Layanan Kapal Cepat Labunan Bajo-Sumba Sangat Diperlukan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 September 2018 - 13:30 WIB

Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo
Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo

INDUSTRY.co.id - Kupang- Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mendorong hadirnya layanan kapal cepat yang menghubungkan daerah wisata Labuan Bajo, Pulau Flores dengan kota-kota di Pulau Sumba.

"Terutama kami mendorong pihak swasta agar bisa mengadakan layanan kapal cepat dari Labuan Bajo menuju Waingapu atau Tambolaka di Pulau Sumba," kata Marius Ardu Jelamu di Kupang, Jumat.(31/8/2018)

Ia mengatakan banyak masukan dari wisatawan agar pemerintah bisa membuka konektivitas laut maupun udara untuk menghubungkan Labuan Bajo dengan Pulau Sumba.

Wisatawan yang masuk melalui Labuan Bajo dan selanjutnya ke Pulau Sumba, katanya, mengalami kesulitan transportasi karena harus melalui penerbangan menuju Kupang kemudian ke Pulau Sumba.

"Jadi mereka harus memutar lebih jauh, untuk itu kenapa pentingnya kami mendorong ada layanan kapal cepat ini. Kan dekat sekali dari Labuan Bajo ke Tambolaka, Sumba Barat Daya, saya kira kalau kapal cepat hanya satu jam sudah bisa sampai," katanya.

Marius menjelaskan, saat ini kecenderungan minat wisatawan yang datang ke Nusa Tenggara Timur yang pertama ke Labuan Bajo dan selanjutnya ke Pulau Sumba.

Banyak branding pariwisata Pulau Sumba yang memiliki nilai jual tinggi untuk menarik wisatawan seperti kuda sandelwood, tenun ikat, resort terbaik dunia di Nihiwatu, serta Sumba sebagai pulau terbaik di dunia.

"Dari kajian juga menunjukkan bahwa minat wisatawan setelah berkunjung ke Labuan Bajo yaitu ke Pulau Sumba, jadi menggeser minat kunjungan yang sebelumnya ke Taman Nasional Kelimutu," katanya.

Ia mengatakan untuk itu Labuan Bajo dengan Pulau Sumba meski terhubung dengan baik karena sama-sama sebagai daerah wisata unggulan.

Marius menambahkan selain mendorong kehadiran kapal cepat, juga pembukaan layanan penerbangan langsung yang menghubungkan ke dua daerah itu.

"Untuk penerbangan memang persiapannya lebih lama, sehingga kami mendorong pihak ketiga membuka layanan kapal cepat. Kalau ini dibuka maka arus wisatawan ke Pulau Sumba tentu menggeliat dengan sendirinya," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lahan persawahan yang siap panen

Minggu, 29 Maret 2020 - 20:57 WIB

Kabupaten Bogor Panen Raya Padi di Tengah Corona

Kementerian Pertanian (Kementan) terus membantu peningkatan produksi beras di Kabupaten Bogor. Di antaranya melalui terobosan dengan menerapkan program peningkatan produksi dan produktivitas…

Pasien Suspect Virus Corona (Liputan6.com)

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:45 WIB

Kogasgabpad Benarkan Dua Pasien RS Darurat Wisma Atlet Meninggal Dunia

Dua pasien Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet meninggal dunia pada Minggu, berdasarkan informasi yang diterima ANTARA dari Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Wisma Atlet, Jakarta. .

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana (ist)

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:51 WIB

Sembuh dari Corona, Wawako Bandung Yana Mulyana: Alhamdulillah Terimakasih Dokter dan Tenaga Medis

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dinyatakan sembuh dari penyakit Covid-19. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Yana Mulyana kepada KompasTV yang ditayangkan secara langsung pada Minggu…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:00 WIB

Ketua MPR Desak Pemerintah Berikan Perhatian Khusus Pada Sektor Tanaman Pangan

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah agar segera memberi perhatian khusus pada sektor tanaman pangan. Ditengah proses kerusakan pada sektor ekonomi global saat ini, tantangan…

Dukung Industri Fiber Infrastruktur FiberStar Meresmikan Kantor Regional di Palembang

Minggu, 29 Maret 2020 - 17:00 WIB

Industri Telekomunikasi Bergerak, FiberStar Gelar Jaringan di Palembang

Dalam rangka komitmen dan upaya peningkatan kualitas layanan terhadap pelanggan khususnya di wilayah Sumatera bagian Selatan, FiberStar meresmikan Kantor Regional Sumatera Selatan baru yang…