Menperin Dorong Tiga Sektor Ini Untuk Memacu Penciptaan Lapangan Pekerjaan

Oleh : Ridwan | Senin, 27 November 2017 - 12:14 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian terus mendorong pemberian insentif untuk industri inovasi, pendidikan vokasi dan industri padat karya berorientasi ekspor.

"Ketiga sektor itu akan kita dorong untuk memacu penciptaan lapangan pekerjaan dan juga untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM)," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam acara FGD Kadin di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Ia menambahkan, untuk investasi di sektor pendidikan vokasi, saya akan meminta diberi fasilitas 200 peesen untuk pemotongan pajaknya (tax allowance). Sedangkan untuk sektor inovasi kita dorong pemberian insentif berupa tax allowance 300 persen.

"Dengan pemberian insentif ini akan semakin mendorong investasi sektor inovasi. Sehingga inovasi mereka tidak dibawa ke luar negeri, tapi dikembangkan di dalam negeri," terangnya.

Sedangkan untuk industri padat karya berorientasi ekspor, lanjut Menperin, kita akan sediakan insentif berupa skim tax allowance tersendiri berbasis tenaga kerja.

"Terkiat rentannya kita sedang bicarakan, untuk kapannya ini kita sedang negosiasi. Mudah-mudahan pada kuartak pertama tahun 2018 sudah selesai," kata Airlangga.

Seperti diketahui, saat ini pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui penguatan pendidikan vokasi merupakan prioritas pemerintah setelah pembangunan infrastruktur.

Pembangunan SDM ini bertujuan untuk membentuk dan menghasilkan tenaga kerja industri yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri atau demand driven.

"Oleh karena itu, pendidikan vokasi jadi kunci utama untuk pertumbuhan industri nasional yang berkelanjuta," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerja Sama Jet Commerce Bersama MINISO Perkuat Bisnis di e-Commerce Selama Pandemi

Selasa, 14 Juli 2020 - 15:00 WIB

Kerja Sama Jet Commerce Bersama MINISO Perkuat Bisnis di e-Commerce Selama Pandemi

Meningkatnya tren belanja online di Indonesia selama masa pandemi telah mendorong MINISO untuk melakukan optimasi bisnisnya melalui kerja sama dengan Jet Commerce, perusahaan e-commerce enabler…

AkzoNobel Indonesia- SOS Children’s Villages Indonesia Latih 150 Anak Muda Siap dengan New Normal

Selasa, 14 Juli 2020 - 15:00 WIB

AkzoNobel Indonesia- SOS Children’s Villages Indonesia Latih 150 Anak Muda Siap dengan New Normal

Menyambut “World Youth Skills Day”, AkzoNobel Indonesia dan SOS Children’s Villages Indonesia Latih Lebih dari 150 Anak Muda untuk Siap dengan “New Normal”Generasi muda (usia 15-24…

Dokter Reisa

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:59 WIB

Zona Merah COVID-19 Buat Jutaan Orang Kehilangan Pekerjaan, Dokter Reisa Beri Saran Agar Daerah Bisa Kembali ke Zona Hijau

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Nasional Dokter Reisa Broto Asmoro menjelaskan bahwa dampak negatif dari COVID-19 membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan sehingga mempengaruhi kondisi…

Bank Syariah Mandiri sebar masker ke kalangan milenial

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:48 WIB

Mandiri Syariah Ajak Milenial Pakai Masker Sekaligus Beramal

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bersama milenial menyerahkan bantuan 3.000 kilo beras sehat kepada 10 panti asuhan di Jabodetabek. Bantuan berasal dari partisipasi milenial dalam program…

Ilustrasi Pengembangan Energi Biogas dan Limbah (JIM WEST/Getty Images)

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:29 WIB

Mengerikan! Pandemi Covid-19 Tidak Akan Berakhir Jika Limbah B3 Rumah Sakit Belum Teratasi Dengan Baik

Jakarta-Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI turut berpartisipasi dalam diskusi daring Online Joint Dialogue mengenai Waste Management in the context of COVID-19 Pandemic.