Apakah Sushi Menyehatkan? Begini Penjelasannya dari Para Ahli Gizi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 April 2018 - 15:00 WIB

Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)
Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Makakanan khas Jepang, Sushi sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, makanan siap saji yang bergizi ini sudah dikenal oleh seluruh dunia. Namun, apakah sushi dapat menyehatkan tubuh?

Dikutip dari times, Selasa (24/4/2018), menurut Katherine Zeratsky, seorang Ahli Gizi dan Profesor Nutrisi di Mayo Clinic mengatakan, "Sushi memilki semua bahan yang menyehatkan, misalnya diisi dengan ikan segar, dilapisi dengan lembaran rumput laut yang disajikan dalam gulungan kecil dan rapi," katanya.

Namun, menurut Isabel Maples, ahli diet dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diets mengatakan bahwa salah satu masalah terbesar yaitu mengkontrol saat mengkonsumsi sushi. Meskipun sushi memiliki banyak kalori dan bergizi. Ternyata, satu gulungan sushi yang dipotong menjadi enam hingga sembilan potong dapat berisi sebanyak 500 kalori.

Sebagian besar kalori berasal dari beras putih lengket yang memegang gulungan Anda bersama-sama. Nasi sushi biasanya dibuat dengan menambahkan cuka dan gula, dan gula memberi lebih banyak kalori daripada nasi, kata Zeratsky.

Nasi sushi lengket manis ini juga ditepuk dan dikemasi selama proses memasak dan perakitan, jadi Anda bisa mengonsumsi setengah cangkir untuk seluruh cangkir nasi putih hanya dalam satu gulung, kata Nancy Farrell, seorang ahli gizi diet yang berada di Fredericksburg , Va.

"Sangat mudah untuk memasukkannya ke mulut Anda" tanpa menyadari berapa banyak nasi yang Anda makan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) (ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:32 WIB

Semester I 2019, Pendapatan TBIG Rp2,2 Triliun

Jakarta -- PT Tower Bersama Infrastructure Tbk mencatat pendapatan dan EBITDA masing-masing sebesar Rp2.277 miliar dan Rp1.941 miliar untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni…

Kegiatan Semen Tonasa, salah satu produk Semen Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:01 WIB

Semen Indonesia Siap Bersaing di Pasar Regional

Jakarta – Di tengah kondisi pasar semen nasional yang kompetitif, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berhasil mencatatkan volume penjualan hinga Juli 2019 untuk pasar semen domesik diluar Solusi…