Aturan Energi Terbarukan Mendesak Segera Diresvisi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 08 Maret 2018 - 14:30 WIB

Kartubi, Anggota Komisi VII DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)
Kartubi, Anggota Komisi VII DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang Selatan- Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi minta pemerintah segera merevisi aturan tentang energi baru terbarukan (EBT) di dalam FGD Reaktor Daya Eksperimental (RDE).

"Sebab, saya lihat di peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah itu, nuklir tidak termasuk di dalam pasal-pasalnya. Padahal Indonesia ini berpotensi mengembangkan tenaga nuklir di berbagai bidangnya," kata Kurtubi usai memberikan materi di FGD RDE, Serpong, Kamis (8/3/2018)

Menurutnya pemerintah masih belum berani menanggung risiko dari keberadaan tenaga nuklir ini. Padahal sekarang Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) sedang mengembangkan RDE berbasis nuklir yang diklaim akan mampu mempermudah semua kegiatan industri di Indonesia.

"Yang sedang kita (Batan) buat adalah RDE generasi ke empat. Artinya memiliki safety yang sangat baik. Maka itu saya minta pemerintah untuk segera merivisi peraturan yang ada. Selain itu kami komisi VII sedang menyusun undang-undang mengenai EBT dan mengupayakan nuklir sebagai salah satu sumber energi utama yang bisa digunakan," ujar dia seperti dilansir Antara.

Saat ini, selain berupaya mewujudkan undang-undang mengenai EBT, DPR juga meminta kepada pemerintah untuk melakukan sosialisasi.

"Masyarakat perlu diberitahu. Agar nuklir ini tak jadi momok bagi mereka. Sebab adanya nuklir bertujuan untuk mempercepat kemakmuran bangsa ini. Nuklir adalah energi yang sangat bersih," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:48 WIB

Bank Mandiri Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Bank Mandiri konsisten memperkuat eksistensi sebagai lembaga keuangan terpercaya dalam mendukung sektor usaha lewat dukungan pembiayaan dengan skema sindikasi, terlihat dari posisi Bank Mandiri…

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…