Pertamina MOR VII Gandeng Disperindag Pinrang Tinjau Penggunaan Elpiji Subsidi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 18 Januari 2018 - 13:56 WIB

Ilustrasi LPG subsidi (ist)
Ilustrasi LPG subsidi (ist)

INDUSTRY.co.id

Makassar - PT Pertamina MOR VII bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pinrang, dan Polres Pinrang meninjau penggunaan elpiji subsidi atau elpiji 3 kilogram di Kabuoaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (17/1/2018).

"Kami meninjau beberapa usaha non mikro dan peternak ayam usai rapat koordinasi dengan Disperindag dan Polres Pinrang," kata Manajer Komunikasi dan CSR PT Pertamina MOR VII M. Roby Hervindo.

Roby mengatakan, dalam peninjauan tersebut ditemukan pengusaha non mikro yang menggunakan elpiji 3 kilogram. "Dari hasil pengecekan di enam lokasi usaha non mikro di daerah itu masih terdapat satu usaha restauran, satu hotel dan dua usaha peternakan ayam yang menggunakan elpiji subsidi," jelasnya.

Ia menyebutkan rumah makan 'Raja Muda Seafood,' ditemukan menggunakan 12 tabung elpiji 3 kg per hari untuk usahanya, Hotel 'Aska Permata' memakai tiga tabung elpiji 3 kg per hari untuk operasional hotel.

Sementara itu, usaha peternakan ayam milik Mado dan Ratte, masing-masing menggunakan 10 hingga 12 tabung elpiji 3 kg per hari sebagai bahan bakar untuk pemanas (gas brooder) pemeliharaan anak ayam.

Para peternak menyatakan bahwa sebelumnya mereka menggunakan kayu bakar untuk menghangatkan anak ayam, namun belakangan beralih ke gas elpiji 3 kg karena musim penghujan.

"Dari hasil sidak yang dilakukan, para pelaku usaha non mikro langsung dengan sukarela mengganti elpiji 3 kilogram yang digunakannya dengan tabung Bright Gas 5,5 kilogram," ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada pelaku usaha non mikro yang telah menggunakan elpiji non subsidi, di antaranya rumah makan Anggie Resto dan Cafe dan Hotel M yang telah menggunakan elpiji non subsidi 12 kg.

Usai sidak tersebut pihaknya segera melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha non mikro, peternak, agen dan pangkalan elpiji untuk memastikan penyaluran dan pemanfaatan elpiji 3 kg secara tepat sasaran.

Menurut dia, pihaknya juga tidak segan menerapkan sanksi secara tegas, apabila ditemukan penyalahgunaan, baik pelaku usaha maupun agen dan pangkalan.

Pertamina, kata dia, terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Disperindag serta pihak kepolisian setempat untuk mengawasi distribusi elpiji 3 kg agar penggunaanya tepat sasaran. (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:51 WIB

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Dukungan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap aktivitas olahraga, membuat moncer sejumlah cabang olahraga di Indonesia.

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:10 WIB

Keren! Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Jakarta-Bantar Gebang, yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Setiap hari, Jakarta menghasilkan sekitar 15.000 ton sampah yang dibuang ke Tempat…

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…