Sebanyak 3.040 Restoran di Indonesia Belum Bersertifikat Halal

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 28 Desember 2016 - 16:10 WIB

Ilustrasi label halal di restoran. (Geography Photos)
Ilustrasi label halal di restoran. (Geography Photos)

INDUSTRY.co.id - Sebanyak 3.040 restoran yang ada di Indonesia belum memiliki sertifikat halal. Dan baru 46 restoran yang mengantongi sertifikat halal dari MUI. Data tersebut dirilis oleh Indonesia Halal Watch, lembaga yang konsen terhadap kehalalan produk yang beredar di Indonesia.

“Hanya 46 restoran yang ada di Indonesia yang telah memiliki sertifikat halal dari MUI. Itu temuan yang ada,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah, dalam diskusi akhir tahun ‘Peran Produk Halal dalam Memperkuat Daya Saing Ekonomi Indonesia Produk Asing, Halalkan? di Jakarta Rabu (28/12/2016).

Menurutnya,  banyak pula restoran menyediakan makanan halal namun juga menyediakan menu non halal. Padahal sesuai ketentuan produk halal tidak boleh tercampur atau terkontaminasi bahan-bahan makan non halal.

"Padahal menurut aturan tidak boeh dicampur seperti itu. Karena terkontaminasi," imbuhnya.
Dirinya berharap, agar para pengusaha restoran mendaftarkan sertifikasi halal. Sebab mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

"Kami berharap seluruh restoran yang menjual produk tidak halal, bukan hanya dicantumkan di menu, tapi juga baner di luar," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi webinar Bintaro Jaya High Rise (BJHR)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:25 WIB

Bintaro Jaya High Rise Ajak Masyarakat Investasi Properti di Masa Pandemi Covid-19

Ternyata, masa pandemi ini justru menjadi momen emas untuk membeli properti, karena harganya yang cenderung stagnan karena adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:06 WIB

Penjualan Menurun, PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk Cetak Rp260,22 miliar Hingga Maret 2020

Emiten PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk (SAMF) catat penjualan Rp260,22 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dari penjualan Rp353,53 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Suasana konferensi pers virtual Dampak Sosial dan Ekonomi Fintech Lending di Indonesia (Studi Kasus Investree 2017-2019). (Foto: Humas Investree)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:00 WIB

Fintech Lending Berperan Besar untuk Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Jakarta - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan hasil riset terbarunya dalam konferensi pers bertajuk ‚ÄúDampak Sosial dan Ekonomi Fintech…

Jajaran Manajemen Baru PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:58 WIB

Perkuat Perusahaan, PT Adhi Commuter Properti Perkenalkan Jajaran Manajemen Baru

Jajaran manajemen baru tersebut antara lain terdiri dari Direktur Utama Rizkan Firman, Direktur Pemasaran Indra Syahruzza N, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM Mochamad Yusuf, Direktur…

PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:52 WIB

Raih Nilai Kontrak Hingga 90% Dari Target, PT Adhi Commuter Properti Kian Cemerlang di Usia yang ke-2

Di tahun ini, Adhi Commuter Properti senantiasa mengembangkan bisnis strategis LRT City di Jabodetabek dengan memperbanyak portofolio produk properti, baik hunian vertikal (high rise building)…