Kementerian ESDM Resmikan PLTS Terpusat Berkapasitas 50 kWp di Riau

Oleh : Hariyanto | Jumat, 06 April 2018 - 15:40 WIB

PLTS Ilustrasi (ist)
PLTS Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Siak - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat off grid di Desa Bencah Umbai, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Pembangunan PLTS ini, menurut Direktur Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur Energi Baru dan Terbarukan Noor Arifin Muhammad dilakukan untuk membuat energi menjadi terjangkau dan mudah diakses.

 "Atas arahan oleh Menteri ESDM bahwa kerja nyata yang seperti ini yang ditekankan oleh beliau, bagaimana membangun dari pinggiran, bagaimana energi itu bisa terjangkau, dan mudah diakses," kata Arifin di Kampung Bencah Umbai, Kamis (5/4/2018).

Arifin juga mengatakan bahwa PLTS ini berkapasitas 50 kilowatt peak (kWp) dan mampu melistriki 157 rumah dan 11 fasilitas umum.

"PLTS Terpusat dengan kapasitas 50 kilowatt peak (kWp) ini telah beroperasi sejak Februari 2018 serta melistriki 157 rumah dan 11 fasilitas umum. Setiap rumah di Desa Bencah Umbai mendapatkan alokasi daya sebesar 600 Wp," ujar Arifin.

Saat ini, pengelolaan PLTS Terpadu Bencah Umbai dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan memungut iuran sebesar Rp 40.000/KK. Biaya tersebut digunakan untuk biaya pengelolaan PLTS, termasuk menggaji dua orang operator pengelola PLTS. Kedua orang operator ini ditunjuk langsung oleh Kepala Desa Bencah Umbai dan telah diberikan pelatihan.

Anggota Komisi VII DPR RI Sayed Abubakar Assegaf pun memberikan apresiasinya atas dibangunnya PLTS Terpusat Bencah Umbai yang merupakan salah satu wilayah di Daerah Pilihannya.

"Dulu saya sempat hadir di sini (Desa Bencah Umbai) untuk menjemput aspirasi, dan kebetulan Kementerian ESDM itu punya program untuk pembangunan listrik dengan membangun PLTS di seluruh Indonesia. Dan program itu menurut kami di Komisi VII adalah program yg luar biasa dan merupakan terobosan baru yg perlu didukung oleh Komisi VII, sehingga kami sangat mendukung program ini dan salah satu wujudnya kita nampak sekarang berdiri itu PLTS di Bencah Umbai," tuturnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) PLTS Terpadu Bencah Umbai dari semula Barang Milik Negara menjadi Barang Milik Daerah. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Bank BTN, Maryono, sedang memberikan penjelasan mengenai kondisi sektor properti pasca pilpres 2019 di Jakarta.

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:58 WIB

BTN SIAPKAN RP14,58 TRILIUN SAMBUT LIBUR IDUL FITRI 1440 H

Jakarta-Untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp 14,58…

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:53 WIB

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Manajemen PT Blue Bird Tbk [kiri- kanan] Andeka Putra (Chief Information Officer), Andrianto Djokosoetono ( Direktur) Noni Purnomo (CEO) Sigit P. Djokosoetono Purnomo Prawiro (Direktur) Sandy Permadi (Chief Finance Officer )

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:02 WIB

Bluebird Tunjuk Noni Purnomo sebagai Direktur Utama PT Blue Bird Tbk

Jakarta-Sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan oleh PT Blue Bird Tbk pada hari Rabu, 22 Mei 2019, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta; Noni Purnomo…

Perayaan Idul Fitri (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 21:00 WIB

Tujuh Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia

Hari Raya Idul Fitri, hari raya keagamaan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kali ini, Agoda, salah satu agen perjalanan online yang paling…

Wiranto, Menkopolhukam (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 20:00 WIB

Wiranto: Aparat Keamanan akan Bertindak Tegas

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebutkan pemerintah sudah mengetahui dalang dari aksi kerusuhan yang terjadi pada Selasa malam (21/5/2019) hingga Rabu dini hari…