Tebus Barang di Pegadaian Jelang Lebaran Meningkat

Oleh : Herry Barus | Senin, 28 Mei 2018 - 09:52 WIB

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso
Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pegadaian (Persero) memperkirakan tebus barang menjelang Lebaran tahun 2018 akan meningkat sebagai modal bagi nasabah untuk menyiapkan mudik ke berbagai kota tujuan di Indonesia.

Direktur Utama Pegadaian, Sunarso, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (27/5/2018) menyatakan setiap menjelang Lebaran biasanya lebih banyak warga masyarakat yang menebus barang daripada menggadaikan barang.

"Tebus barang tahun ini kemungkinan meningkat didorong oleh cairnya THR dan gaji ke-13 para PNS dan pensiunan yang berlaku pada tahun ini, sehingga mereka akan mengambil kembali barang gadainya untuk digunakan pada hari Lebaran mendatang," kata Sunarso.

Ia menjelaskan barang gadai yang terbanyak ditebus menjelang Lebaran biasanya masih didominasi oleh perhiasan emas dengan kisaran 90 persen dari seluruh barang tebusan.

Ada pun proporsi antara tebus dan gadai barang masing-masing sekitar 70 persen dan 30 persen.

Sunarso menambahkan warga masyarakat yang menggadaikan barang menjelang Lebaran biasanya untuk keperluan Lebaran di luar kota.

"Banyak barang pribadi seperti kendaraan, emas dan barang elektronik digadaikan untuk pembiayaan Lebaran, sekaligus lebih aman dari pada dibiarkan di rumah kosong," kata dia.

Selain itu, libur Lebaran tahun ini cukup panjang sehingga banyak juga nasabah Pegadaian yang menitipkan barang berharga mereka, terutama perhiasan ke Pegadaian untuk faktor keamanan.

Untuk memberikan rasa aman, semua outlet Pegadaian dijaga selama 24 jam oleh petugas keamanan. Selain itu, semua outlet Pegadaian juga dilengkapi oleh kamera keamanan atau CCTV.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…