Gorontalo, Pilih Pariwisata Sebagai Program Prioritas Pemerintah Daerah

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 16:00 WIB

Objek Wisata Pegunungan Dulamayo, Gorontalo (Foto:hargo.co.id)
Objek Wisata Pegunungan Dulamayo, Gorontalo (Foto:hargo.co.id)

INDUSTRY.co.id, Gorontalo - Dari banyaknya program yang diusulkan menjadi prioritas nasional tahun 2019, Pemprov Gorontalo memilih pariwisata sebagai satu dari delapan program prioritas pemerintah daerah.

Dengan menjadi program prioritas, diharapkan sektor ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada perekonomian Gorontalo.

"Semua yang kami usulkan sebenarnya adalah program yang masuk dalam delapan program unggulan pemprov. Akan tetapi yang paling banyak adalah pengelolaan pariwisata. Pariwisata diutamakan karena majunya destinasi wisata bisa meningkatkan tingkat ekonomi di daerah," kata Sekretaris Daerah Gorontalo Winarni Monoarfa, Jumat (2/3/32018).

Beberapa yang menjadi usulan di bidang pariwisata diantaranya pengembangan obyek wisata Taman Laut Olele , pemandian air panas Lombongo, Pantai Biluhu, museum Pendaratan Soekarno, dan Pentadio Resort.

"Kami menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Tahun kemarin saja untuk Pulo Cinta dan wisata hius paus mampu meningkatkan kunjungan wisman secara signifikan. Ini yang mendorong kami untuk meyakinkan pemerintah pusat agar bisa membantu pengelolaan pariwisata," katanya.

Hingga tahun 2018, sudah ada beberapa program di Provinsi Gorontalo yang masuk menjadi prioritas nasional di antaranya pembangunan jalan lingkar luar Gorontalo atau Gorontalo Outer Ring Road (GORR), proyek revitalisasi danau Limboto, pembangunan Waduk Bulango Ulu dan irigasi Randangan.

Pada Rakortek Wilayah II, Gorontalo akan bersaing dengan 17 provinsi untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

Rakortek rencananya akan digelar tanggal 5 -9 Maret 2018 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…

Presiden saat meresmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB

Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:56 WIB

PTPP Selesaikan Proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (“PTPP”) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II dengan luas 464,63 Ha.

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…