Terima Penghargaan Dari LM FEB UI, Menteri Jonan Beri Tiga Contoh Ini

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Januari 2018 - 13:00 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan
Menteri ESDM Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerima Lifetime Achievement Award dari Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI). Penghargaan bergengsi tersebut diberikan pada Peringatan Ulang Tahun ke-55 LM FEB UI, di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla tersebut, diberikan atas dedikasi dan sumbangsih Jonan terhadap manajemen di Indonesia, khususnya manajemen perubahan atau change management.

"Pak Jonan ini seorang yang pantas mendapatkan penghargaan ini. Beliau mulai dari profesional di bidang keuangan, kemudian menjadi Direktur Utama PT KAI (Kereta Api Indonesia) dan bisa mendirikan PT KAI menjadi perusahaan yang maju dan dikagumi banyak orang. Kemudian menjadi Menteri Perhubungan dan sekarang Menteri ESDM," tutur Kalla.

Penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas karya terhadap bangsa tersebut sangat penting bagi Menteri Jonan dan para penerima para penghargaan lainnya yaitu Komisaris PT Pertamina (Persero) Tanri Abeng dan Guru Besar UI Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Usai menerima penghargaan tersebut, Jonan mengatakan bahwa menjadi pemimpin itu yang penting adalah memberi contoh.

 "Intinya kalau saya, kalau kita memimpin kalau tidak punya apa-apa, pengetahuan tidak punya, kemampuan teknis tidak punya, semua tidak punya, satu yang tidak boleh tidak punya, leadership itu by example, jadi kasih contoh, itu saja," ujarnya.

"Karena sebenarnya memimpin itu ilmunya 3 kalo saya. Satu nyuruh, dua marah, tiga memuji. Kalau belajar manajemen dan sebagainya itu, untuk jadi administrator. Kalo mau jadi pemimpin, jadi komandan, ilmunya cuma tiga. Selesai," tutur Jonan.

Jonan juga memberikan selamat kepada LM FEB UI. "Selamat Ulang Tahun kepada LM FEB UI yang ke-55. Harus selalu bermanfaat bagi bangsa dan terus ciptakan karya karya terbaik bagi negeri," ujarnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…