NTT Ekspor 12,5 Ton Ikan Tuna ke Jepang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 September 2018 - 15:04 WIB

Ekspor Ikan Tuna (Rizki Meirino/Industry.co.id)
Ekspor Ikan Tuna (Rizki Meirino/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kupang- Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kupang mencatat ekspor ikan tuna loin dari Nusa Tenggara Timur ke Jepang sebanyak 12,5 ton pada Agustus 2018.

Kepala Stasiun KIPM Kupang Jimmy Elwaren, Rabu (26/9/2018)  di Kupang, mengemukakan tuna loin merupakan salah satu komoditi dominan yang diekspor ke Jepang pada Agustus dengan nilai mencapai 86.302 dolar AS.

Selain ke negara tujuan Jepang, ekspor tuna loin beku juga dilakukan ke Brunei Darussalam sebanyak 200 kilogram, katanya.

Dijelaskannya, ekspor tuna loin ke Jepang yang dilakukan melalui Surabaya, Jawa Timur, mengalami peningkatan setidaknya pada lima bulan terkahir.

Peningkatan ini, lanjutnya, didukung dengan aktivitas nelayan tangkap di daerah itu yang mulai membaik setelah kondisi cuaca buruk. Pihaknya mencatat ekspor tuna loin pada April 2018 sebanyak 5,69 ton, kemudian Mei 5,9 ton, Juni 8,6 ton, dan Juli 9,4 ton, dan terus meningkat hingga Agustus sebanyak 12,5 ton.

"Permintaan dari Jepang juga relatif selalu ada setiap bulan meskipun jumlahnya bervariasi sesuai kebutuhan negara pembeli tersebut," katanya.

Jimmy mengatakan komoditi ikan tuna loin merupakan salah satu produk unggulan perikanan yang diekspor dari provinsi setempat, selain komoditi ikan cakalang.

Ia mengakui permintaan ekspor yang paling banyak relatif masih didominasi ikan cakalang seperti ekspor pada Agustus mencapai 24 ton ke negari "Bunga Sakura" itu.

 "Cakalang memang masih menjadi primadona ekspor menyusul ikan tuna dan ikan-ikan dasar lainnya. Namun dua komoditi utama (cakalang dan tuna) ini selalu diminati terutama dari Jepang, " katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…