Fujifilm Perkenalkan Inovasi Kamera Mirrorless Terkini, Fujifilm X-T3

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 19:41 WIB

Fujifilm X-T3
Fujifilm X-T3

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Fujifilm Indonesia (Fujifilm) resmi peluncuran FUJIFILM X-T3 (X-T3), model terbaru dalam kamera digital mirrorless seri X (X-Series). X-T3 dilengkapi sensor X-Trans CMOS 4 baru dan mesin pengolah gambar X-Processor 4, yang mengantarkan penggunanya menuju generasi baru X Series.

X-Trans CMOS 4 merupakan sensor APS-C back-illuminated dengan lebih dari 4 kali jumlah piksel phase detection dibandingkan model saat ini, yang didistribusikan di seluruh permukaan.

Sensor ini memiliki rasio S / N yang tinggi dan sensitivitas terendah ISO160 meskipun memiliki resolusi 26MP. Batas fokus otomatis low-light juga telah diperpanjang ke -3EV, memungkinkan AF (autofocus) akurat bahkan dalam kondisi cahaya rendah, seperti ketika mengambil gambar hanya dengan cahaya lilin.

Sedangkan, X Processor 4 adalah mesin memiliki 4 unit CPU untuk mencapai kecepatan pemrosesan gambar sekitar 3 kali lebih cepat daripada model saat ini. Tidak hanya meningkatkan akurasi dan kecepatan AF secara substansial, mesin ini adalah yang pertama di dunia untuk menghasilkan output 4K / 60P 10bit, untuk memenuhi kebutuhan videografer profesional, dalam kameramirrorless yang dilengkapi dengan sensor ukuran APS-C atau lebih besar.

Mesin ini juga mampu secara instan melakukan pemrosesan gambar yang kompleks seperti fungsi FUJIFILM "Color Chrome Effect" dan "Monochrome Adjustment" yang unik, mencapai pola digital Warm Black / Cool Black, yang diadopsi sebagai salah satu cara ekspresi untuk mencetak monokrom dalam film silver halida.

X-T3 mewarisi fitur desain populer X-T2 seperti memposisikandial di panel atas, gaya viewfinder untuk menambah rasa stabilitas, dan desain genggaman yang sangat baik untuk kenyamanan.

Warna silver adalah lineup standar, yang menampilkan lebih banyak pola klasik dibandingkan dengan graphite silver, edisi terbatas untuk model sebelumnya. Gaya yang mengingatkan penggunanya pada kamera film tradisional dikombinasikan dengan gaya praktis.

X-T3 adalah kamera digital mirrorless pertama di dunia yang mampu merekam dengan kartu SD internal 4K / 60P 4: 2: 0 10bit. X-T3 juga merupakan kamera digital pertama mirrorless dengan APS-C atau sensor yang lebih besar dengan output HDMI 4K / 60P 4: 2: 2 10bit.

Format video yang didukung termasuk AVC H.264 / MPEG-4 yang banyak digunakan serta H.265 / HEVC untuk kompresi data yang lebih besar. Ini memungkinkan penggunaan bitrate 200Mbps tinggi dalam perekaman 4K / 60P 4: 2: 0 10bit, serta output HDMI simultan saat merekam. Pilihan kompresi video yang tersedia adalah ALL-Intra dan Long GOP. Saat menggunakan ALL-Intra, video direkam pada 400Mbps.

Kecepatan baca sensor sekitar 50% lebih cepat dari pada model saat ini, yang memungkinkan pembacaan cepat 17msec untuk video 4K / 60P. Distorsi shutter  bergulir telah dikurangi untuk memutar ulang dengan mulus subjek yang bergerak cepat.

Dukungan kamera untuk kedalaman warna 10-bit meningkatkan jumlah informasi warna 64 kali dibandingkan dengan 8bit. Ini dikombinasikan dengan 400% (sekitar 12 stops) jangkauan dinamis untuk menangkap material gradasi kaya, seperti lanskap matahari terbenam.

Pengenalan proses pengurangan kebisingan baru dan fungsi "pengurangan kebisingan interframe 4K" baru telah mengurangi kebisingan dengan setara kurang lebih 2 stops. Proses NR baru memiliki tingkat akurasi pengidentifikasi bising yang ditingkatkan untuk performa denoising yang sesuai.

The 4K interframe NR function menggunakan data diferensial antara frame yang berdekatan untuk mengurangi noise. Selain itu, sensitivitas minimum untuk pengambilan gambar F-Log dan DR400% telah diperpanjang dari model saat ini ISO800 hingga ISO640, memenuhi kebutuhan videografer.

Selain itu, setelah menerapkan pembaruan firmware yang akan dirilis pada akhir 2018, X-T3 akan mendukung perekaman video dalam Hybrid Log Gamma (HLG), salah satu format yang didefinisikan dalam ITU -R BT.2100 standar internasional. Sebagai tanggapan terhadap umpan balik pengguna, pembaruan firmware juga karena memberikan X-T3 kemampuan untuk secara bersamaan mengeluarkan Film Simulasi dan rekaman F-Log.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:19 WIB

PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Berhasil Cetak Pendapatan Rp3,5 triliun Periode Januari-April 2020

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC membukukan pendapatan sebesar Rp. 3,5 triliun selama periode Januari-April 2020. Dengan capaian ini, IPC masih optimistis pendapatan usaha perseroan…

Rapat pleno Pengurus PWI Pusat

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:13 WIB

PWI Pusat Dorong Dewan Pers Proses Secara Hukum Pembuat Sertifikat UKW Palsu

Perbuatan pemalsuan sertifikat UKW tersebut merupakan tindak pidana. Hal ini tidak boleh didiamkan.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:30 WIB

Industri Keramik Kalang Kabut Harga Gas Tak Kunjung Turun, Asaki Beri Ultimatum PGN Hingga Menkeu

Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) mendesak PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) sebagai suplier utama gas untuk industri agar segera bisa menyesuaikan sesuai Keputusan Menteri (Kepmen)…

Petani sedang garap sawah menggunakan traktor

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:28 WIB

BPS: Ekspor Pertanian Tumbuh 12,66 Persen

Di tengah melemahnya ekonomi nasional akibat wabah pandemi virus corona, ekspor pertanian tetap memperlihatkan kinerja yang baik. Tercatat, ekspor pertanian April 2020 sebesar US$ 0,28 miliar…

Ilustrasi jamaah haji. (Pradita Utana/NurPhoto)

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:12 WIB

Haji 2020 Batal Demi Kesehatan, Pemerintah Pastikan Dana yang Sudah di Setor akan Disimpan dan Dikelola

Karena pandemi covid-19, Pemerintah resmi memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jamaah Ibadah Haji 1441 Hijriah dari Indonesia. "Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan Ibadah…