Investor Korea Tertarik Bangun PLTU Bangka Tengah

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Februari 2018 - 13:10 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Koba- Investor dari Korea tertarik untuk menanamkan modalnya membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pembangunan PLTU tetap menjadi program kami, tetap lanjut dan malah sekarang ada perusahaan dari Korea, saya lupa namanya sudah masuk itu dan sudah saya disposisi ke bagian perizinan," kata Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh di Koba, Kamis (22/2/2018)

Ia menjelaskan pembangunan PLTU tersebut masih berproses dan pemerintah daerah berupaya secepatnya bisa direalisasikan karena dampaknya sangat luas untuk kemajuan daerah.

"Rencana pembangunan tidak berhenti, sekarang masih dalam proses dan memang ada kendala di antaranya perizinan namun kami optimistis bisa terealisasi," katanya.

Terkait pembebasan lahan, kata dia, disediakan sekitar 1.000 hektare atau lebih luas dari perencanaan awal yang hanya 300 hektare untuk kawasan PLTU itu.

"Rencana kami tidak hanya pembangunan PLTU saja, tetapi nanti disitu akan dijadikan kawasan terpadu yaitu industri, pariwisata dan jasa perdagangan," katanya kepada awak media.

Namun bupati tidak bisa memastikan kapan akan dimulai pembangunan PLTU dengan kapasitas 400 MW tersebut kendati sudah direncanakan sejak 2015.

"Belum bisa dipastikan kapan akan dimulai dan selesainya kapan, namun tetap berproses dan kami minta dukungan bersama karena kebutuhan energi daerah ini sudah sangat mendesak mengingat bersentuhan langsung dengan dunia investasi, jasa dan perdagangan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Graduation Day MSA 2019

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:01 WIB

Michelin Indonesia Ajak 500 Siswa Jabodetabek Tandatangani Deklarasi 10 Golden Rules di Graduation Day MSA 2019

Tahun ini, tema MSA 2019 “Inspiring Mobility” dipilih untuk mendorong terciptanya agen perubahan dan pelopor keselamatan yang dapat menginspirasi banyak orang untuk mendapatkan mobilitas…

Siti Badriah Foto MALE Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:00 WIB

Siti Badriah Berharap Punya Momongan

Meski karir Siti Badriah (Sibad) tengah di puncak popularitas tidak membuat pelantun tembang Lagi Syantik ini menunda momongan. "Nggak, lebih cepat lebih baik. Tapi kalau Allah belum ngasih,…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:47 WIB

Dukung Kebutuhan Air Baku IKN, Bendungan Sepaku Semoi Mulai Dibangun Tahun 2020

Bendungan dengan kapasitas volume sekitar 11 juta m3 ini sudah cukup lama direncanakan, awalnya untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan sebesar 2.000 liter/detik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:40 WIB

Kementerian PUPR Siap Resmikan Jalan Tol Balsam Seksi 2-4 Sebelum Natal 2019

Untuk mendukung pengembangan kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam)…

Rizal Mantovani

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:00 WIB

Rizal Mantovani Terpacu Menggarap Lebih Bagus

Menggarap judul film yang sudah sukses digarap sutradara lain buka perkara mudah. Hal itu yang tengah dirasakan Rizal Mantovani, ketika menggarap film Rasuk 2 produksi Dee Company dan Bluewater.…