Menkominfo Akan Tindak Lanjuti Pemberitaan Hoax Tanpa Pandang Bulu

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Januari 2017 - 12:01 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menanggapi maraknya berita hoax yang beredar di berbagai media sosial, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara menegaskan akan menindak lanjuti tanpa memandang siapa pemiliknya.

"Masalah hoax, posisi Kominfo tidak memperhatikan masalah siapa pemiliknya,yang penting adalah konten yang ada didalamnya," ujarnya kepada INDUSTRY.co.id saat ditemui pada Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum di BBalai Kartini, Jakarta, Kamis (19/1).

Rudiantara mengatakan, apabila konten bertentangan dengan afiliasi yang telah ditetapkan, pihaknya akan menindak lanjuti dan memproses sesuai prosedur yang ada.

"Selama kontenya bertentangan dengan afiliasi yang ada, kominfo akan menindaklanjuti secara tegas," ujarnya.

Menkominfo juga telah meminta kepada Facebook (FB) untuk membantu dalam pemberantasan adanya pemberitaan hoax. Rencananya, petinggi dari media sosial tersebut akan datang ke Indonesia untuk membicarakan hal ini. Pertemuan rudiantara dengan pihak Facebook rencananya akan dilakukan akhir bulan ini.

Sebelumnya pada minggu (8/1), Kominfo juga telah berniat untuk mengajak beberapa pelayanan mendia sosial, seperti Twitter dan FB untuk turut serta dalam melakukan pemberantasan pemberitaan hoax di media sosial dan media online.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Living World Kota Wisata Cibubur

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:59 WIB

Living World Kota Wisata Cibubur Berkolaborasi dengan Pemkab Bogor dan Pendopo Hadirkan UMKM Lokal

Living World, pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata yang merupakan perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, berkolaborasi dengan Pemerintah…

Ilustrasi kelapa sawit

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:40 WIB

GAPKI Kutuk Keras Tindakan Pencurian TBS Kelapa Sawit, Ganggu Iklim Investasi di Kalteng

Terbongkarnya aksi pencurian TBS perkebunan kelapa sawit yang marak terjadi di Kalimantan Tengah. Pencurian dilakukan dengan dalih Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) serta klaim…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:27 WIB

Kemenperin - Hippindo Jalin Kolaborasi Jodohkan 65 IKM Pangan dan Furnitur dengan 23 Peritel Besar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Business Matching antara industri kecil dan menengah (IKM) pangan dan furnitur bersama ekosistem peritel dan distributor yang tergabung dalam…

Ilustrasi meja dapur

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:24 WIB

7 Pilihan Meja Dapur Sesuai Bahan dan Fungsinya

Meja dapur atau countertop adalah elemen penting yang digunakan untuk menaruh makanan serta memudahkan proses memasak. Selain sisi fungsionalitas, countertop juga bisa menunjang estetika dan…

Ki Hajar Dewantara

Kamis, 02 Mei 2024 - 15:23 WIB

Mengenal Tokoh Hebat Ki Hajar Dewantara, Lepas Gelar Bangsawan dan Pilih Fokus Berjuang untuk Pendidikan

Jakarta-Nama Ki Hajar Dewantara tak lekang di telan zaman. Dalam dunia pendidikan Indonesia, namanya tentu tak asing lagi.