Dewan Nasional KEK Yakin Satgas Permudah Perizinan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 November 2017 - 07:30 WIB

Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)
Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Enoh Suharto Pranoto menyakini pembentukan Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha bisa meningkatkan kemudahan izin investasi di daerah.

"Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang sedang dibentuk oleh pemerintah merupakan solusi bagi kemudahan investasi, termasuk di daerah. Karena di dalamnya melibatkan unsur Pemda yang dipimpin langsung oleh sekda," ujar Enoh dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis (9/11/2017)

Enoh menjelaskan selama ini masih terdapat persoalan perizinan investasi di daerah yang dikeluhkan oleh pengelola kawasan industri, sehingga menciptakan ketidakpastian yang tidak sesuai dengan semangat pemerintah yang ingin mempermudah izin usaha.

Pemerintah berkomitmen untuk memberikan kemudahan izin usaha, terutama di KEK maupun kawasan industri, melalui pembentukan satuan tugas serta membangun infrastruktur untuk mendukung kegiatan ekonomi.

Dengan pembentukan satuan tugas tersebut, maka semua proses perizinan di daerah akan dikawal Satuan Tugas Daerah yang diketuai oleh sekda provinsi di tingkat provinsi serta Sekda Kabupaten/Kota untuk tingkat kabupaten/kota.

Selain itu, peningkatan kemudahan izin investasi di daerah juga sejalan dengan terbit Perpres Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan pemerintah berupaya untuk mendorong pusat pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan KEK untuk meningkatkan pemerataan ekonomi.

Hingga November 2017, pemerintah telah menetapkan 12 KEK yaitu Arun Lhokseumawe, Sei Mangkei, Tanjung Api Api, Galang Batang, Tanjung Lesung, Mandalika, Tanjung Kelayang, Maloy Batuta Trans Kalimantan, Bitung, Palu, Morotai, dan Sorong.

"Ada juga 14 Kawasan Industri dan 9 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Wahyu.

Ia menambahkan pemerintah juga terus menggenjot pembangunan infrasturktur seperti jalan, pelabuhan, bandara, sarana angkutan massal, dan pembangkit listrik. Sebanyak 245 proyek dan dua program unggulan juga telah masuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia Sanny Iskandar menambahkan, pembangunan KEK dan kawasan industri yang ada di seluruh dunia telah terbukti mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing investasi.

Namun, menurut Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi itu, meski pembentukan KEK dan kawasan industri telah lama digagas, masih terdapat kendala dalam pelaksanaan di lapangan sehingga membutuhkan perhatian secara khusus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Jumat, 03 April 2020 - 14:14 WIB

CEO Pupuk Kujang Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar datang dari BUMN pupuk tanah air, Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (persero) Aas Asikin Idat (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 14:00 WIB

Sejumlah Tantangan Bisnis Selama Delapan Tahun Ditewati Pupuk Indonesia

Tepat pada hari ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Holding BUMN Pupuk genap berusia 8 tahun. HUT yang mengusung tema “Bersatu, Berkarya, Demi Indonesia” ini diperingati dengan suasana…

Hotel (Ilustrasi)

Jumat, 03 April 2020 - 13:15 WIB

Per Kamis Kemarin Jumlah Hotel yang Tutup Capai 826, Ini Respon Menparekraf

Jumlah hotel yang menutup sementara operasionalnya di tengah pandemi virus corona (COVID-19) bertambah. Per hari ini, sudah 826 hotel terpaksa tutup karena tak lagi memiliki pengunjung.

Ilustrasi pernikahan (Foto Ist)

Jumat, 03 April 2020 - 13:06 WIB

KUA Enggan Layani Akad Nikah, Gara-gara Corona?

Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan edaran baru terkait protokol penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pada pelayanan kebimasislaman. Edaran yang ditujukan ke Kepala Kanwil…

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Jumat, 03 April 2020 - 13:00 WIB

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Shopee, platform e-commerce terpercaya di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali memberikan donasi dan subsidi sebanyak 1 juta masker untuk dokter dan tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan…