Pertamina Geothermal Energy Suplai Setrum Untuk Suluttenggo

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Januari 2018 - 07:37 WIB

Listrik Ilustrasi
Listrik Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Tomohon - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lahendong, Sulawesi Utara menyuplai setrum sebesar 120 megawatt untuk sistem kelistrikan Suluttenggo.

"Kita menyuplai kira-kira sepertiga dari kebutuhan listrik sistem Sulutenggo saat ini," kata General Manager Salvius Patangke di Tomohon, Sulawesi Utara, Senin (22/1/2018).

Ia mengatakan, kebutuhan listrik pada saat beban puncak mencapai 340 megawatt terjadi pada November 2017, diperkirakan menyentuh angka 380 megawatt.

"Kebutuhan energi listrik terus meningkat, sehingga PGE Area Lahendong ikut berkontribusi menyediakan kebutuhan listrik tersebut," kata Salvius.

Salvius menjelaskan, sejak 21 Agustus 2001 energi panas bumi sudah mengaliri sistem kelistrikan Suluttenggo dengan masuknya pasokan 20 megawatt yang diproduksi dari unit satu blok Lahendong.

Kemudian disusul 20 megawatt dari unit dua Lahendong (17 Juni 2007), 20 megawatt dari unit tiga Lahendong (7 April 2009) dan unit empat Lahendong (23 Desember 2011). "Jadi dari blok Lahendong mampu menyuplai energi listrik sebesar 4X20 megawatt untuk sistem kelistrikan Suluttenggo," urainya.

Uap yang dihasilkan dari unit satu hingga empat lanjut dia, disuplai ke PLN kemudian diubah menjadi energi listrik.

Putra Toraja ini menambahkan, karena kebutuhan listrik yang semakin meningkat PGE Area Lahendong kemudian menambah pasokan dengan mengoptimalkan blok Tompaso sebesar 2X20 megawatt.

"Kita namakan sistem total project artinya mulai dari tahapan eksplorasi, pemboran, uji produksi, pembangunan lapangan uap hingga pembangunan power plant dilakukan oleh Pertamina," ujarnya.

Unit lima beroperasi komersil ke sisten kelistrikan PLN sejak 15 September 2016, sementara unit enam pada 9 Des 2016. "Ini (unit lima-enam) adalah pembangkit paling baru di sistem Minahasa dari PLTP 2x20 megawatt dari Tompaso. PLTP ini handal dan merupakan tulang punggung menyalurkan listrik ke Suluttenggo," kata Salvius. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.