Tingkatkan Kapasitas Jaringan, Indosat Ooredoo Berhasil Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 29 Desember 2017 - 15:54 WIB

Indosat Ooredoo
Indosat Ooredoo

INDUSTRY co.id -Jakarta - Jaringan Indosat Ooredoo telah berhasil melayani pelanggan selama perayaan Natal dan liburan akhir tahun 2017, dengan meningkatkan kapasitas jaringan serta monitoring yang intensif untuk mengantisipasi kenaikan traffic baik itu Data, voice, maupun SMS akibat tingginya aktivitas masyarakat selama periode tersebut.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman mengatakan, adanya kenaikan traffic baik itu Data, voice, maupun SMS telah diantisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan serta mengaktifkan monitoring jaringan nasional secara intensif melalui INOC.

"Kami berharap upaya kami dalam menjaga layanan komunikasi dapat mendukung aktivitas pelanggan untuk menikmati libur akhir tahun, kata Deva melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (29/12/2017).

Tren penggunaan media sosial dan pengiriman pesan melalui aplikasi chattingmemberi pengaruh pada traffic secara umum. Traffic Data nasional di hari Natal (25/12/2017) meningkat menjadi 3.917,46 TeraBytes atau naik 14,24% dibandingkantraffic data reguler pada hari biasa.

Sementara itu traffic voice nasional mengalami penurunan menjadi sekitar 235,51 juta menit, atau turun sekitar 18,4% dibandingkan dengan traffic voice reguler hari biasa.

Traffic SMS pun menurun menjadi sekitar 194 juta SMS, atau turun 26,39% dibandingkan traffic SMS reguler hari biasa dengan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai sekitar 97,5%.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan traffictelekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya.

Perusahaan telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan Data.Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 8.262 Terabyte/hari.

Kesiapan ini juga didukung oleh kegiatan monitoring jaringan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat OoredooBusiness, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti Lintasarta dan IM2.

i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Industri logam dan baja

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB

Mantaps! Industri Manufaktur RI 'Kokoh' Ditengah Ketidakstabilan Kondisi Ekonomi Global

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan April 2024 masih ekspansi 52,3, turun sebesar 0,75 poin dibandingkan Maret 2024 sebesar 53,05, meskipun ekspansinya melambat, hal ini merupakan sinyal…

Bank Jatim (Foto Moneter)

Senin, 29 April 2024 - 17:16 WIB

Wow! Awali Tahun 2024, Bank Jatim Cetak Kinerja Ciamik

Jakarta-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang Triwulan Pertama 2024.

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…