Tahun 2018, Kemenperin Optimis Realisasi Investasi Meningkat

Oleh : Ridwan | Kamis, 14 Desember 2017 - 06:00 WIB

Sekjen Kemenperin, Haris Munandar
Sekjen Kemenperin, Haris Munandar

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Haris Munandar optimis realisasi investasi sektor indsutri tahun 2018 akan meningkat.

"Kalau kitavlihat dari target yang telah ditetapkan sebesar 5,67% di tahun depan, artinya salah satu faktor dari investasi. Dikihat dari target tersebut kami optimis investasi akan naik," ujar Haris seusai mengahdiri acara semibar yang diadakan Forum Wartawan Industri (Forwin) di Jakarta (13/12/2017).

Ia menambahkan, saat ini realisasi investasi di sektor industri mencapai Rp200-300 triliun. "Diharapkan tahun depan realisasi investasi mencapai Rp400 triliun," terangnya.

Menurutnya, peningkatan reakisasi tersebut berasal dari berbagai sektor industri. "Dari sisi hilirisasi kita ada smelter, dari sisi kawasan industri kita sudah ada 16 kawasan industri yang akan banyak menarik investasi, kemudian dari sisi petrokimia ada juga beberapa yang akan masuk dan perluasan, dari sisi agro juga akan segera ada yang masuk," tambah Haris.

Namun, lanjut Haris, realisasi investasi tahun 2018, sumbangsihnya masih didominasi dari ketiga sektor industri yaitu sektor ILMATE, Agro, dan IKTA.

"Dari ILMATE kita masih mengandalkan investasi di industri logam, untuk industri agro tentu saja dari CPO dan turunannya, sedangkan untuk sektor IKTA berasal dari industri kimia," tuturnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri pengolahan non-migas pada tahun 2018 sebesar 5,67 persen.

Capaian ini akan dipacu oleh semua subsektor terutama industri logam dasar, makanan dan minuman, alat angkutan, mesin dan perlengkapan, farmasi, kimia, serta elektronika. Selain itu didukung pula pembangunan kawasan industri di berbagai daerah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan Land Purchase Agreement antara Subang Smartpolitan & BYD

Selasa, 30 April 2024 - 19:30 WIB

Kucurkan Investasi Besar, BYD Segera Bangun Pabrik Mobil Listrik di Subang Smartpolitan

Subang Smartpolitan "Green, Smart and Sustainable City dengan bangga menyambut BYd, salah satu pionir industri kendaraan listrik (EV) global sebagai tenant terbesar terbarunya. Pendirian pabrik…

Rumah contoh Karawang Green Village 3

Selasa, 30 April 2024 - 17:49 WIB

Tawarkan Konsep Hunian Ramah Anak, Citanusa Group Hadirkan Karawang Green Village 3

Citanusa Group menghadirkan Karawang Green Village 3 (KGV3) yang merupakan sebuah kawasan residensial yang menyasar masyarakat di kawasan industri dengan menawarkan konsep “Home for Family”…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Selasa, 30 April 2024 - 17:36 WIB

PGE Catat Laba Bersih Sebesar USD47,49 Juta Pada Tiga Bulan Pertama 2024

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia dengan secara konsisten melanjutkan kinerja keuangan yang positif di kuartal…

DANA dan Jalin Sepakati Kerja Sama Strategis: Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital kepada Masyarakat

Selasa, 30 April 2024 - 17:32 WIB

DANA dan Jalin Sepakati Kerja Sama Strategis: Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital kepada Masyarakat

PT Jalin Pembayaran Nusantara (”Jalin”), bagian dari Holding BUMN Danareksa dan PT Espay Debit Indonesia Koe (”DANA”) resmi melakukan kerja sama strategis yang mencakup penggunaan teknologi…

JLL Indonesia

Selasa, 30 April 2024 - 17:22 WIB

Investasi Real Estat Komersial di Asia Pasifik Naik 13% Pada Kuartal Pertama 2024

Asia Pasifik adalah satu-satunya wilayah di seluruh dunia yang mengalami pertumbuhan investasi real estat komersial pada kuartal pertama 2024, dengan volume investasi mencapai US$30,5 miliar.…