Kuartal III 2017, Produksi Karet Kirana Megantara Naik 10 Persen

Oleh : Hariyanto | Minggu, 05 November 2017 - 12:25 WIB

Kebun Karet Ilustrasi (ist)
Kebun Karet Ilustrasi (ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Kirana Megatara Tbk (KMTR) mencatatkan kenaikan volume produksi karet pada kuartal III tahun 2017. Produksi karet periode Januari hingga September 2017 naik lebih dari 10%.

Direktur Kirana Megatara, Daniel Tirta Kristiadi mengatakan, produksi karet KMTR tercatat sekitar 400.000 ton. Angka tersebut dinilai Daniel masih sesuai dengan target yang dipasang oleh KMTR.

Kenaikan produksi dinilai akibat perbaikan harga karet. Perbaikan harga tersebut berdampak kepada ketertarikan petani karet untuk melakukan produksi. " Pada tahun sebelumnya, saat kuartal I harga rendah sehingga produksi ikut turun," kata Daniel.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, saat ini harga karet sudah lebih baik. "Harga saat ini lebih baik dari tahun lalu walaupun masih belum mencapai harga yang remunerative bagi petani kita," terang Daniel.

Saat ini harga karet masih berada pada kisaran US$ 1,5 per kilogram (kg). Sementara tahun 2016, harga karet hanya sebesar US$ 1 per kg. Namun, hargaremunerative menurut Daniel berkisar pada angka US$ 1,7 per kg.

Harga tinggi akan berdampak pada pendapatan petani karet. Pendapatan tersebut akan meningkatkan minat menanam petani karet sehingga keberlangsungan bahan baku dapat terjaga.

Meski begitu diperlukan bantuan pemerintah untuk menjaga pertumbuhan industri karet. Hal itu bisa dilakukan dengan intensifikasi program peremajaan karet. Selain itu juga dapat dilakukan bantuan kredit kepada petani karet.

KMTR menargetkan produksi karet hingga akhir tahun 2017 sebesar 500.000 ton. Angka tersebut tidak banyak bertambah dari pencapaian kuartal III.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…