Hotel Cirebon Didominasi untuk Kepentingan Rapat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 November 2016 - 10:35 WIB

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman

INDUSTRY.co.id - Cirenon- Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, Dana Kartiman mengatakan untuk saat ini hotel yang ada hanya didominasi kepentingan rapat, sedangkan wisata sendiri tidak terlalu besar.

"Tingkat hunian juga baru sekadar untuk rapat saja dan wisatawan juga kurang banyak yang menginap di sini," kata Dana kepada Antara di Cirebon, Rabu. (23/11)

Menurutnya mayoritas pengunjung hotel merupakan orang-orang yang memiliki kepentingan atau kegiatan semacam rapat dan sebagainya, dibandingkan dengan wisata.

Pihaknya juga mencatat, pengunjung hotel meyoritas berasal dari Jakarta dan untuk menginapnya sendiri kurang dari 1,5 hari.

"Rata-rata mereka hanya menginap 1,5 hari saja, berbeda dengan di Bali dan Jogja, kalau Bali 4,5 hari dan Jogja itu 3 hari, karena kepentingannya wisata," tuturnya.

"Kami mencatat kepentingannya untuk kegiatan hampir 60 persen, sisanya wisata kuliner dan belanja dan wisatawan yang berkunjung di luar wilayah Cirebon," lanjutnya.

Ia menambahkan pihaknya kerap menerima laporan dari para wisatawan, terkait keamanan, kemacetan dan kebersihan kota.

"Sekarang ini kota juga semakin macet, dikarenakan lahan parkir yanh sempit dan itu menjadi pekerjaan sendiri untuk menata dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan," tambahnya. (Hrb) 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTS

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:32 WIB

Asosiasi Energi Surya Indonesia Minta Regulasi PLTS Atap Memihak Kepada Masyarakat

Revisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 49/2018 belum juga selesai meski telah melewati pembahasan selama beberapa bulan.

Roman Forum, Roma, Italia (Foto: www.kolbehotelrome.com)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:30 WIB

Italia Hadirkan Video Game untuk Promosi Pariwisata dan Kebudayaan

Sebagai upaya untuk mempromosikan pariwsata, Kementerian Luar Negeri Italia (MFA Italia) telah memperkenalkan video game super menarik yang disebut, ITALY, Land of Wonders (ITALIA, Tanah Keajaiban).…

Bank Mandiri Genjot Perbankan Digital

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:00 WIB

Transaksi Cashless QRIS Meningkat Tinggi, Bank Mandiri Genjot Perbankan Digital

Transaksi keuangan digital terus bertumbuh seiring peningkatan aktivitas belanja online, perluasan pembayaran digital, dan pertumbuhan penggunaan digital banking. Bank Mandiri, yang berpengalaman…

Direktur Utama PT PLN, Zulkifli Zaini

Sabtu, 24 Juli 2021 - 14:48 WIB

Joss! Dirut PLN Zulkifli Zaini Raih Penghargaan CEO Terbaik dari The Iconomics

Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 “Employees’ Choice” kategori Electric Power yang diberikan oleh Iconomics Research and…

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 14:37 WIB

Berkat Manuver Inovatifnya, Dirut Pertamina Nicke Widyawati Diganjar Penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 “Employees’ Choice” yang diberikan oleh Iconomics Research and Consulting dalam…