Indonesia-Qatar Bentuk Tim Kerja Tindak Lanjuti Kerja Sama

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 Oktober 2017 - 02:58 WIB

Presiden Jokowi bersama Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/10). (Foto: Humas/Oji)
Presiden Jokowi bersama Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/10). (Foto: Humas/Oji)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengatakan negaranya bersama Pemerintah Indonesia akan membentuk tim kerja untuk menindaklanjuti kerja sama yang dibicarakan dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor.

"Kami juga berharap ada hasil yang positif yang dapat dicapai setelah kunjungan ini," kata Sheikh Tamim dalam jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo dalam kunjungan resminya ke Istana Bogor pada Rabu (18/10/2017)

Menurut Emir Qatar, dirinya bersama Presiden Jokowi membahas sejumlah kerja sama, yaitu di bidang infrastruktur dan pariwisata.

Selain kerja sama investasi dan ekonomi, kedua pemimpin negara membahas eratnya hubungan kedua negara.

"Indonesia merupakan negara yang sangat penting di dunia Islam. Kami juga berbicara tentang isu Rohingya terkait tentang perlunya solusi di mana Qatar akan berperan memberikan bantuan-bantuan kemanusiaan dan untuk meminta pemerintah Myanmar menyelesaikan persoalan ini dengan baik," ujar Sheikh Tamim.

Sheikh Tamim menambahkan Qatar dan Indonesia juga membahas tentang blokade sejumlah negara Teluk kepada Qatar.

"Kami juga menyampaikan kabar sangat siap dan bersedia untuk melakukan pembahasan, mencari solusi damai atas hal ini. Untuk itu, Qatar terbuka untuk ruang negosiasi, ruang diskusi bersama dengan seluruh pihak dan khususnya untuk memberikan penghormatan untuk kedaulatan semua negara," kata Emir Qatar.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, kunjungan Sheikh Tamim merupakan yang pertama ke Indonesia sekaligus bertepatan dengan 41 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Qatar.

"Kami telah bersepakat untuk segera menindaklanjuti apa yang kita bicarakan tadi di dalam pertemuan bilateral. Indonesia akan terus mengajak Qatar untuk berinvestasi, mengundang Qatar untuk meningkatkan investasinya di Indonesia," kata Presiden.

Presiden Jokowi dan Sheikh Tamim juga menyaksikan penandatanganan sejumlah Nota Kesepahaman (MoU), yaitu MoU tentang pendirian Komisi Bersama, MoU tentang kerja sama bidang pemuda dan olahraga dan kesepakatan kerja sama bilateral pelayanan transportasi udara.

Selain itu juga ditandatangani kesepakatan kerja sama di bidang kesehatan dan MoU Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Pendidikan dan Pendidikan Tinggi Qatar di bidang pendidikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Holding Ultra Mikro Terus Berkembang, Ini Perannya Dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan dan Pemberdayaan Perempuan

Kamis, 02 Mei 2024 - 06:41 WIB

Holding Ultra Mikro Terus Berkembang, Ini Perannya Dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan dan Pemberdayaan Perempuan

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank yang memiliki fokus bisnis pada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki target pencapaian 90% dari inklusi keuangan di tahun…

Rayakan Hari Kartini, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan dalam Transformasi Fintech P2P Lending

Kamis, 02 Mei 2024 - 06:23 WIB

Rayakan Hari Kartini, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan dalam Transformasi Fintech P2P Lending

Industri Fintech P2P Lending telah menjadi kekuatan tak terbantahkan dalam transformasi ekonomi global, namun, masih terdapat stereotip yang melekat terkait peran perempuan di dalamnya. Rupiah…

Luncurkan Program Magister Desain, BINUS Graduate Program Terapkan Kurikulum Advanced Designpreneur

Kamis, 02 Mei 2024 - 06:13 WIB

Luncurkan Program Magister Desain, BINUS Graduate Program Terapkan Kurikulum Advanced Designpreneur Padukan Kreativitas dan Bisnis

Di tengah perkembangan pesat industri kreatif di Indonesia, pasar kini menghadapi tuntutan yang semakin kompleks. Berbagai sektor industri membutuhkan inovasi dan integrasi yang lebih dalam…

Tinjau Bendungan Meninting di NTB, Menteri Basuki Targetkan Selesai pada Agustus 2024

Kamis, 02 Mei 2024 - 05:52 WIB

Tinjau Bendungan Meninting di NTB, Menteri Basuki Targetkan Selesai pada Agustus 2024

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan Bendungan Meninting yang berada di Desa…

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut: