Realisasi KEK Tanjung Api-Api, Sumsel Harus Wujudkan Industri Hilir

Oleh : Herry Barus | Senin, 01 Januari 2018 - 09:47 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau proyek Pelabuhan Tanjung Api-Api Sumsel (Foto Humas)
Menhub Budi Karya Sumadi tinjau proyek Pelabuhan Tanjung Api-Api Sumsel (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Provinsi Sumatera Selatan harus mewujudkan industri hilir untuk meningkatkan nilai tambah dari hasil perkebunan dan mineral batu bara yang selama ini hanya diekspor ke luar negeri, kata Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof Anis Saggaf.

"Sumsel harus berubah, jangan lagi hanya mengekspor bahan baku tapi harus sudah beralih ke bahan jadi atau setengah jadi," kata Anis di Palembang, Senin (1/1/2018)

Ia mengatakan untuk itu pemerintah harus merealisasikan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api dan pelabuhan samudera di Tanjung Carat, Banyuasin.

KEK TAA ini diharapkan menjadi mesin ekonomi Sumsel untuk jangka panjang.

"Dengan adanya KEK maka biaya produksi akan jauh lebih murah sehingga daya saing Sumsel meningkat. Dengan begitu, banyak investor yang akan masuk," ujar Anis.

Saat ini pertumbuhan ekonomi Sumsel tetap terjaga meskipun daerah ini dihadapkan penurunan harga karet dan batu bara. Pada Triwulan III 2017 mencatat 5,56 persen atau di atas rata-rata nasional 5,06 persen.

Salah satu penyebabnya karena Sumsel bakal menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Sejumlah proyek infrastruktur penunjang Asian Games telah mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sumsel karena terdapat Rp68 triliun dana APBN yang diserap.

"Tren ini harus terus dipertahankan dengan cara mengaktifkan KEK TAA. Dengan KEK ini Sumsel menunjukkan keunggulannya dalam infrastruktur dan konektivitas," kata Anis.

Ia menambahkan yang tak kalah penting lagi yakni bagaimana mengembangkan sektor pariwisata karena Palembang telah memiliki Jakabaring Sport City yang berisikan 18 arena olahraga berstandar internasional. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…