Dewan Nasional KEK Yakin Satgas Permudah Perizinan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 November 2017 - 07:30 WIB

Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)
Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Enoh Suharto Pranoto menyakini pembentukan Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha bisa meningkatkan kemudahan izin investasi di daerah.

"Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang sedang dibentuk oleh pemerintah merupakan solusi bagi kemudahan investasi, termasuk di daerah. Karena di dalamnya melibatkan unsur Pemda yang dipimpin langsung oleh sekda," ujar Enoh dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis (9/11/2017)

Enoh menjelaskan selama ini masih terdapat persoalan perizinan investasi di daerah yang dikeluhkan oleh pengelola kawasan industri, sehingga menciptakan ketidakpastian yang tidak sesuai dengan semangat pemerintah yang ingin mempermudah izin usaha.

Pemerintah berkomitmen untuk memberikan kemudahan izin usaha, terutama di KEK maupun kawasan industri, melalui pembentukan satuan tugas serta membangun infrastruktur untuk mendukung kegiatan ekonomi.

Dengan pembentukan satuan tugas tersebut, maka semua proses perizinan di daerah akan dikawal Satuan Tugas Daerah yang diketuai oleh sekda provinsi di tingkat provinsi serta Sekda Kabupaten/Kota untuk tingkat kabupaten/kota.

Selain itu, peningkatan kemudahan izin investasi di daerah juga sejalan dengan terbit Perpres Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan pemerintah berupaya untuk mendorong pusat pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan KEK untuk meningkatkan pemerataan ekonomi.

Hingga November 2017, pemerintah telah menetapkan 12 KEK yaitu Arun Lhokseumawe, Sei Mangkei, Tanjung Api Api, Galang Batang, Tanjung Lesung, Mandalika, Tanjung Kelayang, Maloy Batuta Trans Kalimantan, Bitung, Palu, Morotai, dan Sorong.

"Ada juga 14 Kawasan Industri dan 9 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Wahyu.

Ia menambahkan pemerintah juga terus menggenjot pembangunan infrasturktur seperti jalan, pelabuhan, bandara, sarana angkutan massal, dan pembangkit listrik. Sebanyak 245 proyek dan dua program unggulan juga telah masuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia Sanny Iskandar menambahkan, pembangunan KEK dan kawasan industri yang ada di seluruh dunia telah terbukti mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing investasi.

Namun, menurut Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi itu, meski pembentukan KEK dan kawasan industri telah lama digagas, masih terdapat kendala dalam pelaksanaan di lapangan sehingga membutuhkan perhatian secara khusus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…