Aturan Energi Terbarukan Mendesak Segera Diresvisi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 08 Maret 2018 - 14:30 WIB

Kartubi, Anggota Komisi VII DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)
Kartubi, Anggota Komisi VII DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang Selatan- Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi minta pemerintah segera merevisi aturan tentang energi baru terbarukan (EBT) di dalam FGD Reaktor Daya Eksperimental (RDE).

"Sebab, saya lihat di peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah itu, nuklir tidak termasuk di dalam pasal-pasalnya. Padahal Indonesia ini berpotensi mengembangkan tenaga nuklir di berbagai bidangnya," kata Kurtubi usai memberikan materi di FGD RDE, Serpong, Kamis (8/3/2018)

Menurutnya pemerintah masih belum berani menanggung risiko dari keberadaan tenaga nuklir ini. Padahal sekarang Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) sedang mengembangkan RDE berbasis nuklir yang diklaim akan mampu mempermudah semua kegiatan industri di Indonesia.

"Yang sedang kita (Batan) buat adalah RDE generasi ke empat. Artinya memiliki safety yang sangat baik. Maka itu saya minta pemerintah untuk segera merivisi peraturan yang ada. Selain itu kami komisi VII sedang menyusun undang-undang mengenai EBT dan mengupayakan nuklir sebagai salah satu sumber energi utama yang bisa digunakan," ujar dia seperti dilansir Antara.

Saat ini, selain berupaya mewujudkan undang-undang mengenai EBT, DPR juga meminta kepada pemerintah untuk melakukan sosialisasi.

"Masyarakat perlu diberitahu. Agar nuklir ini tak jadi momok bagi mereka. Sebab adanya nuklir bertujuan untuk mempercepat kemakmuran bangsa ini. Nuklir adalah energi yang sangat bersih," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Connie Nurlita (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Connie Nurlita Ajak Masyarakat Dukung Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih

Artis Nasional Connie Nurlita sebagai pribadi dan anggota masyarakat mendukung pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin 20 Oktober mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:15 WIB

Industri 4.0 Bawa RI Jadi Pemimpin di ASEAN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri, dengan ditandai teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan…

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:50 WIB

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Dunia teknologi terus berkembang, tidak ada batasan yang mampu menghambatnya. Begitupun dalam bidang smartphone, khususnya kamera. Semakin ke sini, orang semakin membutuhkan smartphone dengan…

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:46 WIB

Senada dengan Mendag, Hermawan Kartajaya Harap Atase di Luar Negeri Harus Piawai Marketing

Di tengah isu ekonomi global terkait kemungkinan resesi serta perang dagang AS dan China, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa atase-atase Kementerian Perdagangan di luar…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:15 WIB

Airlangga Tuangkan Kisah Bangun Industri Lewat Buku "Merajut Asa"

Sektor industri selama ini konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan…