Kapolri: Sinergitas Polri-TNI Harus Tetap Dilaksanakan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 05:01 WIB

Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)
Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian berharap sinergitas Polri-TNI untuk menciptakan kamtibmas pada pilkada secara langsung 2018 di Provinsi Sumatera Utara harus tetap dilaksanakan.

"Mewujudkan keamanan dan kekondusifan daerah tersebut, merupakan tanggung jawab Polri-TNI," katanya ketika menyampaikan pengarahan kepada prajurit TNI-Polri, di Medan, Kamis malam.

Melalui sinergitas Polri-TNI, menurut dia, pengamanan pilkada di Sumatera Utara (Sumut) akan berjalan dengan baik, aman, tertib, sukses, dan lancar, sesuai yang diharapkan bersama.

"Kerja sama pengamanan yang dilakukan Polri dengan TNI itu, sudah lama terjalin dan harus dapat ditingkatkan," ujar Jenderal Pol Tito.

Ia menyebutkan, Polri juga harus melibatkan TNI, dalam pelaksanaan razia Toba di Sumut dan begitu juga pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2018, serta kegiatan lainnya.

Prajurit TNI tersebut, sudah dianggap sebagai keluarga bagi Polri.

"Sinergitas yang dilakukan Polri-TNI, dalam arti yang positif mengenai terciptanya kamtibmas dan suksesnya pelaksanaa Pilkada tersebut," ucap jenderal bintang empat itu.

Kapolri mengatakan, Sinergitas Polri-TNI itu, justru jangan sampai disalahkan untuk hal-hal yang negatif, misalnya melakukan pengawalan terhadap bandar narkoba di wilayah Pantai Timur Sumatera.

Karena, selama ini narkoba yang banyak beredar di Pulau Jawa itu, berasal dari Sumut, dan harus secepatnya dihentikan POlri-TNI," ucap jenderal bintang empat itu.

Kapolri juga menjelaskan, barang ilegal berupa "ball pres" atau pakaian bekas dari luar negeri itu, masuk melalui Pelabuhan Pantai Timur.

Hal tersebut, tidak boleh dibiarkan masuk ke Indonesia, dan harus diambil tindakan tegas.

"Kehadiran pakaian bekas dari luar negeri tersebut, mengakibatkan terganggunya pengusaha garmen yang ada di Indonesia," kata Kapolri itu.

Pada acara pengarahan itu, turut hadir KSAD Jenderal TNI Mulyono, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpau, dan ribuan prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Booth Citra Kayon memamerkan kayu alami dengan sentuhan teknologi

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:22 WIB

Citra Kayon Hadirkan Sentuhan Teknologi di Megabuild 2024

Citra Kayon, perusahaan pionir dalam pengembangan kayu inovatif ramah lingkungan, kembali hadir di Megabuild Indonesia 2024, ajang pameran sekaligus tempat bertemunya para pelaku industri bahan…

Kongres dan Seminar Teknis AGII yang ke-11

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:33 WIB

Menperin Agus Beberkan Peluang dan Tantangan Bisnis Gas Industri

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menilai, sumbangsih para produsen gas di Indonesia saat masa pandemi Covid-19 sangat luar biasa. Oleh karena itu, Menperin Agus turut mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:30 WIB

Menperin Agus: Produsen Gas Industri Berperan Vital Dukung Sektor Manufatur

Produsen gas industri merupakan salah satu sektor pendukung yang vital bagi perkembangan industri manufaktur. Kapasitas produksi gas industri nasional saat ini sebesar 2,5 juta ton per tahun…

Kawasan industri Jababeka (Ist)

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:25 WIB

Kuartal Pertama 2024, Jababeka Catat Pendapatan Sebesar Rp688 Miliar

PT Jababeka Tbk (KIJA) mencatat total pendapatan sebesar Rp 688,6 miliar untuk kuartal pertama tahun 2024, turun 12% dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2023. Pilar Land Development &…

Proyek SakuraLand

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:02 WIB

Begini Upaya SakuraLand Hadirkan Hunian Terjangkau, Berkualitas, dan Strategis

Setelah sukses membangun beberapa kawasan hunian, PT Sakura Sejahtera (SakuraLand) berencana akan mengembangkan beberapa kawasan hunian lagi. SakuraLand merupakan pengembang perumahan yang berdiri…