Posko ESDM Klaim H-5 Idul Fitri, Penyediaan Listrik Nasional Berjalan Normal

Oleh : Hariyanto | Selasa, 12 Juni 2018 - 12:02 WIB

Pembangkit Listrik
Pembangkit Listrik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tim Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan kondisi sistem ketenagalistrikan nasional pada H-5 Idul Fitri (10 Juni 2018) berjalan normal. 

Beban puncak malam hari per tanggal 9 Juni 2018 sebagian besar juga dalam kondisi Normal. Hanya sistem Kalimantan Barat (Kalbar) yang berada pada status Siaga.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama, Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, berdasar laporan posko ESDM, rata-rata listrik nasional dalam kondisi normal, hanya satu sistem yakni Kalbar yang Siaga dikarenakan masih kurangnya cadangan operasi.

"Masih menunggu beroperasinya PLTU Kalbar unit 3 dengan kapasitas 2X50 MW, dimana satu unit sedang komisioning dan satu lainnya akan komisioning bulan September nanti,"ungkap Agung Pribadi di Jakarta (10/6/2018) lalu.

Kondisi Siaga ini, lanjut Agung, bukan karena penyediaan yang tidak cukup, namun lebih karena suplai yang ada belum cukup memenuhi kriteria cadangan operasi, dimana kondisi Normal terjadi bila kapasitas cadangan daya minimal sama dengan pembangkit terbesar pada sistem tersebut, untuk Kalbar yaitu pembangkit Sesco 90 MW.

Agung mengungkapkan, dari 22 sistem ketenagalistikan yang ada, kondisinya berkecukupan sehingga masyarakat bisa menyambut Hari Raya dengan tenang. Tim posko melaporkan, secara keseluruhan daya mampu pasok nasional sebesar 35.323,02 MW dan beban puncak sebesar 32.094,36 MW sehingga kapasitas cadangan daya nasional sebesar 3.155,47 MW.

Agung menambahkan, di samping membentuk Posko Nasional, untuk mempermudah pengawasan dan pengaduan dari masyarakat pada periode Hari Raya Idul Fitri 2018 di bidang energi, Kementerian ESDM telah menyediakan layanan call center di nomor 1-500-335 yang akan melayani informasi dan pengaduan masyarakat terkait penyediaan energi di seluruh wilayah Indonesia. Terkait penyediaan listrik PLN, masyarakat juga bisa menghubungi PLN pada call center 123.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama Grab dan Pegadaian

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:51 WIB

Jaring Nasabah Baru, Pegadaian dan Grab Kerjasama Produk #PegadaianGrabBenefit

Kerjasama ini merupakan bentuk program #PegadaianGrabBenefit yang bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yaitu Mitra Grab serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna…

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:48 WIB

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:02 WIB

Dukung Industri Interior Indonesia, Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition kembali mengumumkan kolaborasi konsep unik & kreatif dalam rangka menyelenggarakan pameran…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:00 WIB

Tanpa Penjelasan Pasti, Balap Sepeda TdF dan TdT Ditiadakan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Wayan Darmawa mengatakan pemerintah Provinsi NTT tidak menggelar kegiatan balap sepeda Tour de Flores (TdF) dan Tour…

Data Analyst Moka Hutami Nadya

Rabu, 22 Mei 2019 - 11:41 WIB

Semangat Bantu UKM, Moka Berbagi Strategi Bisnis dengan Tren Data Ramadan

Melalui medium microsite dan e-book Ramadan yang dapat diakses secara gratis, paparan data ini memberikan tiga gambaran utama untuk bisnis, yaitu dengan menunjukkan tren ritel dan F&B selama…