Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Nasional, Pemerintah Genjot Program Lisrik Desa

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 Mei 2018 - 08:48 WIB

Pengangkutan tiang-tiang listrik
Pengangkutan tiang-tiang listrik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah terus menggenjot Program Listrik Desa (LISSA) sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional. 

Hal ini sebagai upaya mewujudkan energi yang berkeadilan di seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk menerangi desa-desa di nusantara yang selama ini belum berlistrik. Target Pemerintah, rasio elektrifikasi nasional akan lebih dari 99% pada 2019. 

Program LISSA masih terus dilakukan, termasuk di wilayah pedalaman Kalimantan. Saat inj, 100% desa atau sebanyak 1.502 desa di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, sudah berlistrik.

Hadirnya listrik menjadi semangat baru bagi masyarakat Desa Beringin Agung, Kecamatan Samboja, Kalimantan Timur. Pasalnya, sekarang listrik sudah bisa menyala 24 jam di desa tersebut.

"Sebelum ada listrik PLN, warga di sini menggunakan genset, hanya sanggup menyala empat jam saja, karena biaya untuk genset mahal," ungkap Yuliani, salah seorang warga di Desa Beringin Agung.

Menurutnya, sebelumnya listrik di desanya hanya bisa dinikmati oleh warga yang memiliki genset saja. Itu pun tidak bisa lama, karena biaya genset yang cukup mahal. Mereka membayar biaya Rp.100 ribu - Rp.250 ribu per bulan untuk listrik yang hanya menyala paling lama empat jam dalam sehari.

Tantangan untuk melistriki pelosok negeri tidaklah sederhana. Salah satunya pengangkutan tiang-tiang listrik dengan berat 233 kg hingga 581 kg di lokasi yang minim transportasi, sehingga harus digotong dan diangkut menggunakan tenaga manusia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…