IMF Dukung Indonesia Percepat Pengembangan Energi Terbarukan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Maret 2018 - 13:20 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- IFC anggota kelompok Bank Dunia dan Pemerintah Indonesia bekerja bersama untuk secara signifikan mempercepat investasi dan pengembangan energi terbarukan di negeri ini dengan menyelenggarakan "Transformational Business Day".

"IFC meningkatkan dukungan dan mobilisasi untuk proyek-proyek Climate-Smart dan tetap menjadi pendukung aktif pembangunan energi dan infrastruktur di Indonesia," ujar Direktur ReGional IFC untuk Asia Timur dan Pasifik Vivek Pathak dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (14/3/2018)

Transformational Business Day akan fokus pada pembahasan energi, gas, dan energi terbarukan di Indonesia.

Lebih dari 100 regulator, pelaku pasar, pembuat kebijakan, investor, dan para executive diharapkan hadir dalam sesi berbagi pengetahuan ini.

Sesi ini diharapkan dapat mengembangkan kemitraan baru, memanfaatkan peluang dan mempercepat pasar Indonesia yang berkembang pesat untuk transaksi energi terbarukan.

Dengan mengandalkan inovasi dan mengundang investasi sektor swasta, lanjut dia, Indonesia memiliki potensi untuk membangun proyek-proyek berkesinambungan dan beragam proyek lainnya yang akan mendukung perekonomian yang kuat dan berkembang.

IFC lembaga pembangunan global terbesar yang berfokus pada sektor swasta di Negara berkembang adalah satu investor energi terbarukan terkemuka di dunia dan telah memainkan peranan penting dalam pengembangan sektor energi terbarukan di Indonesia.

"IFC berkomitmen untuk menciptakan pasar dan meningkatkan pasar - dalam investasi swasta untuk membuka dan meningkatkan proyek energi terbarukan di Indonesia," kata Country Manager IFC untuk Indonesia, Malaysia dan Timor-Leste Azam Khan.

"Secara global, kita telah melihat bagaimana bisnis swasta dapat membantu memacu pengembangan dan investasi dalam peluang energi bersih, dan energi terbarukan di Indonesia tetap menjadi salah satu prioritas utama kami," ujar dia.

Simposium tersebut merupakan acara pertama dari rangkaian program VOYAGE TO INDONESIA yang merupakan program Kolaborasi antara Pemerintah Indonesia, Dana Moneter International ( IMF ) dan Kelompok Bank Dunia menjelang Pertemuan Tahunan Kelompok Bank Dunia 2018 di Bali.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai sumber daya alam terbesar di Planet ini, empat puluh persen dari cadangan panas bumi dunia terdapat di Indonesia Indonesia , negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini, berjuang untuk melepaskan potensi energi bersihnya dan menetapkan target ambisius untuk menghasilkan 23 persen energi terbarukan sebagai sumber energi di Negara ini pada tahun 2025, meningkat dari kondisi saat ini yaitu 5 persen energi terbarukan di dalam komponen Energy Mix di Indonesia.

Untuk meningkatkan pertumbuhan di sektor Enerji Terbarukan, di butuhkan investasi sektor swasta yang lebih besar Secara Global, dalam dasawarsa yang lalu, IFC telah menginvestasikan USD 18,3 Milliar yang merupakan dana IFC sendiri bagi pembiayaan jangka panjang untuk Smart-Climate Projects serta memobilisasi tambahan USD 11 Miliar dari Investor lain.

Melalui investasi ini IFC telah mengembangkan keakhlian di pasar utama, termasuk sumber tenaga dari matahari, sumber tenaga daya air, angin, penyimpanan energi, green building dan pengelolalan limbah ke energi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…