Kunjungi Tempat Wisata Edukatif dan Bersejarah di Surabaya Berikut Ini

Oleh : Dina Astria | Kamis, 15 Maret 2018 - 06:00 WIB

Kota Surabaya / http://www.bintang.com
Kota Surabaya / http://www.bintang.com

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Sudahkah Anda berwisata ke Surabaya? Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini ternyata memiliki segudang tempat wisata, di antaranya adalah tempat wisata edukasi dan sejarah. Apa saja tempat-tempat tersebut? Simak yang satu ini.

1. Tugu Pahlawan

(source: Jejakpiknik)

Berlokasi di kawasan alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, tugu ini telah menjadi salah satu situs bersejarah yang paling sering dikunjungi di Kota Pahlawan. Jumlah lengkungan (disebut Canalures) yang terdapat pada bangunan tugu setinggi 41,15 meter ini menyimbolkan tanggal bersejarah di Surabaya, yakni 10 November 1945; para pahlawan nasional saat itu memperebutkan kembali kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda.

2. House of Sampoerna

Tempat wisata edukatif yang satu ini merupakan sebuah museum yang mempertunjukkan proses produksi rokok secara langsung. Bahkan, Anda akan mencium aroma tembakau yang khas sesaat setelah memasuki bangunan museum dengan arsitektur bergaya zaman kolonialisme dulu. Desain interior dan eksteriornya yang vintage juga dapat menggugah selera berfoto Anda. Oleh karena itu, segera kunjungi museumnya di Jl. Taman Sampoerna No. 6, Surabaya. Gratis, loh!

3. Jembatan Merah

Bagi Anda penggemar foto, jembatan merah bisa jadi objek atau latar belakang foto yang menarik dan membanggakan. Bagaimana tidak? Salah satu tujuan wisata bersejarah ini adalah saksi bisu terjadinya perjuangan para pahlawan nasional dalam memperebutkan kembali kemerdekaan dari tangan penjajah. Berlokasi di Jl. Kembang Jepun No.192, Surabaya, jembatan ini juga berdekatan dengan lokasi bangunan-bangunan bersejarah lainnya.

4. Monumen Kapal Selam

Berlokasi di Jl. Pemuda No.39, Surabaya, Monumen Kapal Selam merupakan kapal selam yang pernah dipakai untuk operasi pembebasan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda pada tahun 1960. Sebagai properti dari TNI AL, monumen yang dikenal dengan sebutan Monkasel ini didatangkan langsung dari Uni Soviet pada tahun 1952. Pengunjung dapat masuk ke dalam untuk mencoba melihat lewat periskopnya yang masih berfungsi. Yuk, segera berkunjung ke sana. 

5. Museum WR. Soepratman

Museum yang berlokasi di Jl. Mangga 21, Tambaksari, Surabaya ini awalnya adalah rumah dari keluarga kakak kandung Wage Rudolf Soepratman, sang maestro di balik lagu Indonesia Raya. Beliau pindah ke rumah tersebut dari Pemalang dan tinggal di sana hingga ajal menjemput. Kini rumah wafat WR. Soepratman yang dijadikan museum tersebut sering dikunjungi wisatawan, terutama bertepatan di hari-hari nasional.

6. Taman Prestasi

Area di sekitar sungai Kalimas memang lokasi yang cukup bersejarah di Kota Surabaya, dan taman kota ini adalah salah satunya. Taman yang sudah mendapat penghargaan Adipura ini memajang monumen pesawat Bomber B-26 Intruder sebagai lambang dari tempat tersebut. Fasilitas Taman Prestasi cukup mumpuni, terdiri dari area bermain anak, musala, pusat PKL, toilet umum, free Wi-Fi, dan BLC (Broadband Learning Centre)—pelatihan komputer gratis dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

7. Monumen Bambu Runcing

Sumber : IndonesiaKaya.com

Berada tepat di jantung Kota Surabaya, monumen ini dibangun untuk mengapresiasi perjuangan para pahlawan nasional pada pertempuran tanggal 10 November 1945. Monumen berbentuk bambu runcing tersebut dikelilingi taman kota yang dipenuhi oleh tanaman hias yang indah. Setiap hari Sabtu dan Minggu, masyarakat setempat mengunjungi taman ini untuk joging atau sekadar duduk bercengkerama bersama teman-teman.

Eits, tunggu dulu. Sebelum berwisata, jangan lupa akomodasinya. Tak perlu repot mencari hotel murah di Surabaya, cukup pesan kamar hotel Airy Rooms lewat gadget Anda dengan cara berkunjung ke website atau mengunduh dan memasang Android dan iOS app-nya. Pembayarannya pun mudah: hanya dengan transfer debit atau kartu kredit.

Airy Rooms, jaringan hotel terbesar di Indonesia yang bekerja sama secara profesional dengan banyak partner hotel ini menawarkan hotel murah berfasilitas memuaskan seperti AC, tempat tidur bersih dan nyaman, free Wi-Fi, LCD TV, peralatan mandi beserta hot shower, dan air minum gratis. Jadi, tunggu apa lagi? Pesan sekarang juga!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Teken PKS dengan RS Haji Jakarta Terkait Pembiayaan dan Payroll

Sabtu, 25 Mei 2019 - 22:20 WIB

BNI Syariah Teken PKS dengan RS Haji Jakarta Terkait Pembiayaan dan Payroll

BNI Syariah Teken PKS dengan RS Haji Jakarta Terkait Pembiayaan dan Payroll

Genjot Nasabah, BNI Syariah Gandeng Ikatan Alumni ITS

Sabtu, 25 Mei 2019 - 22:12 WIB

Genjot Nasabah, BNI Syariah Gandeng Ikatan Alumni ITS

Genjot Nasabah, BNI Syariah Gandeng Ikatan Alumni ITS

Mentan Amran Sulaiman di perkebunan jagung

Sabtu, 25 Mei 2019 - 21:55 WIB

Mentan Amran Optimistis Program Serasi Sejahterakan Petani

Batola - Kementerian Pertanian (Kementan) optimistis program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sesuai harapan. Untuk memastikannya, Menteri…

Agung Sedayu Retail Indonesia bersama Winkreative Agency dan Monocle Magazine fokus mengembangkan konsep baru dunia retail di Jakarta

Sabtu, 25 Mei 2019 - 21:48 WIB

Agung Sedayu Retail Indonesia bersama Winkreative Agency dan Monocle Magazine fokus mengembangkan konsep baru dunia retail di Jakarta

Agung Sedayu Retail Indonesia bersama Winkreative Agency dan Monocle Magazine fokus mengembangkan konsep baru dunia retail di Jakarta

Berbagai hasil kerajinan kayu yang dibuat oleh warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA di Pontianak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 16:05 WIB

Balai Litbang Kemenperin Ciptakan Perajin IKM dari Warga Binaan Lapas

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru khususnya di sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM).