IMF Dukung Indonesia Percepat Pengembangan Energi Terbarukan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Maret 2018 - 13:20 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- IFC anggota kelompok Bank Dunia dan Pemerintah Indonesia bekerja bersama untuk secara signifikan mempercepat investasi dan pengembangan energi terbarukan di negeri ini dengan menyelenggarakan "Transformational Business Day".

"IFC meningkatkan dukungan dan mobilisasi untuk proyek-proyek Climate-Smart dan tetap menjadi pendukung aktif pembangunan energi dan infrastruktur di Indonesia," ujar Direktur ReGional IFC untuk Asia Timur dan Pasifik Vivek Pathak dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (14/3/2018)

Transformational Business Day akan fokus pada pembahasan energi, gas, dan energi terbarukan di Indonesia.

Lebih dari 100 regulator, pelaku pasar, pembuat kebijakan, investor, dan para executive diharapkan hadir dalam sesi berbagi pengetahuan ini.

Sesi ini diharapkan dapat mengembangkan kemitraan baru, memanfaatkan peluang dan mempercepat pasar Indonesia yang berkembang pesat untuk transaksi energi terbarukan.

Dengan mengandalkan inovasi dan mengundang investasi sektor swasta, lanjut dia, Indonesia memiliki potensi untuk membangun proyek-proyek berkesinambungan dan beragam proyek lainnya yang akan mendukung perekonomian yang kuat dan berkembang.

IFC lembaga pembangunan global terbesar yang berfokus pada sektor swasta di Negara berkembang adalah satu investor energi terbarukan terkemuka di dunia dan telah memainkan peranan penting dalam pengembangan sektor energi terbarukan di Indonesia.

"IFC berkomitmen untuk menciptakan pasar dan meningkatkan pasar - dalam investasi swasta untuk membuka dan meningkatkan proyek energi terbarukan di Indonesia," kata Country Manager IFC untuk Indonesia, Malaysia dan Timor-Leste Azam Khan.

"Secara global, kita telah melihat bagaimana bisnis swasta dapat membantu memacu pengembangan dan investasi dalam peluang energi bersih, dan energi terbarukan di Indonesia tetap menjadi salah satu prioritas utama kami," ujar dia.

Simposium tersebut merupakan acara pertama dari rangkaian program VOYAGE TO INDONESIA yang merupakan program Kolaborasi antara Pemerintah Indonesia, Dana Moneter International ( IMF ) dan Kelompok Bank Dunia menjelang Pertemuan Tahunan Kelompok Bank Dunia 2018 di Bali.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai sumber daya alam terbesar di Planet ini, empat puluh persen dari cadangan panas bumi dunia terdapat di Indonesia Indonesia , negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini, berjuang untuk melepaskan potensi energi bersihnya dan menetapkan target ambisius untuk menghasilkan 23 persen energi terbarukan sebagai sumber energi di Negara ini pada tahun 2025, meningkat dari kondisi saat ini yaitu 5 persen energi terbarukan di dalam komponen Energy Mix di Indonesia.

Untuk meningkatkan pertumbuhan di sektor Enerji Terbarukan, di butuhkan investasi sektor swasta yang lebih besar Secara Global, dalam dasawarsa yang lalu, IFC telah menginvestasikan USD 18,3 Milliar yang merupakan dana IFC sendiri bagi pembiayaan jangka panjang untuk Smart-Climate Projects serta memobilisasi tambahan USD 11 Miliar dari Investor lain.

Melalui investasi ini IFC telah mengembangkan keakhlian di pasar utama, termasuk sumber tenaga dari matahari, sumber tenaga daya air, angin, penyimpanan energi, green building dan pengelolalan limbah ke energi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PATRIA mendapatkan apresiasi penghargaan “The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award”

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:56 WIB

PATRIA Raih Penghargaan The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award

Sebagai perusahaan engineering & manufacturing yang fokus akan inovasi, PT United Tractors Pandu Engineering (PATRIA) selalu berusaha mengembangkan bisnisnya dengan masuk ke sektor-sektor baru…

Presiden Jokowi dan Presiden Donald Trump di KTT G20 (Foto Setpres)

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi akan Bahas Tiga Topik di KTT G-20

Mengenai KTT negara-negara yang tergabung dalam Group 20 (G-20), di Osaka, Jepang, 28-29 Juni mendatang, Presiden Jokowi mengatakan, ingin mengangkat, membicarakan yang pertama mengenai persoalan…

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:30 WIB

Satuan Batalion Prajurit TNI Laksanakan Misi Perdamaian PBB

Satuan Batalyon Infanteri 141/AYJP terpilih menjadi satuan tugas misi perdamaian PBB.

Pengerukan Sendimen ditepi sungai Citarum oleh PT. South Pacific Viscose

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:08 WIB

Investor Austria Apresiasi Pemerintah Indonesia Atas Pemberian Izin Pengerukan Sendimen Ditepi Sungai Citarum

Pada pekerjaan pengerukan tersebut, PT. South Pacific Viscose yang merupakan bagian bisnis Lenzing AG dari negara Austria bekerjasama dengan PT. Barokah Jaya untuk pekerjaan di sungai serta…

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:00 WIB

RI-ASEAN Bersatu Hadapi Perang Dagang AS-Tiongkok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, di Bangkok, Thailand, 22—23 Juni mendatang, akan mengajak negara-negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi…