Ini 10 Menu Makanan Vegetarian Terlezat di Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Mei 2018 - 13:45 WIB

Gado-Gado (Istimewa)
Gado-Gado (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selain berwisata, ternyata para wisatawan yang datang ke berbagai dunia mencari kuliner vegetarian yang mereka kunjungi. Komunitas vegetarian di dunia mencapai 500 juta orang, yang terbesar di India sebanyak 350 juta dan China 50 juta.

Posisi Indonesia saat ini menurut The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel masuk dalam peringkat ke-16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries.

"Ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi salah satu negara tujuan destinasi wisata vegetarian kelas dunia dan banyak diminati para wisatawan dari komunitas vegetarian dunia,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya saat jumpa pers Konser Budaya Alam Nusantara di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Dari Top-20 Vegetarian-Friendly Countries, negara Seychelles berada di urutan teratas, sedangkan Thailand urutan kedua, dan Malaysia urutan ketiga. Jumlah restoran vegetarian di Indonesia sebanyak 438 restoran, sedangkan Malaysia memiliki 1.185 restoran, Thailand 908 restoran, dan Singapura memiliki 654 restoran vegetarian.

Menurut Menpar, kalangan komunitas vegetarian di Indonesia telah mengembangkan 10 destinasi digital vegetarian di antaranya ada yang sudah me-launching yakni di Belitung, kemudian Banten, Tomohon, Batam, serta Pontianak.

Selain itu juga sudah menetapkan 10 makanan terlezat vegetarian di Indonesia antara lain gado-gado, ketoprak, nasi goreng, urap, gudeg, lontong sayur, sayur asem, pecel, dan tempe.

“Awalnya ketika ditanya apa ada destinasi wisata vegetarian di Indonesia, ternyata sudah ada di Belitung, obyeknya desa wisata dengan kebun organik, begitu pula kulinernya sudah ada 10 jenis makanan vegetarian terfavorit di antaranya gado-gado, nasi goreng, dan pecel,” kata Arief Yahya.  

Konser Budaya Alam Nusantara (KBAN) 2018 akan berlangsung di Ciputra Artpreneur Kuningan Jakarta pada Minggu, 6 Mei 2018. Konser Budaya Alam Nusantara yang digelar oleh Rumah Alam Bahagia dengan mengangkat tema ‘Harmonis Merangkai Keragaman Menuju Dunia Satu Keluarga’ tersebut dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan komunitas vegetarian untuk mendukung pengembangan kepariwisataan Indonesia.

Konser musik KBAN menampilkan perpaduan budaya nusantara dan tembang alam dalam bentuk orkestra, tarian, dan tarik suara dengan menampilkan artis penyanyi, penari serta kompok orkestra antara lain; Cakra Khan, Egi Fedly, Gus Tedja, Exuberant Forest and Prismatic Light Youth Team, Surya Orchestra & Surya Vocalia, Nusantara Parade, dan  Batavia Dancer.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…