Miliki Potensi Yang Bagus, Inalum akan Bangun Smelter Baru di Kaltara

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 Oktober 2017 - 10:41 WIB

Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  PT Inalum (Persero) akan membangun smelter baru yang berlokasi di Kalimantan Utara. Direktur Utama Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Kaltara mempunyai potensi yang bagus, sehingga industri alumunium harus terus digiatkan karena dunia bakal mengarah ke mesin elektrikal.

Sementara, Direktur Operasi dan Plt Direktur Pengembangan & Bisnis Sahala Hasoloan Sijabat mengatakan, Kaltara memiliki sumber air yang banyak untuk mendukung bisnis Inalum serta lahannya cocok. Saat ini, pemerintah provinsi Kaltara sudah menyiapkan sekitar 26.000 hektar untuk kawasan industri.

"Kesepakatan kita dengan Pemprov sudah tercapai dan kita dapat alokasi lahan sekitar 800 hektar," kata Sahala dalam jumpa pers di kantor Inalum, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Ia mengatakan, pada tahap pertama, aktivitas produksi smelter akan menghasilkan sekitar 500.000 ton aluminium ingot. Pada tahap ini dibutuhkan dana sebesar US$2 miliar atau setara dengan Rp27 triliun. Investasi tersebut sudah termasuk pelabuhan. 

Pembangunan proyek ini diharapkan dapat dilakukan pemancangan tiang perdana (ground breaking) sekitar 2022 dan diharapkan rampung pada 2025. Tahap kedua, produksi meningkat atau menjadi 1 juta ton dan tahapan selanjutnya diharapkan mencapai 1,5 juta ton. 

Saat ini, kapasitas produksi Inalum di pabrik Kuala Tanjung, Sumatera Utara, mencapai 250.000 ton aluminium ingot dan diharapkan menjadi 500.000 ton pada 2025.

Pada kesempatan serupa Direktur Keuangan Oggy Achmad Kosasih menambahkan, nilai investasi tersebut akan dipenuhi dari kas internal sekitar 30% dan pinjaman perbankan 70%. 

"Namun, investasi tahapan selanjutnya bergantung dengan teknologi yang kita gunakan. Oleh sebab itu, kita harus inline dengan teknologi saat itu, sehingga kita bisa efisiensi agar kita dengan listrik yang sama bisa mengh

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…