Menperin Dorong Tiga Sektor Ini Untuk Memacu Penciptaan Lapangan Pekerjaan

Oleh : Ridwan | Senin, 27 November 2017 - 12:14 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian terus mendorong pemberian insentif untuk industri inovasi, pendidikan vokasi dan industri padat karya berorientasi ekspor.

"Ketiga sektor itu akan kita dorong untuk memacu penciptaan lapangan pekerjaan dan juga untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM)," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam acara FGD Kadin di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Ia menambahkan, untuk investasi di sektor pendidikan vokasi, saya akan meminta diberi fasilitas 200 peesen untuk pemotongan pajaknya (tax allowance). Sedangkan untuk sektor inovasi kita dorong pemberian insentif berupa tax allowance 300 persen.

"Dengan pemberian insentif ini akan semakin mendorong investasi sektor inovasi. Sehingga inovasi mereka tidak dibawa ke luar negeri, tapi dikembangkan di dalam negeri," terangnya.

Sedangkan untuk industri padat karya berorientasi ekspor, lanjut Menperin, kita akan sediakan insentif berupa skim tax allowance tersendiri berbasis tenaga kerja.

"Terkiat rentannya kita sedang bicarakan, untuk kapannya ini kita sedang negosiasi. Mudah-mudahan pada kuartak pertama tahun 2018 sudah selesai," kata Airlangga.

Seperti diketahui, saat ini pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui penguatan pendidikan vokasi merupakan prioritas pemerintah setelah pembangunan infrastruktur.

Pembangunan SDM ini bertujuan untuk membentuk dan menghasilkan tenaga kerja industri yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri atau demand driven.

"Oleh karena itu, pendidikan vokasi jadi kunci utama untuk pertumbuhan industri nasional yang berkelanjuta," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ahok (foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 04 April 2020 - 15:45 WIB

Ahok Ajak Semua Pihak Putus Mata Rantai Virus Corona dengan Aplikasi Ini!

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengajak semua pihak untuk memutus mata rantai virus corona. Salah satu langkah yang tawarkan oleh Ahok adalah dengan mengunduh…

Monita Tahalea Memandang “Dari Balik Jendela”

Sabtu, 04 April 2020 - 15:30 WIB

Monita Tahalea Memandang 'Dari Balik Jendela'

Jakarta-Setelah single "Sesaat yang Abadi" yang dirilis pada penghujung tahun 2018 berhasil mendudukkan MONITA TAHALEA di jajaran Nominasi AMI Awards 2019 untuk kategori Artis Pria/Wanita Solo…

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah

Sabtu, 04 April 2020 - 15:05 WIB

Digulung Corona, 2.311 Pekerja Kena PHK

Sedikitnya terdapat 153 perusahaan yang merumahkan 9.183 orang pekerja karena dampak perlambatan ekonomi akibat wabah Corona. Selain itu, hingga 1 April 2020, total pekerja yang terkena PHK…

Honda Prospect Motor

Sabtu, 04 April 2020 - 15:05 WIB

Inilah Strategi Honda Antisipasi Penurunan Pasar Imbas Corona

PT Honda Prospect Motor (HPM) memfokuskan strateginya untuk menjaga tingkat pasokan yang sehat, sekaligus membawa berbagai layanannya ke rumah pelanggan.

Jomblo Mana Suaranya Single Terbaru dari Ikhlas Band

Sabtu, 04 April 2020 - 15:00 WIB

Jomblo Mana Suaranya Single Terbaru dari Ikhlas Band

Setelah merilis single “Assalamualaikum Cinta” dan “Hey Mantanku“, Ikhlas Band yang terdiri dari Edi Suranta Tarigan “Edot” (vokal), Prio Prihanggo “Anggo” (gitar), Ferdiansyah…