Jamin Harga Listrik Tidak Naik Hingga 2019, Pemerintah Segera Buat Regulasi Pendukung

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Maret 2018 - 21:03 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Untuk menjaga daya beli masyarakat supaya tidak mengalami penurunan, Pemerintah tidak akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. Selain itu, Pemerintah juga menjamin harga listrik tidak akan mengalami kenaikan hingga tahun 2019 mendatang.

"Presiden memahami bahwa daya beli masyarakat ini harus dipertahankan, sekurangnya pada level sekarang, kalau bisa meningkat, sehingga keputusan pemerintah itu untuk tarif listrik PLN untuk tahun ini dan tahun depan tidak akan naik," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Kementerian ESDM, Senin (5/3/2018).

Mengenai besaran subsidi untuk PLN akibat adanya disparitas harga pokok biaya penyediaan tenaga listrik yang lebih tinggi dari harga yang dijual kepada masyarakat, Jonan menjelaskan, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI yang diikutinya, Komisi VII mendukung langkah pemerintah untuk mempertahankan harga listrik PLN tidak naik dengan alasan yang sama yakni daya beli masyarakat yang masih belum meningkat dan jangan sampai menurun.

Dalam rangka mendukung kebijakan ini, Pemerintah segera membuat regulasi dalam bentuk Peraturan Pemerintah dan turunannya yakni Keputusan Menteri ESDM yang di dalamnya mengatur harga batubara untuk kelistrikan yang dapat mempertahankan tarif listrik pada level atau harga saat ini sampai akhir 2019, juga mempertimbangkan keekonomian PLN.

"Sekarang sedang dibuat, difinalisasi Peraturan Pemerintah-nya yang akan mengatur harga batubara untuk kelistrikan nasional, dan kalau PP-nya sudah jadi akan segera dibuat regulasi turunannya saya akan membuat Keputusan Menteri ESDM baru yang mengatur harga batubara untuk kelistrikan yang dapat mempertahankan tarif listrik pada level atau harga saat ini sampai diakhir 2019 dan tidak membuat PLN sampai merugi yang luar biasa,"ungkap Jonan.

Bauran energi mix dari pembangkit-pembangkit PLN saat ini 60% bersumber dari batubara, karena bahan baku PLN dalam menghasilkan listrik 60 persen berasal dari batubara. Karena itu menjadi penting jika harga batubara dalam struktur biaya penyediaan tenaga listrik PLN. 

Dengan harga batubara yang terjangkau maka akan membuat biaya pokok penyediaan tenaga listrik PLN dapat menghemat pengeluaran. Dengan begitu, PLN dapat melakukan investasi untuk menambah elektrifikasi, khususnya di wilayah timur Indonesia, seperti Papua, NTT, dan Maluku. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Rabu, 22 Mei 2019 - 13:59 WIB

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Kerjasama Grab dan Pegadaian

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:51 WIB

Jaring Nasabah Baru, Pegadaian dan Grab Kerjasama Produk #PegadaianGrabBenefit

Kerjasama ini merupakan bentuk program #PegadaianGrabBenefit yang bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yaitu Mitra Grab serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna…

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:48 WIB

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:02 WIB

Dukung Industri Interior Indonesia, Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition kembali mengumumkan kolaborasi konsep unik & kreatif dalam rangka menyelenggarakan pameran…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:00 WIB

Tanpa Penjelasan Pasti, Balap Sepeda TdF dan TdT Ditiadakan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Wayan Darmawa mengatakan pemerintah Provinsi NTT tidak menggelar kegiatan balap sepeda Tour de Flores (TdF) dan Tour…