Tren Berwisata Meningkat, TTC Travel Mart Tumbuh 10 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 07 Maret 2018 - 17:30 WIB

TTC Travel Mart (Foto:Fatkhurrohim/wartaevent.com)
TTC Travel Mart (Foto:Fatkhurrohim/wartaevent.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Saat ini, tren wisata ke berbagai daerah dan ke luar negeri mulai menggandrungi masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi pemicu banyaknya pameran bertajuk travel fair ataupun travel mart. Salah satunya yang baru saja digelar pada Senin (5/3/2018) lalu TTC Travel Mart menggelar pameran wisata di Hotel Redtop.

Menurut Tedjo Iskandar, Founder TTC Travel Mart, mengatakan, memasuki tahun penyelenggaraan ke-28 ini TTC Travel Mart, mengalami pertumbuhan yang positif. Sehingga, jumlah kenaikan di tahun ini mencapai 10 persen daripada tahun sebelumnya," kata Tedjo Iskandar, Founder TTC Travel Mart, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Rabu (7/3/2018).

Tedjo menambahkan, peserta TTC Travel Mart di Jakarta itu ada 176 peserta. Tapi secara keseluruhan jumlahnya ada 186, karena ada juga yang ikut TTC Travel Mart di JW Marriott, Surabaya, Jawa Timur.

“Dibanding tahun lalu kita mengalami peningkatan. Besarannya sampai 10 persen (Sellers) atau sekitar 20 sellers,” sambungnya.

Hal ini, kata Tedjo, artinya sangat positif Indonesia itu market yang bagus. Secara ekonomi juga bagus. Dan artinya pula bahwa daya beli orang Indonesia untuk berwisata ke luar negeri cukup bagus.

Tetapi, Saat ini sedang terjadi pola atau perilaku menarik para calon wisatawan ketika akan memutuskan membeli paket wisata ke luar negeri. Yaitu melalui pameran dan browsing di travel online.

“Bagi generasi milenial, mereka lebih nyaman browsing melalui internet. Akan tetapi tidak sedikit pula yang masih mencari paket wisata melalui pameran,” imbuhnya.

Kebiasaan ini ternyata berpengaruh pada perilaku cara mencari paket wisata untuk tur ke luar negeri. Dan turut berpengaruh pula ke peserta yang akan ikut pameran wisata. Secara, peserta mengikuti travel mart turun sampai 20 persen.

“Meski demikian, pangsa pasar Indonesia itu masih terlalu besar. Jadi walaupun ada perilaku seperti demikian dan ada perilaku penurunan cara membeli paket tur ke luar, tapi tetap saja masih besar pangsa pasarnya bagi travel agent yang jualan ke luar negeri.” Pungkas Tedjo.

Selain di Jakarta, TTC Travel Mart juga diselenggarakan di Surabaya pada hari ini Rabu (7/3/2018) di Hotel JW Marriott.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Kamis, 18 Agustus 2022 - 05:56 WIB

Kirab Budaya Kembali Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) diawali dengan prosesi kirab budaya dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka, Jakarta, pada tanggal…

Wadan Kormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Ikuti Peringatan HUT RI Secara Virtual

Kamis, 18 Agustus 2022 - 05:45 WIB

Wadan Kormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Ikuti Peringatan HUT RI Secara Virtual

Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. Mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan…