Kadin: Hubungan Taiwan-Indonesia Saling Melengkapi

Oleh : Anisa Triyuli | Jumat, 13 Juli 2018 - 14:02 WIB

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Shinta Widjaja Kamdani menilai hubungan kerja sama antara Indonesia dan Taiwan bisa saling melengkapi kebutuhan masing-masing.

Menurut dia, Kebijakan Baru ke Arah Selatan yang digagas Taiwan bagi Indonesia bisa dimanfaatkan dalam menciptakan pasar yang kompetitif.

"Kebijakan ini tidak hanya menjalin kerja sama ekonomi, tapi juga hubungan masyarakat-ke-masyarakat. Terlebih untuk pelatihan tenaga kerja," tutur Shinta dalam sebuah diskusi politik internasional di Jakarta, Kamis (12/7/2018)

Kadin berpendapat, sektor lain yang memiliki potensi positif bagi hubungan kedua negara ialah pada pariwisata, pengembangan infrastruktur dan sumber daya alam, serta manufaktur.

"Taiwan sudah terkenal akan produk-produk digital dan teknologi tinggi," pungkas Shinta menambahkan.

Menurut informasi yang diberikan Shinta, Taiwan yang kini menjadi investor terbesar ke-13 di Indonesia berencana ingin berinvestasi di sektor infrastruktur dan pariwisata, dengan nilai mencapai Rp50,4 triliun.

Namun dia belum bisa memberikan kepastian kapan atau seperti apa rencana tersebut akan diwujudkan di dalam negeri.

Dalam kesempatan yang sama, pakar studi ASEAN dari National Chengchi University mengatakan bahwa Kebijakan Baru ke Arah Selatan yang digagas Presiden Tsai Ing-wen merupakan langkah besar untuk mencari pasar baru bagi Taiwan di kawasan sekitar.

"Melalui kebijakan ini, Taiwan juga tidak ingin bergantung pada pasar di China. Tapi beralih ke pasar yang lebih luas di Asia," kata Direktur Eksekutif Pusat Studi Asia Tenggara Alan Hao Yang.

Berbeda dengan Kebijakan ke Selatan yang sebelumnya diadaptasi, kebijakan baru ini lebih mengedepankan pembangunan hubungan yang lebih dalam dengan pendekatan masyarakat-ke-masyarakat.

Bagi Taiwan, konsep pendekatan demikian dirasa efektif untuk diaplikasikan ke Indonesia mengingat WNI yang berada di Taiwan mencapai sekitar 250 ribu orang, baik sebagai buruh migran maupun pelajar.

Dengan konsep tersebut, diharapkan Taiwan bisa menjalin hubungan dengan negara-negara lain tidak hanya dengan menjembatani kepentingan eksternal, tapi juga dari dalam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama IHC drg. Mira Dyah Wahyuni, MARS

Selasa, 30 April 2024 - 14:19 WIB

IHC dan Singhealth Tandatangani Perjanjian Untuk Berkolaborasi Dalam Meningkatkan Perawatan Pasien

PT Pertamina Bina Medika – Indonesia Healthcare Corporation (IHC), sebuah holding RS BUMN, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan SingHealth, grup layanan kesehatan masyarakat…

Temu Industri 2

Selasa, 30 April 2024 - 14:02 WIB

Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Kompeten, Unit Pendidikan Kemenperin Aktif Jalin Kemitraan Strategis dengan Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong unit pendidikan vokasi binaannya agar aktif menjalin kerja sama dengan berbagai mitra potensial khususnya sektor industri. Hingga saat…

Dari ki-ka: Direktur Teknologi Informasi BSI Saladin Dharmanugraha Effendi, Direktur Kepatuhan & SDM BSI Tribuana Tunggadewi, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Direktur Keuangan & Strategi BSI Ade Cahyo Nugroho, Direktur Penjualan & Distribusi BSI Anton Sukarna, dan Direktur Manajemen Risiko BSI Grandhis Helmi Harumansyah saat penyampaian kinerja triwulan I 2024

Selasa, 30 April 2024 - 13:57 WIB

BSI Cetak Laba Impresif Rp1,71 Triliun Hingga Maret 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mampu menjaga kinerja positif dan berhasil mencetak laba senilai Rp1,71 triliun pada kuartal I/2024, di tengah tantangan dan kondisi ekonomi global yang fluktuatif.…

Pasokan Listrik Aman Meski Terjadi Gempa di Garut, PGE Area Kamojang Siap Menjamin Kestabilan

Selasa, 30 April 2024 - 13:40 WIB

Pasokan Listrik Aman Meski Terjadi Gempa di Garut, PGE Area Kamojang Siap Menjamin Kestabilan

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) Area Kamojang memastikan kelangsungan pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Kamojang tetap dalam kondisi aman meski terjadi…

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif

Selasa, 30 April 2024 - 13:29 WIB

Kemenperin: Industri Pengolahan Masih Ekspansif Ditengah Penurunan Iklim Usaha Global

Konflik yang masih terus berlangsung di Timur Tengah, yaitu antara Iran-Israel, Israel-Palestina, maupun yang tengah terjadi di Laut Merah, serta ketidakstabilan kondisi ekonomi global mendorong…