Perkuat Program e-Smart IKM, Kemenperin Teken MoU Dengan Gojek, Ralali.com serta Dusdusan.com

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 September 2018 - 18:10 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Gati Wibawaningsih saat menyaksikan penandatanganan MoU antara Ditjen IKM dengan Gojek, Ralali.com, serta Dusdusan.com (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Gati Wibawaningsih saat menyaksikan penandatanganan MoU antara Ditjen IKM dengan Gojek, Ralali.com, serta Dusdusan.com (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), PT Raksasa Laju Lintang (Ralali.com), Serta PT Dusdusan Dotcom (Dusdusan.com).

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Dirjen IKM Gati Wibawaningsih bertepatan dengan peluncuran kompetisi Making Indonesia 4.0 Startup di Ruang Garuda  Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

"Kerja sama ini dilakukan untuk memperkuat program e-Smart IKM yang sudah kami mulai sejak tahun 2017, selain itu juga untuk memperluas akses pasar IKM melalui e-commerce," ungkap Gati. 

Sampai saat ini, program e-Smart IKM telah dilaksanakan di 22 Provinsi dengan melibatkan lima lembaga (Bank Indonesia, BNI, Google, iDEA, dan Kementerian Kominfo) dan Pemerintah Provinsi, Kota serta Kabupaten.

Program e-Smart IKM juga telah bekerjasama dengan lima marketplace dalam negeri yaitu, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, BliBli, dan Blanja.com.

Sampai saat ini, program e-Smart IKM ini telah diikuti oleh lebih dari 4.000 IKM dan membukukan transaksi Rp 1,3 miliar sampai dengan bulan Agustus 2018 lalu. 

Menurut Gati, pemberdayaan IKM melalui teknologi digital juga merupakan salah satu prioritas dalam Making Indonesia 4.0.

"Oleh karena itu, kami harap kerja sama dengan Gojek, Ralali, Dusdusan dapat mengatasi kendala yang dihadapi oleh IKM dalam memasarkan produknya secara online seperti keterbatasan SDM dan kanal marketplace yang sesuai," tutur Gati. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional, Nurhadisaputra pada kampanye dan sosialisasi GIM di Aceh.

Senin, 20 Mei 2024 - 22:07 WIB

Perpusnas Gelar Gerakan Indonesia Gemar Membaca di Aceh

GIM adalah sebuah program yang bertujuan untuk mempromosikan pentingnya membaca sebagai modal utama dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat.

Para pemenang Business Challenge 2024 yang digelar kampus i3L dan Sunyi.

Senin, 20 Mei 2024 - 21:37 WIB

Diikuti 200 Siswa SMA, i3L Business Challenge 2024 Digelar Kampus i3L dan Sunyi

Lebih dari 50 tim dengan total 200 siswa SMA dari berbagai kota di Indonesia mengirimkan proposal ide bisnis mereka dalam kompetisi i3L Business Challenge 2024 yang digelar kampus i3L dan Sunyi.

BSI Maslahat bantu terdampak Banjir Sumatera Barat yang dar hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah setempat. Banjir bandang yang bercampur lahar dingin Gunung Marapi berdampak di beberapa titik.

Senin, 20 Mei 2024 - 21:10 WIB

BSI Maslahat Bantu Korban Banjir Bandang dan Longsor Sumatera Barat

Banjir bandang Sumatera Barat berasal dari hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah setempat. Banjir bandang yang bercampur lahar dingin Gunung Marapi berdampak di beberapa…

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (tengah)

Senin, 20 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kemenperin 'Buka Suara Lantang' Tanggapi Pernyataan Kemenkeu & Kemendag Soal Penumpukan Kontainer Impor

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) angkat suara terkait penumpukan kontainer di beberapa pelabuhan utama seperti, Tanjung Priok, Tanjung Perak, dan Belawan.

Pameran seni Harmony karya Ramrama di Mangkuluhur Artotel Suites.

Senin, 20 Mei 2024 - 20:17 WIB

Mangkuluhur Artotel Suites Gelar pameran Tunggal Harmony Karya Ramrama

Pameran seni Harmony karya Ramrama dipusatkan di Artspace, Mangkuluhur Artotel Suites mulai tanggal 17 Mei 2024 hingga 25 Agustus 2024 dengan tema flora sebagai objek utama karya.