Karena Manfaat Sehat Ini Kurma Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 21 Mei 2018 - 15:00 WIB

Kurma (Foto : iStock)
Kurma (Foto : iStock)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kurma buah asal timur tengah ini punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya. Buah ini juga indentik dengan bulan Ramadan.

Biasanya, dibulan Ramadan saat berbuka dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa buah kurma dan segelas air putih. Ini karena kurma memiliki manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Dikutip dari Lagizi, berikut ini manfaat mengkonsumsi kurma setiap hari di bulan ramadan.

Pasokan energi

Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bermanfaat sebagai pemasok energi sesaat setelah berbuka. Dalam sebutir kurma mengandung 23 kalori. Sementara itu, untuk 100 gram kurma (sekitar 8-10 butir) mengandung karbohidrat sebanyak 73,5 gr, serat 7,5 gr, gula 66 gr, protein 2 gr dan lemak 0,45 gr.

Selain itu, Selain itu, kurma juga mengandung banyak mineral dan vitamin. Selain itu, kurma juga mengandung kalsium 32 mg, magnesium 35 mg, selenium 1,9 gr, fosfor 40 mg dan potassium 652 gr. Disarankan mengonsumsi 1-3 butir kurma saat berbuka.

Menguatkan Tulang

Kandungan mineral yang tinggi pada buah kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang, sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Melancarkan Pencernaan

Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, memperlancar buang air besar, mencegah konstipasi, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Konsumsi buah kurma secara rutin juga dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patogen dan membantu menstimulasi bakteri baik pada usus. Kandungan serat larut dan tidak larut, serta asam amino bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien sehingga lebih banyak nutrisi yang akan diserap oleh sistem pencernaan.

Mencegah Anemia

Kurma juga mengandung zat besi yang bisa jadi pencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada dalam buah ini bisa membantu atasi anemia yang memiliki gejala seperti perasaan lelah dan lesu. Dengan rajin makan kurma tentu pasokan energi dan kekuatan akan kembali.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kurma jadi salah satu buah kering yang sehat untuk jantung. Kurma juga jadi sumber pottasium yang sangat baik untuk kurangi risiko stroke dan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Tak hanya itu, konsumsi kurma juga akan menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh yang sebabkan kenaikan berat badan dan penyakit kardiovaskular.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 05 April 2020 - 07:02 WIB

Permudah Transaksi Nasabah Korporasi, CIMB Niaga Luncurkan Bizchannel@CIMB

Chief of Corporate Banking and Financial Institution CIMB Niaga Rusly Johannes mengatakan, CIMB Niaga senantiasa memberikan dukungan layanan perbankan secara maksimal kepada nasabah Korporasi…

Budi Tampubolon Ketua Dewan Pengurus AAJI

Minggu, 05 April 2020 - 06:30 WIB

Pandangan AAJI Atas Kebijakan Countercyclical OJK bagi Perusahaan Perasuransian

Jakarta-Menindaklanjuti surat OJK nomor S-11/D.05/2020 tanggal 30 Maret 2020 perihal tersebut diatas, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Fitur Smart Shodaqoh BNI Syariah

Minggu, 05 April 2020 - 06:20 WIB

Rilis Fitur Smart Shadaqah, Cara BNI Syariah Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Sampai Desember 2019, outstanding pembiayaan BNI iB Hasanah Card sebesar Rp 345,76 miliar dengan jumlah pengguna sebesar 312,535 nasabah.

Surat Himbauan Menunda Mudik Dari Gubernur Sumbar

Minggu, 05 April 2020 - 05:40 WIB

Tulis Surat Kepada Perantau Minangkabau, Gubernur Sumbar: Dunsanak Kami Dimanapun Berada, Mohon Tunda Rencana Pulang Kampung

"Sekali lagi kami mengimbau untuk para perantau Bapak/Ibu/Sdr-i, dan dunsanak kami dimanapun berada, untuk menunda rencana kepulangan ke kampung halaman," tutup Irwan Prayitno.

Upaya Kamla Zona Maritim Tengah Cegah Penyebaran COVID-19 di Sulut

Minggu, 05 April 2020 - 04:40 WIB

Upaya Kamla Zona Maritim Tengah Cegah Penyebaran COVID-19 di Sulut

Virus Corona (COVID-19), Kamla Zona Maritim Tengah meningkatkan pengawasan terhadap personel Bakamla RI sebagai tindakan preventif penyebaran virus corona di wilayah kerja Sulawesi Utara, Sabtu…