INALUM Akan Hemat Devisa US$ 600 Juta Dari Proyek Hilirisasi di Kalimantan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Oktober 2018 - 11:36 WIB

Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Holding Industri Pertambangan (HIP) PT INALUM (Persero) bersama anggota HIP PT ANTAM Tbk dan produsen alumina terbesar kedua di dunia Aluminum Corporation of China Ltd (CHALCO) dari Tiongkok akan bekerja sama melakukan hilirisasi produk tambang di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Melalui PT Borneo Alumina Indonesia (BAI), ketiga perusahaan tersebut akan bekerja sama membangun pabrik pemurnian untuk memproses bauksit menjadi alumina, yang merupakan bahan baku utama untuk membuat aluminium ingot. 

INALUM sendiri merupakan produsen aluminium ingot satu-satunya di Indonesia, dan nantinya akan menyerap sebagian besar alumina dari BAI.

 "Alumina merupakan bahan baku utama untuk memproduksi aluminium ingot. Dengan kapasitas produksi INALUM sebanyak 250 ribu metrik ton aluminium ingot per tahun membutuhkan 500 ribu metrik ton alumina. Saat ini kebutuhan tersebut masih dipasok dari luar negeri." kata Direktur Pelaksana INALUM Oggy A. Kosasih melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (12/10/2018).

“Dengan selesainya proyek ini, INALUM akan melepaskan ketergantungan pasokan dari luar negeri dan mengurangi devisa impor sekitar US$600 juta. Dan tak kalah penting, proyek ini akan memberikan nilai tambah bauksit yang selama ini diekspor dalam bentuk ore dan membangun industri aluminium terintegrasi yg berkelanjutan.” tambahnya.

Kerja sama ketiga perusahaan tersebut tertuang dalam penandatanganan kesepakatan pada 11 Oktober 2018 di acara Indonesia Investing Forum 2018, IMF-World Bank Annual Meetings 2018 di Nusa Dua, Bali. Penandatangan kerjasama proyek dengan nama teknis Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) tersebut dilakukan oleh Oggy A. Kosasih dengan Presiden Direktur CHALCO Hongkong, Li Wangxing. 

Konstruksi proyek SGAR dilakukan dalam 2 tahap dengan total kapasitas produksi 2 juta metrik ton alumina. Peletakan batu pertama untuk pabrik pemurnian tahap 1 dengan kapasitas 1 juta metrik ton rencananya akan dilaksanakan pada kuartal 4 tahun 2018 dan diharapkan dapat mulai produksi pada 2021.

Investasi untuk membangun pabrik tahap 1 tersebut diperkirakan sekitar US$ 850 juta.

Selain reputasi CHALCO sebagai produser alumina nomor satu di Tiongkok dan nomor dua di dunia, perusahaan tersebut mempunyai pengalaman teruji dalam menjalankan industri aluminium terintegrasi dari bauksit hingga ke produk hilir aluminium. CHALCO juga memiliki teknologi yang efisien dengan biaya operasional yang rendah dan berpengalaman mengoperasikan pabrik SGAR.

Upaya untuk melakukan hilirisasi industri pertambangan untuk menciptakan nilai tambah adalah salah satu dari tiga mandat pembentukan HIP selain menguasai sumber daya pertambangan Indonesia dan menjadi perusahaan kelas dunia. 

HIP juga menjadi salah satu tulang punggung negara dalam mendulang devisa dari hasil ekspor dan mengurangi ketergantungan bahan baku dari impor. HIP memperkirakan penjualan hasil ekspor hingga 2018 sebesar US$ 2,51 miliar atau sekitar Rp 37 triliun. Adapun hingga Agustus 2018, telah terealisasi US$ 1,57 miliar atai 62,5% dari proyeksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…