Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Pertambangan di Indonesia
Pertambangan di Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas dunia.

Kedua perusahaan tambang emas raksasa ini akan bergabung membentuk perusahaan dengan nilai yang ditaksir mencapai US$ 18 miliar atau setara Rp 266,4 triliun. Para pemilik Barrick Gold ada memegang 67% di perusahaan baru itu.

Chairman Barrick Gold, John Thornton akan menjabat sebagai posisi yang sama di perusahaan gabungan ini nantinya. Sementara Mark Bristow dari Randgold akan menjadi CEO.

Perusahaan baru ini akan mengendalikan lima dari sepuluh tambang emas terbesar di dunia dan memiliki cadangan emas terbesar di antara perusahaan sejenis lainnya. Perusahaan ini akan menjadi raja baru di industri emas global.

Penggabungan dua perusahaan pendulang emas ini terjadi ketika harga emas di pasar menurun. Harga emas telah jatuh hampir 9% sepanjang tahun ini, dan bulan lalu merosot di bawah US$ 1.200 per ounce untuk pertama kalinya sejak Januari 2017.

Barrick dan Randgold berharap bergabung dan menggabungkan sumber daya mereka yang besar akan membantu mereka mengatasi badai.

"Ukuran keberhasilan kami adalah nilai hasil yang kami hasilkan dan bukan jumlah ons yang kami hasilkan, menyeimbangkan keberanian dan kehati-hatian untuk memberikan hasil yang konsisten dan terus meningkat kepada sesama pemilik," kata Thornton dilansir dari CNN Money, Selasa (25/9/2018).

Barrick Gold Corporation sendiri adalah perusahaan tambang emas terbesar di dunia, dengan kantor pusatnya di Toronto, Ontario, Kanada.

Perusahaan ini beroperasi penambangan di Argentina, Australia, Kanada, Chili, Republik Dominika, Papua New Guinea, Peru, Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Zambia. Lebih dari 75% produksi emas Barrick berasal dari kawasan Amerika.

Sementara Randgold beroperasi penambangan di Mali. Perusahaan ini memilik8 kantor pusat di Jersey, kawasan jajahan Britania Raya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jamaah Haji menunaikan ibadah di Kabah Masjidil Haram Makkah

Senin, 06 April 2020 - 00:05 WIB

Masa Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Tahap Pertama Hingga 30 April 2020

Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1441H/2020M tahap pertama terus berlangsung hingga 30 April 2020. Sampai penutupan hari ini, lebih 114 ribu jemaah reguler yang sudah melunasi…

Minggu Palma

Minggu, 05 April 2020 - 22:41 WIB

Physical Distancing, Not Spiritual Distancing

Saya berharap, agar physical distancing, tidak berkembang menjadi spiritual distancing. Saling menguatkan, menguduskan, dan mendoakan meski secara fisik tidak hadir dalam waktu dan ruang yang…

TNI layani kesehatan warga pedalaman Papua

Minggu, 05 April 2020 - 22:12 WIB

Layani Kesehatan di Pedalaman Papua, Warga yang Sakit Demam: Terimakasih Bapak Tentara Sudah Kasih Obat

Sementara itu, Ibu Eliana Wairu (47 th) yang sedang menderita sakit demam mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak tentara atas kedatangannya. “Bapak tentara telah memeriksa saya dan memberikan…

Ojek online yang menerima bantuan beras

Minggu, 05 April 2020 - 20:45 WIB

Pedagang dan Ojek Online Ketiban Rejeki Beras BNI Syariah

BNI Syariah menyalurkan bantuan total 1.146 paket atau setara 5,73 ton beras kepada pengendara ojek online dan pedagang kaki lima sekitar Kantor BNI Syariah Cabang Karawang dan Masjid Al-Jihad…

Bebas Nonton dari Vidio

Minggu, 05 April 2020 - 20:40 WIB

Dirumahaja, Ini cara Bebas Nonton Gratis 14 Hari dari Vidio

"Sebagai industri streaming OTT dan sekaligus layanan hiburan berbasis internet, kami tergerak untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen yang bisa mereka nikmati agar #BetahdiRumah selama…