MameCoin Gunakan Blockchain dalam Transparansi Dana Donasi

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 16 September 2018 - 21:27 WIB

Layanan crypto exchange asal Jepang, Mamecoin resmi menjajaki pasar Indonesia pada Minggu (16/9/2018).
Layanan crypto exchange asal Jepang, Mamecoin resmi menjajaki pasar Indonesia pada Minggu (16/9/2018).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Layanan crypto exchange asal Jepang, Mamecoin resmi menjajaki pasar Indonesia pada Minggu (16/9/2018). Tak hanya sebagai kriptocurrency, Mamecoin juga mendirikan asosiasi donasi kriptocurrency melalui pendirian perusahaanya di Jakarta Epicentrum Walk Level 3, Unit A306-307 yaitu PT Mamecoin Indonesia Berbagi.

Direktur Utama PT Mamecoin Indonesia, Sendy Ariani mengatakan perusahaan ini merupakan basis kegiatan amal di Indonesia karena sama seperti di Jepang, Indonesia juga sering mengalami gempa bumi, hujan badai serta bencana lainnya yang tidak jarang menimbulkan banyak korban.

“Memanfaatkan teknologi blockchain pihaknya ingin mengatasi masalah-masalah dalam berdonasi.  Bahkan Anda dapat berdonasi mulai satu rupiah sekalipun,” ujarnya dalam pengumuman pendirian perusahaan di Indonesia dan acara Charity Live.

Ia mengatakan, permasalahan donasi yang sering timbul  ialah tidak dapat mengetahui dengan jelas kepada siapa donasi terkirim, sulit berdonasi dengan jumlah yang kecil (misalnya dibawah 10 ribu rupiah), donasi antar negara membutuhkan waktu yang lama dan biaya tinggi.

Lanjutnya, bagi mereka yang ingin berdonasi bisa membeli mamecoin di CoinExchange(Luar negeri), DexDelta, dan TokenJar. Saat ini menurutnya, Mamecoin sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komiditi (Bappeti), dan segera mendaftarkan ke OJK.

“Dengan adanya kolaborasi antara budaya berdonasi yang sudah umum di Indonesia dengan teknologi blockchain yang maju dari Jepang, serta dukungan teknis yang disediakan oleh mamecoin Japan, kami yakin bisnis ini akan berjalan optimal dan mengalami percepatan,” tandasnya.

Sebagai informasi, Blockchain ialah inovasi dalam bidang keuangan fintech yang merupakan dasar dari bitcoin dan ethereum. Database yang transaksinya tercatat dan terdistribusi di seluruh dunia sehingga dapat dilacak dan mustahil untuk dipalsukan. Dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang sehingga menjadi teknologi yang saat ini menarik banyak perhatian di dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

cybersecurity

Minggu, 17 Oktober 2021 - 13:05 WIB

Waspada Kejahatan Siber, Risiko Data Pribadi Bocor dan Dicuri

Semenjak aktivitas online semakin tinggi karena pandemi, tindak pidana kejahatan siber mengalami peningkatan. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskim Polri mencatat para periode Januari hingga…

Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:35 WIB

Etika Bermedia Sosial, Salah Satunya Menghargai Keberadaan Orang Lain di Ruang Digital

Hampir 64 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet, orang-orang berkomunikasi di media digital seperti halnya di kehidupan nyata. Namun internet hadir bagai pisau…

Ini kondisi saat kejadian, api berhasil dipadamkan oleh damkar sebelum menjalar ke gudang sicepat.

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:30 WIB

Gudang Terbakar di Sawah Besar, Sicepat: Kebakaran Itu Terjadi di Gudang Elektronik, Bukan Gudang Sicepat

Jakarta- Sebuah Gudang gudang elektronik di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, dilanda kebakaran, pada Sabtu (16/10/2021).

Ilustrasi Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:10 WIB

Adaptasi ke Arah Digital Membutuhkan Keterbukaan Cara Pandang Masyarakat

Digitalisasi sebagai perubahan kehidupan masyarakat dari semula yang bersifat tradisional menjadi digital berlangsung lebih cepat sejak pandemi Covid-19. Dengan hal itu, masyarakat pun dituntut…

Ilustrasi Berkomentar di Dunia Maya atau Bermain Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 11:35 WIB

Walau Terjadi Perubahan Interaksi Sosial Masyarakat ke Arah Digital, Tetaplah Gunakan Norma dan Etika

Sejak adanya internet dan datangnya pandemi Covid-19, interaksi sosial masyarakat menjadi berubah drastis. Pembatasan sosial membuat komunikasi lebih banyak dilakukan secara online maupun virtual.…