Program Bekerja Kementan Menginspirasi

Oleh : Wiyanto | Rabu, 09 Mei 2018 - 13:10 WIB

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Purbalingga- Bupati Purbalingga, H Tasdi, terinspirasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) Kementerian Pertanian dalam meningkatkan derajat masyarakat pra sejahtera. Sebab, Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu daerah termiskin di Provinsi Jawa Tengah.

"Ini sangat menginspirasi kami,  bagaimana dengan memberi ayam sebanyak 50 ekor kepada tiap keluarga, dapat meningkatkan pendapatan keluarga pra sejahtera.  Kami ingin tiru, bagaimana setelah rumahnya bagus, jambannya bagus, orangnya bisa berdaya saing secara ekonomi," ujarnya di sela - sela peluncuran Program BEKERJA di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jateng, Selasa (8/5/2018).

Program BEKERJA merupakan upaya Kementerian Pertanian mengentaskan kemiskinan di Tanah Air berbasis pertanian dengan tiga tahapan, yaitu Jangka Pendek, Jangka Menengah, dan Jangka Panjang. Secara keseluruhan, kebijakan ini akan digelar di 1.000 desa di 100 kabupaten se-Indonesia.

Tiap rumah tangga pra sejahtera menerima bantuan 50 ekor ayam, dua ekor kambing /domba, dan 20 ekor kelinci. Bantuan ternak ayam dilengkapi kandang dan pakan selama enam bulan. Ada juga bantuan berupa bibit komoditas hortikultura dan perkebunan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyatakan demikian, mengingat kemiskinan di Kabupaten Purbalingga angkanya sekitar 18,18 persen. Angka tersebut, menempatkan Kabupaten Purbalingga sebagai daerah termiskin nomor empat di  Provinsi Jawa Tengah setelah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Brebes.

Karenanya, mantan Ketua DPRD Purbalingga itu senang dengan kehadiran perdana Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, apalagi kedatangan Mentan memberikan motivasi mengentaskan kemiskinan.

"Semoga apa yang dilakukan Menteri Pertanian bermanfaat dunia-akhirat dan mampu mengentaskan kemiskinan," ucap Tasdi. Program BEKERJA ini sebelumnya dilakukan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Selain Kabupaten Purbalingga, Kementerian Pertanian bakal menyasar Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes sebagai lokasi Program BEKERJA di Provinsi Jawa Tengah. Total sasaran penerima adalah 48.915 Kepala Keluarga rumah tangga miskin di 176 desa di 12 kecamatan di tiga kabupaten.

Tasdi menambahkan, Kabupaten Purbalingga memiliki beragam potensi, diantaranya, produsen terbesar bulu mata, knalpot, dan nomor empat potensi pariwisata se-Jateng, serta memiliki beragam kuliner. "Jadi, walaupun miskin, kami berdaya untuk ekonomi," jelasnya.

Bahkan, dia menyebut semangat masyarakat Purbalingga seperti semangat Panglima Jenderal Besar Soedirman,  yang merupakan Jenderal besar kelahiran Purbalingga.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…