Jamin Harga Listrik Tidak Naik Hingga 2019, Pemerintah Segera Buat Regulasi Pendukung

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Maret 2018 - 21:03 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Untuk menjaga daya beli masyarakat supaya tidak mengalami penurunan, Pemerintah tidak akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. Selain itu, Pemerintah juga menjamin harga listrik tidak akan mengalami kenaikan hingga tahun 2019 mendatang.

"Presiden memahami bahwa daya beli masyarakat ini harus dipertahankan, sekurangnya pada level sekarang, kalau bisa meningkat, sehingga keputusan pemerintah itu untuk tarif listrik PLN untuk tahun ini dan tahun depan tidak akan naik," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Kementerian ESDM, Senin (5/3/2018).

Mengenai besaran subsidi untuk PLN akibat adanya disparitas harga pokok biaya penyediaan tenaga listrik yang lebih tinggi dari harga yang dijual kepada masyarakat, Jonan menjelaskan, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI yang diikutinya, Komisi VII mendukung langkah pemerintah untuk mempertahankan harga listrik PLN tidak naik dengan alasan yang sama yakni daya beli masyarakat yang masih belum meningkat dan jangan sampai menurun.

Dalam rangka mendukung kebijakan ini, Pemerintah segera membuat regulasi dalam bentuk Peraturan Pemerintah dan turunannya yakni Keputusan Menteri ESDM yang di dalamnya mengatur harga batubara untuk kelistrikan yang dapat mempertahankan tarif listrik pada level atau harga saat ini sampai akhir 2019, juga mempertimbangkan keekonomian PLN.

"Sekarang sedang dibuat, difinalisasi Peraturan Pemerintah-nya yang akan mengatur harga batubara untuk kelistrikan nasional, dan kalau PP-nya sudah jadi akan segera dibuat regulasi turunannya saya akan membuat Keputusan Menteri ESDM baru yang mengatur harga batubara untuk kelistrikan yang dapat mempertahankan tarif listrik pada level atau harga saat ini sampai diakhir 2019 dan tidak membuat PLN sampai merugi yang luar biasa,"ungkap Jonan.

Bauran energi mix dari pembangkit-pembangkit PLN saat ini 60% bersumber dari batubara, karena bahan baku PLN dalam menghasilkan listrik 60 persen berasal dari batubara. Karena itu menjadi penting jika harga batubara dalam struktur biaya penyediaan tenaga listrik PLN. 

Dengan harga batubara yang terjangkau maka akan membuat biaya pokok penyediaan tenaga listrik PLN dapat menghemat pengeluaran. Dengan begitu, PLN dapat melakukan investasi untuk menambah elektrifikasi, khususnya di wilayah timur Indonesia, seperti Papua, NTT, dan Maluku. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri ESDM Arifin Tasrif

Selasa, 07 Mei 2024 - 17:42 WIB

Kabar Gembira Buat Pelaku Industri! Menteri ESDM Pastikan Program HGBT US$ 6 Lanjut....

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) US$ 6 per MMBTU untuk industri akan terus berlanjut. Hal ini selaras dengan arahan…

BNI support tim Thomas dan Uber

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:28 WIB

BNI Sambut Kepulangan Tim Thomas dan Uber Indonesia ke Tanah Air

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan sambutan hangat kepada Tim Thomas dan Uber Indonesia yang baru saja menyelesaikan perjuangan mereka di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu…

Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:02 WIB

Usai Dikirimi Surat oleh Menperin Agus, Hilal Berlanjutnya Program HGBT Industri Terlihat! Menteri ESDM: Insya Allah Kita Teruskan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memberi sinyal akan melanjutkan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk tujuh sektor industri.

PT Pertamina Marine Engineering (PME)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:44 WIB

Pertamina Marine Engineering Garap 4 Proyek Bawah Laut Strategis

PT Pertamina Marine Engineering (PME), anak perusahaan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) tuntaskan 4 project underwater work services (UWS) atau layanan pekerjaan bawah air selama periode…

PT Bukit Asam tbk (ist)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:33 WIB

Triwulan I 2024, Penjualan PTBA Meningkat Sebesar 10 Persen

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus berupaya mengoptimalkan potensi pasar di dalam negeri serta peluang ekspor ke sejumlah negara yang memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi, baik pasar eksisting…