Kasadaran Petani Berasuransi Perlu Ditingkatkan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 25 September 2018 - 10:00 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan asuransi Bhinneka Life menyebut pentingnya perlindungan terhadap sektor pertanian salah satunya dengan menumbuhkan kesadaran para petani untuk berasuransi.

Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono mengatakan, selain melindungi diri dan keluarga, asuransi dapat menjamin lahan yang dikelola petani tetap produktif dan menghasilkan keuntungan.

"Saat ini belum banyak petani yang memiliki asuransi, khususnya asuransi jiwa. Padahal dengan asuransi, para petani dapat menjamin lahan pertanian mereka tetap produktif agar kebutuhan sehari-hari terpenuhi," ujar Wiroyo dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Senin (24/9/2018)

Wiroyo menjelaskan, bagi para petani yang bekerja di sektor perkebunan, misalnya ketika usia tanaman perkebunan akan memasuki senja, produktivitas dari lahan tersebut akan menurun.

Kondisi tersebut membuat petani harus melakukan peremajaan lahan untuk mengembalikan tingkat produktivitas hasil. Namun, proses peremajaan ini memerlukan biaya besar, sehingga petani harus menyediakan dana yang besar pula.

Dengan asuransi yang memiliki manfaat investasi, para petani bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama, petani dan keluarganya bisa mendapatkan perlindungan apabila terjadi risiko di masa depan dan tidak akan mengganggu keuangan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kedua, produk asuransi yang memiliki komponen investasi berupa "unit link" akan memberikan manfaat uang tunai di akhir periode yang bisa dimanfaatkan untuk meremajakan lahan pertanian mereka.

Kepastian ketersediaan uang tunai pada periode tertentu akan melindungi petani dan lahan pertaniannya agar tetap produktif. Petani pun tak perlu  kelimpungan untuk mencari sumber dana baru.

Bhinneka Life sendiri telah bekerjasama dengan BUMDes untuk memberikan pelatihan dan edukasi  literasi keuangan bagi para petani di berbagai daerah di Indonesia, termasuk edukasi mengenai pentingnya asuransi.

Wiroyo mengatakan, kerjasama tersebut merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani melalui perencanaan keuangan menuju masyarakat yang teliterasi dengan baik (well literated).

Upaya pemerintah untuk memberikan asuransi bagi petani juga terlihat dari diluncurkannya program asuransi pertanian yang tertuang pada Peraturan Menteri Pertanian No.40/ Permentan/ SR.230/7/201 yang menjadi dasar untuk melaksanakan asuransi pertanian.

Asuransi ini diluncurkan guna melindungi petani dari aksi para tengkulak yang memberikan pinjaman kepada petani, namun membeli hasil pertanian dengan harga rendah.

Sebagai negara agraris, sektor pertanian di Indonesia memegang peranan vital untuk ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi negara. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), bila dilihat dari sisi produksi, sektor pertanian merupakan sektor kedua setelah sektor industri yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…