Pengeluaran Wistatawan Asian Games Rp3,7 Triliun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 17 Oktober 2018 - 06:00 WIB

Bambang Brodjonegoro (Foto/Rizki Meirino)
Bambang Brodjonegoro (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Survei dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) mencatat jumlah pengeluaran wisatawan mancanegara dan domestik selama penyelenggaraan Asian Games 2018 sebesar Rp3,7 triliun.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Selasa (16/10/2018) , mengatakan belanja suvenir merupakan pengeluaran terbesar dari para wisatawan.

Dari total pengeluaran wisatawan mancanegara yang mencapai Rp1,9 triliun, sebanyak Rp655,4 miliar digunakan untuk belanja suvenir. Jumlah wisman sendiri diperkirakan mencapai hampir 80 ribu orang.

Sedangkan dari total Rp1,8 triliun pengeluaran wisatawan domestik, belanja suvenir tercatat sebesar Rp913,5 miliar. Kunjungan domestik tercatat sebanyak 1,7 juta orang selama Asian Games 2018.

"Kami juga sudah menghitung rata-rata lama tinggal wisman adalah 13 hari atau hampir sepanjang Asian Games. Untuk wisatawan Nusantara di luar Jabodetabek tinggalnya rata-rata tiga hari," kata Bambang.

Berdasarkan riset Bappenas bekerja sama dengan BPS dan Telkomsel, wisatawan asing terbanyak berasal dari China (10.375 orang), Jepang (10.038) , Korea (7.443), dan Malaysia (5.244) dan India (5.001).

Wisatawan asal India memiliki waktu tinggal terlama dengan rata-rata 17 hari disusul wisatawan China dengan rata-rata 16 hari. Observasi lama tinggal dilakukan pada 1 Juli sampai dengan 8 September 2018.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa kunjungan wisatawan asal Belanda selama pelaksanaan Asian Games tergolong tinggi. Padahal, Belanda tidak mengikuti even olahraga tersebut.

Kunjungan wisatawan dari Belanda selama Asian Games 2018 tercatat sebesar 2.341 orang dengan lama tinggal rata-rata mencapai 15 hari.

"Belanda ini menarik, tidak ikut Asian Games terus ngapain nonton. Perkiraan kami adalah orang Indonesia yang kebetulan tinggal di Belanda atau sudah jadi warga negara Belanda kemudian dia merasa ada even besar yang ingin ditonton," ujar dia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fintech payment aplikasi Cashbac

Rabu, 20 November 2019 - 17:03 WIB

Berburu Cashbac Pada Tanggal Tua

Jakarta – Aplikasi Cashbac kembali hadirkan Promo Tanggal Tua, Rasa Muda di bulan November dengan memberikan cashback rewards 50% hingga 50.000. Promo ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan…

Bank Muamalat Gandeng Prudential Indonesia Hadirkan Pembayaran Autodebit Kontribusi Asuransi Jiwa

Rabu, 20 November 2019 - 16:51 WIB

Bank Muamalat Gandeng Prudential Indonesia Hadirkan Pembayaran Autodebit Kontribusi Asuransi Jiwa

Bank Muamalat dan Prudential menjalin kemitraan agar nasabah dapat makin mudah dalam melakukan pembayaran kontribusi melalui fasilitas autodebit. Layanan ini juga akan melengkapi layanan pembayaran…

PWI dan MPR Akan Bekerjasama Sosialisasi Amandemen UUD 45 dan Kode Perilaku Wartawan

Rabu, 20 November 2019 - 16:35 WIB

PWI dan MPR Akan Bekerjasama Sosialisasi Amandemen UUD 45 dan Kode Perilaku Wartawan

Rencana itu disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo ketika menerima kunjungan pengurus PWI Pusat yang dipimpin Sekjen PWI Mirza Zulhadi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan direksi Lotte Chemical di Seoul, Korea Selatan

Rabu, 20 November 2019 - 16:30 WIB

Menperin Pastikan Lotte Chemical Bakal Tambah Investasi di Indonesia

Lotte Chemical memastikan akan menambah investasi di Indonesia. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita setelah melakukan pertemuan dengan direksi…

CEO sekaligus Co-founder dari HarukaEDU, Novistiar Rustandi

Rabu, 20 November 2019 - 16:19 WIB

HarukaEDU Terima Pendanaan Seri C dari SIG

Dengan pendanaan tersebut, HarukaEDU akan serius menjangkau pasar B2B melalui corporate online training platform dan memperkuat portal pembelajaran berkelanjutan atau lifelong learning portal…