Layanan Kapal Cepat Labunan Bajo-Sumba Sangat Diperlukan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 September 2018 - 13:30 WIB

Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo
Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo

INDUSTRY.co.id - Kupang- Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mendorong hadirnya layanan kapal cepat yang menghubungkan daerah wisata Labuan Bajo, Pulau Flores dengan kota-kota di Pulau Sumba.

"Terutama kami mendorong pihak swasta agar bisa mengadakan layanan kapal cepat dari Labuan Bajo menuju Waingapu atau Tambolaka di Pulau Sumba," kata Marius Ardu Jelamu di Kupang, Jumat.(31/8/2018)

Ia mengatakan banyak masukan dari wisatawan agar pemerintah bisa membuka konektivitas laut maupun udara untuk menghubungkan Labuan Bajo dengan Pulau Sumba.

Wisatawan yang masuk melalui Labuan Bajo dan selanjutnya ke Pulau Sumba, katanya, mengalami kesulitan transportasi karena harus melalui penerbangan menuju Kupang kemudian ke Pulau Sumba.

"Jadi mereka harus memutar lebih jauh, untuk itu kenapa pentingnya kami mendorong ada layanan kapal cepat ini. Kan dekat sekali dari Labuan Bajo ke Tambolaka, Sumba Barat Daya, saya kira kalau kapal cepat hanya satu jam sudah bisa sampai," katanya.

Marius menjelaskan, saat ini kecenderungan minat wisatawan yang datang ke Nusa Tenggara Timur yang pertama ke Labuan Bajo dan selanjutnya ke Pulau Sumba.

Banyak branding pariwisata Pulau Sumba yang memiliki nilai jual tinggi untuk menarik wisatawan seperti kuda sandelwood, tenun ikat, resort terbaik dunia di Nihiwatu, serta Sumba sebagai pulau terbaik di dunia.

"Dari kajian juga menunjukkan bahwa minat wisatawan setelah berkunjung ke Labuan Bajo yaitu ke Pulau Sumba, jadi menggeser minat kunjungan yang sebelumnya ke Taman Nasional Kelimutu," katanya.

Ia mengatakan untuk itu Labuan Bajo dengan Pulau Sumba meski terhubung dengan baik karena sama-sama sebagai daerah wisata unggulan.

Marius menambahkan selain mendorong kehadiran kapal cepat, juga pembukaan layanan penerbangan langsung yang menghubungkan ke dua daerah itu.

"Untuk penerbangan memang persiapannya lebih lama, sehingga kami mendorong pihak ketiga membuka layanan kapal cepat. Kalau ini dibuka maka arus wisatawan ke Pulau Sumba tentu menggeliat dengan sendirinya," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…

Ilustrasi SDM Industri

Senin, 22 April 2019 - 19:45 WIB

Sektor Industri Mampu Serap 672 Ribu Tenaga Kerja per Tahun

Kementerian Perindustrian terus berperan aktif menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan dunia industri.

Jimly Asshiddiqie Ketum ICMI (Foto: Teropong Senayan)

Senin, 22 April 2019 - 19:30 WIB

Jimly: Sebaiknya Jokowi-Prabowo Bertemu Silaturahmi

Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Prof Dr Jimly Asshiddiqie menganjurkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk…