Gorontalo, Pilih Pariwisata Sebagai Program Prioritas Pemerintah Daerah

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 16:00 WIB

Objek Wisata Pegunungan Dulamayo, Gorontalo (Foto:hargo.co.id)
Objek Wisata Pegunungan Dulamayo, Gorontalo (Foto:hargo.co.id)

INDUSTRY.co.id, Gorontalo - Dari banyaknya program yang diusulkan menjadi prioritas nasional tahun 2019, Pemprov Gorontalo memilih pariwisata sebagai satu dari delapan program prioritas pemerintah daerah.

Dengan menjadi program prioritas, diharapkan sektor ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada perekonomian Gorontalo.

"Semua yang kami usulkan sebenarnya adalah program yang masuk dalam delapan program unggulan pemprov. Akan tetapi yang paling banyak adalah pengelolaan pariwisata. Pariwisata diutamakan karena majunya destinasi wisata bisa meningkatkan tingkat ekonomi di daerah," kata Sekretaris Daerah Gorontalo Winarni Monoarfa, Jumat (2/3/32018).

Beberapa yang menjadi usulan di bidang pariwisata diantaranya pengembangan obyek wisata Taman Laut Olele , pemandian air panas Lombongo, Pantai Biluhu, museum Pendaratan Soekarno, dan Pentadio Resort.

"Kami menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Tahun kemarin saja untuk Pulo Cinta dan wisata hius paus mampu meningkatkan kunjungan wisman secara signifikan. Ini yang mendorong kami untuk meyakinkan pemerintah pusat agar bisa membantu pengelolaan pariwisata," katanya.

Hingga tahun 2018, sudah ada beberapa program di Provinsi Gorontalo yang masuk menjadi prioritas nasional di antaranya pembangunan jalan lingkar luar Gorontalo atau Gorontalo Outer Ring Road (GORR), proyek revitalisasi danau Limboto, pembangunan Waduk Bulango Ulu dan irigasi Randangan.

Pada Rakortek Wilayah II, Gorontalo akan bersaing dengan 17 provinsi untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

Rakortek rencananya akan digelar tanggal 5 -9 Maret 2018 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira Puspadewi

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:00 WIB

Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata baru di Bakauheni, Lampung

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoerdan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…