NTT Ekspor 12,5 Ton Ikan Tuna ke Jepang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 September 2018 - 15:04 WIB

Ekspor Ikan Tuna (Rizki Meirino/Industry.co.id)
Ekspor Ikan Tuna (Rizki Meirino/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kupang- Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kupang mencatat ekspor ikan tuna loin dari Nusa Tenggara Timur ke Jepang sebanyak 12,5 ton pada Agustus 2018.

Kepala Stasiun KIPM Kupang Jimmy Elwaren, Rabu (26/9/2018)  di Kupang, mengemukakan tuna loin merupakan salah satu komoditi dominan yang diekspor ke Jepang pada Agustus dengan nilai mencapai 86.302 dolar AS.

Selain ke negara tujuan Jepang, ekspor tuna loin beku juga dilakukan ke Brunei Darussalam sebanyak 200 kilogram, katanya.

Dijelaskannya, ekspor tuna loin ke Jepang yang dilakukan melalui Surabaya, Jawa Timur, mengalami peningkatan setidaknya pada lima bulan terkahir.

Peningkatan ini, lanjutnya, didukung dengan aktivitas nelayan tangkap di daerah itu yang mulai membaik setelah kondisi cuaca buruk. Pihaknya mencatat ekspor tuna loin pada April 2018 sebanyak 5,69 ton, kemudian Mei 5,9 ton, Juni 8,6 ton, dan Juli 9,4 ton, dan terus meningkat hingga Agustus sebanyak 12,5 ton.

"Permintaan dari Jepang juga relatif selalu ada setiap bulan meskipun jumlahnya bervariasi sesuai kebutuhan negara pembeli tersebut," katanya.

Jimmy mengatakan komoditi ikan tuna loin merupakan salah satu produk unggulan perikanan yang diekspor dari provinsi setempat, selain komoditi ikan cakalang.

Ia mengakui permintaan ekspor yang paling banyak relatif masih didominasi ikan cakalang seperti ekspor pada Agustus mencapai 24 ton ke negari "Bunga Sakura" itu.

 "Cakalang memang masih menjadi primadona ekspor menyusul ikan tuna dan ikan-ikan dasar lainnya. Namun dua komoditi utama (cakalang dan tuna) ini selalu diminati terutama dari Jepang, " katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

“Mengenal Lebih Dalam tentang Polistirena Busa untuk Kebaikan Manusia dan Lingkungan” di Karawang, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019).

Kamis, 27 Juni 2019 - 07:01 WIB

Ini Fakta Benar Soal Penggunaan Styrofoam bagi Manusia dan Lingkungan

Tahukah Anda penggunaan styrofoam yang digunakan dalam mengemas makanan dan minuman yang selama ini diisukan tidak aman dan tidak sehat tidak terbukti sama sekali. Bahkan styrofoam yang beredar…

Adil Mubarak Vice President Operations RedDoorz (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 07:00 WIB

SDM Berkualitas, Kunci Utama Suksesnya Industri Pariwisata Nasional

Sebagai salah satu pelaku bisnis dalam dunia pariwisata Indonesia, RedDoorz turut berpartisipasi dalam pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia dengan mengadakan pelatihan Quality Training…

Forum Silaturahmi Dai Muda Jakarta

Kamis, 27 Juni 2019 - 06:35 WIB

Forum Silaturahim Dai Muda Jakarta Tolak Halal Bihalal di MK

Jakarta - Menyikapi rencana sejumlah ormas yang rencananya akan menggelar kegiatan zikir, doa bersama, sholawat dan halal bi halal pada tanggal 26-28 Juni 2019 di pelataran GedungMahkamahKonstitusi(MK),ForumSilaturahmjDa’iMudaJakarta(FSDMJ)menggelar…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 06:00 WIB

Ketua DPR Harap Makin Banyak Perusahaan Melantai di Bursa Saham

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap seiring kondusifnya suhu politik disertai dengan peningkatan iklim investasi dan bisnis di Indonesia, semakin banyak pula perusahan yang memperdagangkan…

Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP

Kamis, 27 Juni 2019 - 03:11 WIB

Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP

Antoni AT. Koordinator Masyarakat Adat Bakung Udik Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung melaporkan permasalahan sengketa lahan yang terjadi didaerah tersebut ke KSP…