Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Pertambangan di Indonesia
Pertambangan di Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas dunia.

Kedua perusahaan tambang emas raksasa ini akan bergabung membentuk perusahaan dengan nilai yang ditaksir mencapai US$ 18 miliar atau setara Rp 266,4 triliun. Para pemilik Barrick Gold ada memegang 67% di perusahaan baru itu.

Chairman Barrick Gold, John Thornton akan menjabat sebagai posisi yang sama di perusahaan gabungan ini nantinya. Sementara Mark Bristow dari Randgold akan menjadi CEO.

Perusahaan baru ini akan mengendalikan lima dari sepuluh tambang emas terbesar di dunia dan memiliki cadangan emas terbesar di antara perusahaan sejenis lainnya. Perusahaan ini akan menjadi raja baru di industri emas global.

Penggabungan dua perusahaan pendulang emas ini terjadi ketika harga emas di pasar menurun. Harga emas telah jatuh hampir 9% sepanjang tahun ini, dan bulan lalu merosot di bawah US$ 1.200 per ounce untuk pertama kalinya sejak Januari 2017.

Barrick dan Randgold berharap bergabung dan menggabungkan sumber daya mereka yang besar akan membantu mereka mengatasi badai.

"Ukuran keberhasilan kami adalah nilai hasil yang kami hasilkan dan bukan jumlah ons yang kami hasilkan, menyeimbangkan keberanian dan kehati-hatian untuk memberikan hasil yang konsisten dan terus meningkat kepada sesama pemilik," kata Thornton dilansir dari CNN Money, Selasa (25/9/2018).

Barrick Gold Corporation sendiri adalah perusahaan tambang emas terbesar di dunia, dengan kantor pusatnya di Toronto, Ontario, Kanada.

Perusahaan ini beroperasi penambangan di Argentina, Australia, Kanada, Chili, Republik Dominika, Papua New Guinea, Peru, Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Zambia. Lebih dari 75% produksi emas Barrick berasal dari kawasan Amerika.

Sementara Randgold beroperasi penambangan di Mali. Perusahaan ini memilik8 kantor pusat di Jersey, kawasan jajahan Britania Raya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Connie Nurlita (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Connie Nurlita Ajak Masyarakat Dukung Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih

Artis Nasional Connie Nurlita sebagai pribadi dan anggota masyarakat mendukung pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin 20 Oktober mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:15 WIB

Industri 4.0 Bawa RI Jadi Pemimpin di ASEAN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri, dengan ditandai teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan…

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:50 WIB

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Dunia teknologi terus berkembang, tidak ada batasan yang mampu menghambatnya. Begitupun dalam bidang smartphone, khususnya kamera. Semakin ke sini, orang semakin membutuhkan smartphone dengan…

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:46 WIB

Senada dengan Mendag, Hermawan Kartajaya Harap Atase di Luar Negeri Harus Piawai Marketing

Di tengah isu ekonomi global terkait kemungkinan resesi serta perang dagang AS dan China, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa atase-atase Kementerian Perdagangan di luar…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:15 WIB

Airlangga Tuangkan Kisah Bangun Industri Lewat Buku "Merajut Asa"

Sektor industri selama ini konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan…