Miliki Potensi Yang Bagus, Inalum akan Bangun Smelter Baru di Kaltara

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 Oktober 2017 - 10:41 WIB

Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  PT Inalum (Persero) akan membangun smelter baru yang berlokasi di Kalimantan Utara. Direktur Utama Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Kaltara mempunyai potensi yang bagus, sehingga industri alumunium harus terus digiatkan karena dunia bakal mengarah ke mesin elektrikal.

Sementara, Direktur Operasi dan Plt Direktur Pengembangan & Bisnis Sahala Hasoloan Sijabat mengatakan, Kaltara memiliki sumber air yang banyak untuk mendukung bisnis Inalum serta lahannya cocok. Saat ini, pemerintah provinsi Kaltara sudah menyiapkan sekitar 26.000 hektar untuk kawasan industri.

"Kesepakatan kita dengan Pemprov sudah tercapai dan kita dapat alokasi lahan sekitar 800 hektar," kata Sahala dalam jumpa pers di kantor Inalum, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Ia mengatakan, pada tahap pertama, aktivitas produksi smelter akan menghasilkan sekitar 500.000 ton aluminium ingot. Pada tahap ini dibutuhkan dana sebesar US$2 miliar atau setara dengan Rp27 triliun. Investasi tersebut sudah termasuk pelabuhan. 

Pembangunan proyek ini diharapkan dapat dilakukan pemancangan tiang perdana (ground breaking) sekitar 2022 dan diharapkan rampung pada 2025. Tahap kedua, produksi meningkat atau menjadi 1 juta ton dan tahapan selanjutnya diharapkan mencapai 1,5 juta ton. 

Saat ini, kapasitas produksi Inalum di pabrik Kuala Tanjung, Sumatera Utara, mencapai 250.000 ton aluminium ingot dan diharapkan menjadi 500.000 ton pada 2025.

Pada kesempatan serupa Direktur Keuangan Oggy Achmad Kosasih menambahkan, nilai investasi tersebut akan dipenuhi dari kas internal sekitar 30% dan pinjaman perbankan 70%. 

"Namun, investasi tahapan selanjutnya bergantung dengan teknologi yang kita gunakan. Oleh sebab itu, kita harus inline dengan teknologi saat itu, sehingga kita bisa efisiensi agar kita dengan listrik yang sama bisa mengh

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilham Bintang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Januari 2020 - 22:17 WIB

Membaca Sosok Ilham Bintang Dari Tulisannya

Buku Ilham Bintang yang baru terbit, berisi kumpulan artikelnya sepanjang tahun. (hcb)

Dirut BRI, Menkeu dan Komisaris BRI

Rabu, 29 Januari 2020 - 20:41 WIB

Menkeu Sri Mulyani Apresiasi BRI Fokus Kembangkan UMKM

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mendukung strategi PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk untuk fokus memperkuat bisnis di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) karena memiliki…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mewakili Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI)

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:06 WIB

Buka Rapim Gapensi, Menperin Sebut Industri Pendukung Jasa Konstruksi Masih Prospektif

Industri pendukung jasa konstruksi dinilai masih memiliki prospek bisnis yang cukup besar ke depannya, seiring gencarnya program pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Tengah)

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:00 WIB

Lampaui Target, Realisasi Investasi Tahun 2019 Tembus 800 Triliun

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pencapaian realisasi investasi periode Triwulan IV (Oktober-Desember) 2019 sebesar Rp 208,3 triliun, meningkat 12…