Survei: Orang Indonesia Lebih Menyukai Makanan Berkarbohidrat Tinggi Untuk Sarapan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 April 2018 - 21:54 WIB

Ilustrasi Makan (Ist)
Ilustrasi Makan (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition merilis sejumlah temuan dari survei bertajuk "Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik (Asia Pacific Healthy Breakfast Survey)" yang ditujukan untuk mengetahui kebiasaan dan pola sarapan serta kebiasaan konsumsi makanan bagi konsumen di Asia Pasifik.

Survei ini diselenggarakan pada Februari 2018 yang lalu dan diikuti oleh lebih dari 5.500 responden di 11 negara Asia Pasifik yaitu; Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Hasil survei tersebut menemukan bahwa mayoritas responden memahami akan pentingnya sarapan sehat dalam meningkatkan kesehatan dan mengelola berat badan.

Untuk Indonesia, survei menunjukkan mayoritas responden (72%) setuju bahwa sarapan di pagi hari merupakan waktu makan yang paling penting dibanding makan siang dan makan malam.

Survei ini juga mengungkapkan bahwa mayoritas responden (88%) melakukan sarapan di rumah, dibanding dengan (5%) yang melakukannya di kantor dan tiga persen yang melakukannya di jalan menuju kantor.

"Kami bangga mengetahui bahwa mayoritas masyarakat di Asia Pasifik termasuk di Indonesia memahami pentingnya melakukan sarapan setiap harinya," kata Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Andam Dewi.

Di Herbalife Nutrition, lanjutnya, pihaknya mempercayai bahwa sangat banyak manfaat yang didapat jika mengkonsumsi sarapan sehat secara rutin setiap hari.

"Sarapan sehat dengan nutrisi yang seimbang tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita dalam satu hari saja, namun, dalam jangka panjang. Kebiasaan baik itu dapat membantu kita menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap prima, kesehatan otak, serta membantu kita dalam mengelola berat badan," ujarnya.

Berdasar temuan dalam survei, 7 dari 10 (71%) konsumen di Indonesia mengatakan melakukan sarapan setiap hari atau 7 hari dalam seminggu.

Dengan kata lain, 29% mengaku melakukan sarapan tidak setiap hari dalam seminggu. Namun demikian dari total responden yang tidak melakukan sarapan secara rutin tiap hari, 76 persen dari mereka mengaku akan memotivasi diri untuk melakukan sarapan secara rutin.

Saat ditanya ditanya tentang manfaat apa yang didapat dari mengkonsumsi sarapan 98% responden mengatakan sarapan memberi energi di pagi hari, sementara 94% responden mengatakan sarapan dapat membantu memulai metabolisme tubuh di pagi hari, 83% responden mengatakan sarapan dapat memperbaiki mood untuk memulai hari.

Dari segi komposisi nutrisi, survei menunjukkan bahwa 40% konsumen Indonesia menganggap karbohidrat sebagai nutrisi penting dalam sarapan. Angka tersebut sama seperti protein, dimana 40% menganggap protein adalah nutrisi penting untuk dikonsumsi saat sarapan.

Faktanya makanan tradisional sarat karbohidrat (56%) dan minuman panas (41%) masih menjadi menu sarapan favorit konsumen Indonesia. Menurut filosofi di Herbalife Nutrition, asupan kalori untuk setiap porsi makanan seharusnya mengandung 40% karbohidrat, 30% protein, 30% lemak serta 25 gram serat dan delapan gelas air minum untuk menjaga kesehatan tubuh.

Survei juga mengindikasikan bahwa mayoritas dalam mengkonsumsi sarapan juga menghadapi beberapa hambatan. Tiga hambatan teratas tersebut adalah anggapan kebutuhan kalori dapat dipenuhi nanti atau menunda sarapan (47%), Sedang menjaga berat badan (22%), Tidak merasa lapar di pagi hari (18%), Keterbatasan waktu (13%).

Survei juga mengungkapkan hal yang dapat memotivasi untuk melakukan sarapan secara rutin setiap hari, 57% responden mengatakan jika menu sarapan dapat memberi energi lebih untuk memulai hari, 40% responden mengatakan jika sarapan dapat berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahtaraan tubuh, 37% responden mengatakan jika sarapan berupa makanan siap makan.

Untuk mengedukasi konsumen di Asia Pasifik untuk dapat menerapkan kebiasaan mengkonsumsi nutrisi yang baik, Herbalife Nutrition menyelenggarakan Asia Pacific Wellness Tour yang ke-9 pada 13 April hingga 27 Mei 2018.

Diisi dengan kegiatan seperti simposium kesehatan, seminar tentang nutrisi yang akan diselenggarakan di berbagai kota di negara-negara seperti Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Korea, Makau, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan dan Thailand yang juga akan menghadirkan para ahli kesehatan dan kebugaran termasuk anggota Herbalife Nutrition Advisory Board (NAB).

Anggota NAB akan melakukan pemaparan tentang topik-topik kesehatan sesuai dengan kahlian masing-masing, yang akan dititikberatkan pada mengedukasi masyarakat tentang manfaat pentingnya mengkonsumsi sarapan secara rutin setiap hari.

Tujuan akhirnya adalah mengkampanyekan kebiasaan sarapan sehat yang akan mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:02 WIB

Usai Dikirimi Surat oleh Menperin Agus, Hilal Berlanjutnya Program HGBT Industri Terlihat! Menteri ESDM: Insya Allah Kita Teruskan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memberi sinyal akan melanjutkan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk tujuh sektor industri.

PT Pertamina Marine Engineering (PME)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:44 WIB

Pertamina Marine Engineering Garap 4 Proyek Bawah Laut Strategis

PT Pertamina Marine Engineering (PME), anak perusahaan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) tuntaskan 4 project underwater work services (UWS) atau layanan pekerjaan bawah air selama periode…

PT Bukit Asam tbk (ist)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:33 WIB

Triwulan I 2024, Penjualan PTBA Meningkat Sebesar 10 Persen

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus berupaya mengoptimalkan potensi pasar di dalam negeri serta peluang ekspor ke sejumlah negara yang memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi, baik pasar eksisting…

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:39 WIB

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau…

Ilustrasi Tambang Batu Bara PT Bukit Asam Tbk

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:34 WIB

Triwulan I 2024, PTBA Catat Pendapatan Sebesar Rp 9,4 Triliun

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berhasil menjaga kinerja baik pada triwulan I 2024. Dalam 3 bulan pertama tahun 2024, Perseroan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 9,4 triliun dan EBITDA sebesar…