Program Bekerja Kementan Menginspirasi

Oleh : Wiyanto | Rabu, 09 Mei 2018 - 13:10 WIB

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Purbalingga- Bupati Purbalingga, H Tasdi, terinspirasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) Kementerian Pertanian dalam meningkatkan derajat masyarakat pra sejahtera. Sebab, Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu daerah termiskin di Provinsi Jawa Tengah.

"Ini sangat menginspirasi kami,  bagaimana dengan memberi ayam sebanyak 50 ekor kepada tiap keluarga, dapat meningkatkan pendapatan keluarga pra sejahtera.  Kami ingin tiru, bagaimana setelah rumahnya bagus, jambannya bagus, orangnya bisa berdaya saing secara ekonomi," ujarnya di sela - sela peluncuran Program BEKERJA di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jateng, Selasa (8/5/2018).

Program BEKERJA merupakan upaya Kementerian Pertanian mengentaskan kemiskinan di Tanah Air berbasis pertanian dengan tiga tahapan, yaitu Jangka Pendek, Jangka Menengah, dan Jangka Panjang. Secara keseluruhan, kebijakan ini akan digelar di 1.000 desa di 100 kabupaten se-Indonesia.

Tiap rumah tangga pra sejahtera menerima bantuan 50 ekor ayam, dua ekor kambing /domba, dan 20 ekor kelinci. Bantuan ternak ayam dilengkapi kandang dan pakan selama enam bulan. Ada juga bantuan berupa bibit komoditas hortikultura dan perkebunan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyatakan demikian, mengingat kemiskinan di Kabupaten Purbalingga angkanya sekitar 18,18 persen. Angka tersebut, menempatkan Kabupaten Purbalingga sebagai daerah termiskin nomor empat di  Provinsi Jawa Tengah setelah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Brebes.

Karenanya, mantan Ketua DPRD Purbalingga itu senang dengan kehadiran perdana Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, apalagi kedatangan Mentan memberikan motivasi mengentaskan kemiskinan.

"Semoga apa yang dilakukan Menteri Pertanian bermanfaat dunia-akhirat dan mampu mengentaskan kemiskinan," ucap Tasdi. Program BEKERJA ini sebelumnya dilakukan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Selain Kabupaten Purbalingga, Kementerian Pertanian bakal menyasar Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes sebagai lokasi Program BEKERJA di Provinsi Jawa Tengah. Total sasaran penerima adalah 48.915 Kepala Keluarga rumah tangga miskin di 176 desa di 12 kecamatan di tiga kabupaten.

Tasdi menambahkan, Kabupaten Purbalingga memiliki beragam potensi, diantaranya, produsen terbesar bulu mata, knalpot, dan nomor empat potensi pariwisata se-Jateng, serta memiliki beragam kuliner. "Jadi, walaupun miskin, kami berdaya untuk ekonomi," jelasnya.

Bahkan, dia menyebut semangat masyarakat Purbalingga seperti semangat Panglima Jenderal Besar Soedirman,  yang merupakan Jenderal besar kelahiran Purbalingga.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT. CAR SOME INDONESIA (Carsome), sebuah perusahaan penyedia layanan jual beli mobil berbasis aplikasi digital.

Jumat, 21 Juni 2019 - 06:09 WIB

Carsome Diduga Melanggar Aturan dalam Praktik Bisnis Jual Beli Mobil

Masyarakat Peduli Hukum Teknologi Indonesia (MPHTI) melayangan aduannya ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait praktik jual beli yang dilakukan PT. CAR SOME INDONESIA (Carsome),…

Jenny Widjaja, selaku pendiri Paberik Mie tampak antusias menyambut pengunjung menikmati kuliner mie ayam sehat dan alami

Jumat, 21 Juni 2019 - 05:50 WIB

Waralaba Paberik Mie, Bisnis Sehat dan Aman

Bagi Anda pengunjung Pekan Raya Jakarta, JIExpo Kemayoran selain menikmati hiburan live musik, kurang pas tanpa menjajaki aneka kuliner disana. Dari bermacam aneka kuliner yang hadir disana,…

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.

Jumat, 21 Juni 2019 - 03:46 WIB

Volvo Trucks Hadirkan Inovasi Setir Mobil Anti Lelah

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia. Pada demonstrasi produk di Sentul Kamis (20/6/2019). V

Pemenang Traveloka Experience

Kamis, 20 Juni 2019 - 23:16 WIB

Traveloka Xperience Hadir Tawarkan Ribuan Pengalaman Menyenangkan di Seluruh Dunia

Tahukah Anda bahwa kebutuhan hiburan dan gaya hidup orang Indonesia meningkat secara signifikan belakangan ini? Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2015 hingga 2017, secara…

Lion Air (Ist)

Kamis, 20 Juni 2019 - 22:00 WIB

Lion Air Mengajak Millennials Traveling Jelajahi Destinasi Indonesia

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan program promo yang bertemakan #wujudkanmimpiterbang untuk rute penerbangan domestik. Tarif spesial ini bertepatan…