Depresiasi Rupiah Kerek Penjualan Ekspor Sri Rejeki Isman

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Oktober 2018 - 18:48 WIB

PT Sri Rejeki Isman Tbk
PT Sri Rejeki Isman Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat turut mengerek penjualan ekspor PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL). Kondisi tersebut membuat manajemen SRIL berkeinginan untuk meningkatkan porsi ekspor berkisar 56% hingga 58% sampai akhir tahun 2018.

"Perang dagang antara China dan AS turut mendorong ekspor tekstil Indonesia ke AS. Para konsumen tekstil AS akan mengalihkan pembelian dari China ke produk Indonesia dan permintaan pelanggan Amerika ke Indonesia berpeluang meningkat," kata Corporate Secretary SRIL, Welly Salam di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Melihat kesempatan tersebut, Welly mengakui sejak awal SRIL akan memperbesar porsi ekspor dibandingkan tahun lalu. "Semula porsi ekspor tahun lalu hanya 54%. Rencananya tahun ini sampai 56% hingga 58%," ungkapnya.

Selain ke AS, penambahan porsi ekspor itu akan ditujukan ke Jepang, Malaysia, Uni Emirat Arab dan China. Hingga semester I tahun ini, penjualan ekspor SRIL setara 54% atau US$ 291 juta. 

Sumbangsih penjualan terbesar berasal dari produk benang sebesar 47% atau senilai US$ 139 juta. Angka itu melonjak 85% dibandingkan periode yang sama tahun lalu US$ 75 juta.

Selain itu, produk kain jadi tumbuh 11% year on year (yoy) menjadi US$ 70 juta di semester I 2018. Kemudian pakaian jadi meningkat 21% yoy menjadi US$ 67 juta.

Hingga kini, kawasan Asia masih mendominasi penjualan SRIL pada semester I tahun ini dengan nilai US$ 218 juta atau tumbuh 71% dibandingkan tahun lalu. Adapun kawasan Eropa menyumbang US$ 36 juta, tumbuh 5,8% yoy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ferrari Logo

Rabu, 23 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Pengalaman Berkendara Mobil Klasik Ferrri di Fiorano

Ferrari Classiche Academy sedang berlangsung. Sesi rangkaian mengemudi ini berfokus pada berbagai mobil klasik yang membantu menciptakan kisah perjalanan kuda jingkrak dan mencetak sejarah pada…

: Mercedes-AMG Petronas Motorsport Kemenangan 2019 FIA Formula One

Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:00 WIB

TIBCO: Mercedes-AMG Petronas Motorsport Kemenangan 2019 FIA Formula One™ World Constructors’ Championship

TIBCO Software Inc., pemimpin global dalam integrasi, manajemen API, dan analitik, memberikan selamat kepada Mercedes-AMG Petronas Motorsport sebagai juara dunia FIA Formula One™ World Constructors’…

realme XT

Rabu, 23 Oktober 2019 - 18:48 WIB

Tawarkan Keamanan dan Kenyamanan, realme XT Sediakan In-display Fingerprint Pada Panel Super AMOLED

Smartphone sekarang ini menjadi gadget yang semakin personal, tidak hanya dari sisi konten dari pengguna tapi juga fitur-fitur yang diberikan. Ini berujung pada semakin digunakannya smartphone…

realme XT

Rabu, 23 Oktober 2019 - 18:32 WIB

Jangan Percaya Trik Marketing, realme XT Selalu Tersedia dengan Harga Sesuai Janji

Meskipun banyak memiliki keunggulan, perangkat ini dibanderol dengan harga yang tidak mahal. Smartphone yang memiliki keunggulan di sektor kamera berkat quad camera 64MP, performa melalui chipset…

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto

Rabu, 23 Oktober 2019 - 17:20 WIB

Ini Harapan Kadin pada Menteri Kelautan dan Perikanan yang Baru

Terpilihnya Edhy Prabowo masuk dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan membawa harapan baru bagi dunia usaha di sektor itu.