Ini 10 Menu Makanan Vegetarian Terlezat di Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Mei 2018 - 13:45 WIB

Gado-Gado (Istimewa)
Gado-Gado (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selain berwisata, ternyata para wisatawan yang datang ke berbagai dunia mencari kuliner vegetarian yang mereka kunjungi. Komunitas vegetarian di dunia mencapai 500 juta orang, yang terbesar di India sebanyak 350 juta dan China 50 juta.

Posisi Indonesia saat ini menurut The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel masuk dalam peringkat ke-16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries.

"Ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi salah satu negara tujuan destinasi wisata vegetarian kelas dunia dan banyak diminati para wisatawan dari komunitas vegetarian dunia,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya saat jumpa pers Konser Budaya Alam Nusantara di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Dari Top-20 Vegetarian-Friendly Countries, negara Seychelles berada di urutan teratas, sedangkan Thailand urutan kedua, dan Malaysia urutan ketiga. Jumlah restoran vegetarian di Indonesia sebanyak 438 restoran, sedangkan Malaysia memiliki 1.185 restoran, Thailand 908 restoran, dan Singapura memiliki 654 restoran vegetarian.

Menurut Menpar, kalangan komunitas vegetarian di Indonesia telah mengembangkan 10 destinasi digital vegetarian di antaranya ada yang sudah me-launching yakni di Belitung, kemudian Banten, Tomohon, Batam, serta Pontianak.

Selain itu juga sudah menetapkan 10 makanan terlezat vegetarian di Indonesia antara lain gado-gado, ketoprak, nasi goreng, urap, gudeg, lontong sayur, sayur asem, pecel, dan tempe.

“Awalnya ketika ditanya apa ada destinasi wisata vegetarian di Indonesia, ternyata sudah ada di Belitung, obyeknya desa wisata dengan kebun organik, begitu pula kulinernya sudah ada 10 jenis makanan vegetarian terfavorit di antaranya gado-gado, nasi goreng, dan pecel,” kata Arief Yahya.  

Konser Budaya Alam Nusantara (KBAN) 2018 akan berlangsung di Ciputra Artpreneur Kuningan Jakarta pada Minggu, 6 Mei 2018. Konser Budaya Alam Nusantara yang digelar oleh Rumah Alam Bahagia dengan mengangkat tema ‘Harmonis Merangkai Keragaman Menuju Dunia Satu Keluarga’ tersebut dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan komunitas vegetarian untuk mendukung pengembangan kepariwisataan Indonesia.

Konser musik KBAN menampilkan perpaduan budaya nusantara dan tembang alam dalam bentuk orkestra, tarian, dan tarik suara dengan menampilkan artis penyanyi, penari serta kompok orkestra antara lain; Cakra Khan, Egi Fedly, Gus Tedja, Exuberant Forest and Prismatic Light Youth Team, Surya Orchestra & Surya Vocalia, Nusantara Parade, dan  Batavia Dancer.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT SUCOFINDO (Persero) melaksanakan kegiatan web seminar (webinar) guna mendukung peningkatan daya saing industri melalui kalibrasi peralatan operasi secara berkala.

Rabu, 23 September 2020 - 21:10 WIB

Dukung Peningkatan Daya Saing Industri, SUCOFINDO Sharing Pentingnya Kalibrasi Peralatan Operasi Secara Berkala

Jakarta (22/09) - PT SUCOFINDO (Persero) melaksanakan kegiatan web seminar (webinar) guna mendukung peningkatan daya saing industri melalui kalibrasi peralatan operasi secara berkala.

Tingkatkan Kolaborasi, Pemprov DKI dan Bank DKI gandeng Gopay untuk Mudahkan pembayaran pajak

Rabu, 23 September 2020 - 20:37 WIB

Mudahkan Pembayaran Pajak! Kini Pemprov DKI dan Bank DKI Gandeng Gopay

Jakarta – Permudah warga Jakarta melakukan pembayaran PBB secara praktis, Bank DKI dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan GoPay, uang elektronik bagian…

Kunjungan Mappilu PWI Dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PWI Pusat

Rabu, 23 September 2020 - 20:30 WIB

Aziz Syamsuddin: Pensiunan ASN dan TNI-POLRI Perlu Jeda 5 Tahun Terjun ke Politik

Sekertaris Mappilu PWI mengatakan wacana yang dilontarkan Aziz terkait perlunya jeda lima tahun bagi pensiunan ASN dan TNI-Polri untuk terjun ke politik praktis menjadi wacana yang patut didiskusikan…

Serah terima bantuan PT PP ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati

Rabu, 23 September 2020 - 20:26 WIB

PTPP Salurkan Bantuan Logistik ke Rumah Sakit di Jakarta

PT PP (Persero) Tbk, menyalurkan kebutuhan logistik Tim Medis ke Rumah Sakit Polri dan Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu. Bantuan logistic yang diberikan kepada masing-masing Rumah Sakit…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…