Wagub Sandiaga Pastikan Permudah Perizinan Usaha Rumahan

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Februari 2018 - 10:21 WIB

Sandiaga Uno Wagub DKI (Foto Dok Industry.co.id)
Sandiaga Uno Wagub DKI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno akan mempermudah perizinan untuk usaha mikro dan kecil (UKM) yang mengalami kesulitan, kalau itu adalah industri rumahan atau "home industry" yang memulai usahanya di rumah.

"Salah satu pilar OK OCE adalaha garasi inovasi, yang memulai usahanya di rumah sendiri, contohnya Microsoft, Apple yang memulai usahanya di garasi," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (12/2/2018)

Dia ingin memberikan kesempatan kepada warga Jakarta untuk berinovasi di rumahnya sendiri dan membuka usahanya, katanya.

"Rencananya hari ini kita membahas finalisasinya, mudah - mudahan bisa kita tuntaskan sebagai salah satu terobosan masalah perizinan yang mengacu pada beberapa kaidah," kata Sandiaga.

Misalnya lahan luas, usaha dalam rumah, jumlah karyawan serta tidak menimbulkan limbah atau gangguan pada tetangga dan tidak ada masalah lalu lintas yang ditimbulkan, katanya.

"Dengan pertimbangan - pertimbangan tersebut kemungkinan kita akan miliki keleluasaan izin bagi pengusaha. Ini kita harapkan dari sini akan ada puluhan ribu usaha yang kita berikan izin untuk berkembang. Ini yang menjadi terobosan untuk penciptaan lapangan kerja ke depan," kata Wagub kepada awak media.

Gerakan One Kecamatan One Center Entrepreneurship (OK OCE), dimana satu kecamatan ada satu pusat kewirausahaan, dengan adanya pendampingan.

Tahun 2018 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengutamakan membuka seluruh komunikasi dimana semua elemen masyarakat bukan hanya dunia usaha tapi juga dari usaha kecil menengah maupun juga dari masyarakat memberikan masukan sehingga pembahasannya di tahun ini 2018, katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:00 WIB

FinTech for Capital Market Expo, Memperkuat Kolaborasi FinTech-Pasar Modal

Dengan semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan keuangan yang lebih bervariasi dan didukung dengan kecanggihan teknologi, Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH)…