen dari total nilai ekspor sebesar 76,81 juta dolar AS.

"Eksportir kopi baik di Aceh maupun luar provinsi ini, lebih memilih pelabuhan di luar Aceh. Seperti Belawan (Sumatera Utara), dan Jakarta akibat terbatasnya infrastruktur pelabuhan," terangnya.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdangangan Aceh, Nurdin sebelumnya mengaku, sederet manfaat menjadi hilang akibat pelabuhan lokal tidak terpakai sebagai pusat ekspor komoditas.

Ia mengatakan seperti terserapnya tenaga kerja lokal, dan tumbuhnya perekonomian di sekitar pelabuhan. Tapi pelabuhan harus memiliki kepastian, dan berkesinambungan jadwal keberangkatan kapal.

"Jika ekspornya lewat Belawan, maka keuntungan itu didapat oleh Sumatera Utara," katanya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…