BEI Berharap IPO Anak BUMN Tawarkan Diskon

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 November 2017 - 06:27 WIB

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistito (indonesianindustry.com)
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistito (indonesianindustry.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bursa Efek Indonesia (BEI) mengharapkan anak usaha BUMN yang akan melaksanakan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dapat mempertimbangkan untuk memberi diskon harga kepada investor.

"Kasih diskon 20 persen biar investor raih untung (capital gain), jangan harga maksimum terus ditambah," ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Senin (13/11/2017)

Ia mengatakan bahwa penjamin emisi (underwriter) dapat memberikan saran agar hasil kalkukasi harga maksimal dari IPO anak usaha BUMN diberikan diskon sekitar 20 persen untuk kepentingan investor.

"Di luar negeri seperti itu, salah satu tujuan IPO BUMN selain memperkuat industri adalah memperkuat pasar modal lokal. Kalau perlu pembeli IPO-nya hanya rakyat Indonesia," katanya.

Menurut dia, pembeli saham anak usaha BUMN hanya untuk rakyat Indonesia dapat diatur oleh otoritas pasar modal, praktik seperti itu lazim di luar negeri dalam rangka memperkuat investor lokal.

Melalui skema itu maka lembaga dana pensiun dapat lebih meningkatkan kinerjanya sedangkan investor asing dapat membeli pada pasar sekunder.

"Apabila yakin perusahaan bagus, perlu berani memberikan saham anak usaha BUMN kepada investor lokal," katanya.

Tito Sulistio juga mengatakan bahwa pelaksanaan IPO BUMN maupun anak usaha tidak menunggu ketika kondisi pasar sedang mencatatkan kinerja positif. Namun sebaliknya, dengan IPO BUMN pasar modal Indonesia akan bagus.

Ia menyarankan bagi anak usaha BUMN yang berencana IPO 2018 dapat melaksanakannya pada periode Januari hingga Maret 2018. Pasalnya pada tahun 2018 akan ada potensi penarikan dana dari sistem perbankan seiring pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada 117 daerah pada Juni.

Ia memperkirakan total biaya pemerintah untuk pelaksanaan Pilkada mencapai Rp17-Rp20 triliun. Di saat hampir bersamaan, atau pada Maret tahun 2018 juga akan ada penarikan pajak, maka akan ada dana yang tertarik dari industri keuangan.

"Saya sarankan anak BUMN yang bakal IPO di 2018 mendatang dapat dilaksanakan pada Januari, Februari, dan Maret, agar dapat menyeimbangkan dana yang tertarik dari sistem perbankan," katanya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengemukakan sekitar 10 anak usaha BUMN akan melaksanakan IPO pada 2018.

"Kalau dibilang 10 perusahaan, ada. Untuk tahun ini ada empat anak usaha BUMN yang melaksanakan IPO," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin