23 Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap Siap Beroperasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 05 Maret 2018 - 08:36 WIB

PLTB Sidrap
PLTB Sidrap

INDUSTRY.co.id -Jakarta - Sebanyak 23 dari 30 turbin/kincir angin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap telah siap beroperasi. Listrik yang di hasilkan ini nantinya akan di alirkan ke pelanggan oleh PLN melalui jaringan PLN on grid.

Dikutip dari laman resmi kementerian ESDM, Senin (5/3/2018) menyebutkan, dengan kapasitas 75 MW dari total 30 turbin, listrik yang dihasilkan dapat mengaliri kurang lebih 6.700 s.d 7.200 pelanggan listrik 1300 VA.

Data PLN menyebutkan, listrik yang dihasilkan PLTB Sidrap ini akan menopang 6% kebutuhan listrik wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Palu.

Disamping itu, dengan bertambahnya pembangkit baru termasuk PLTB Sidrap, cadangan listrik PLN di Sulawesi Bagian Selatan ini bertambah menjadi 500 MW. Dengan daya mampu PLN sebesar 1.300 MW dan beban puncak sebesar 1.0050 MW

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana menyambut baik progress ketenagalistrikan PLTB Sidrap ini. Dalam kunjungannya, Rida menilai PLTB Sidrap merupakan bentuk wujud nyata komitmen pemerintah mewujudkan energi mix sebesar 23% pada tahun 2020.

"Jadi ini jadi kebanggaan kita juga dan sekaligus juga menjadi bukti bahwa pemerintah serius mengembangkan energi baru terbarukan," ungkap Rida.

Rida menambahkan, saat ini pengembangan PLTB Sidrap di luas lahan 100 ha ini merupakan tahap pertama. Tahap kedua juga akan dibangun PLTB serupa dengan kapasitas 50 MW yang lokasinya tidak jauh dari lokasi tahap pertama ini.

Rida juga berharap daerah lain juga dapat segera mengembangkan potensi EBT nya, mengingat potensi EBT di Indonesia masih sangat besar. "Wind ini potensinya itu lebih dari 60 GW, bandingkan ini hanya 75 MW. Jadi masih begitu banyak tempat di Indonesia yang bisa dikembangkan seperti halnya di Sidrap ini," jelas Rida

Sementara, salah satu kontraktor PLTB sidrap, Niko Priyambada yang merupakan Senior Project Developer PT UPC Renewable mengungkapkan, selama masa pembangunan PLTB Sidrap tidak ada permasalah berarti. Penerimaan masyarakat terhadap pembangunan PLTB Sidrap sangat baik, dan proses pembebasan lahan berjalan dengan lancar.

Niko mengatakan, dengan adanya PLTB Sidrap ini perekonomian masyarakat sekitar menjadi semakin meningkat. "Dengan tambahan listrik di jaringan Sulawesi Selatan ini diharapkan akan masuk investor-investor baru yang mendapat keyakinan yang lebih tinggi lagi akan adanya pasokan listrik yang bertambah dan stabil di kawasan Sulawesi Selatan. Dan bisa menggerakkan roda pembangunan dan investasi yang selama ini terpusat di bagian barat Indonesia bergeser ke arah timur" katanya.

PLTB Sidrap merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu komersial pertama dan terbesar di Indonesia. PLTB Sidrap kini memiliki 30 turbin dengan masing-masing turbin berkapasitas 2,5 MW. PLTB ini dibangun di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sindendreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sriwijaya Air (Foto Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00 WIB

Jelang Momen Mudik Lebaran, Sriwijaya Air Buka Tiga Rute Baru

Sriwijaya Air, maskapai penerbangan nasional yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group siap menyambut datangnya momen mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan menyiapkan tiga rute penerbangan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.